Categories: Trending

Ternyata 7 Penemuan Hebat Ini Ditemukan Saat Bermimpi

Mimpi adalah bunga tidur dan seringkali adalah perwujudan apa yang sering kita pikirkan, entah itu kesenangan atau rasa takut yang berlebih. Ia hadir setiap hari saat kita tidur, namun hanya beberapa yang akan kita ingat. Otak tidak menyimpan semua memori yang terlihat di dalam mimpi hingga kadang kita harus mengingatnya dengan kuat.

Baca Juga : 10 Anak Hebat yang Berjasa Membuat Penemuan Jenius Bagi Dunia

Bagi beberapa ilmuwan besar, mimpi dalam tidur bukanlah sebuah pemanis saja. Justru saat bermimpi mereka menemukan suatu hal luar biasa. Mimpi yang mereka alami menciptakan sebuah terobosan dalam dunia ilmu pengetahuan hingga terus berkembang sampai saat ini. Inilah tujuh ilmuwan hebat yang salah satu penemuannya muncul dari mimpinya!

1. Tabel Periodik Unsur Kimia – Dmitri mendeleev

Saat belajar Kimia kita kerap harus menghafalkan puluhan unsur kimia dalam Tabel Periodik Unsur yang diciptakan oleh ilmuan besar Rusia. Mendeleev membuat tabel unsur kimia dengan menggolongkan berdasar komponen dan juga berat. Namun dalam beberapa hal ia mengalami kesalahan hingga akhirnya nyaris menyerah karena lelah terus merevisi hal yang menjadi obsesinya ini.

Dmitri mendeleev [image source]
Akhirnya di tengah kegundahan hatinya, Mendeleev tertidur dan mendapatkan sebuah ilham dalam tidurnya. Ia seperti melihat sebuah visualisasi dari Tabel Periodik Unsur. Saat bangun, Mendeleev segera menggambar apa yang ia lihat dalam mimpi. Akhirnya Tabel Periodik itu jadi dan sering kita pakai saat mata pelajaran Kimia hingga sekarang.

2. Insulin Untuk Diabes – Frederick Banting

Tanpa sengaja Frederick Banting menemukan ide untuk menggunakan Insulin pada manusia. Awalnya ia tak memikirkan itu sama sekali. Hingga akhirnya ia tertidur di rumahnya dan mendapatkan sebuah pencerahan akan fungsi Insulin untuk mengendalikan penyakit diabetes pada manusia yang tak terpikirkan sama sekali.

Frederick Banting [image source]
Saat bangun tidur, Frederick segera melakukan sebuah eksperimen dan membuktikan Insulin sangat baik bagi manusia penderita diabetes. Akibat penemuan hebatnya ini, pada tahun 1923, Frederick mendapatkan sebuah penghargaan Nobel pada kategori Fisiologi dan Obat atas penemuannya yang mengubah hidup banyak orang di dunia ini.

3. Model dari Sebuah Atom – Neils Bohr

Pada tahun 1922, seorang ilmuan fisika asal Denmark mendapatkan penghargaan Nobel kategori Fisika atas penelitiannya mengenai atom. Bohr melakukan investigasi tentang bentuk atom dan strukturnya yang saat itu tak bisa dijelaskan secara detail dalam konsep yang nyata. Bohr berhasil membuat banyak orang memahami konsepnya yang ternyata ia dapatkan dalam sebuah mimpi.

Neils Bohr [image source]
Bohr yang lelah akibat berpikir akhirnya tidur dan mendapatkan sebuah mimpi yang unik. Dalam mimpi ia melihat sebuah struktur tata surya yang terus bergerak. Dari sana ia mencoba menariknya menjadi konsep atom yang membuatnya menjadi salah satu penemu yang sangat hebat. Apa yang ditemukan oleh Bohr adalah cikal bakal ilmu yang membahas atom secara lebih mendetail dan bermanfaat bagi banyak orang.

4. Pembuktian Matematika – Srinivasa Ramanujan

Srinivasa Ramanujan adalah salah satu ilmuan dari India yang dikenal akan kemampuanya yang hebat dalam menemukan sebuah konsep baru. Meski demikian, ternyata Srinivasa sedikit sekali mendapatkan pendidikan resmi berkaitan dengan Matematika. Ia lebuh banyak mendapatkan konsep Matematika terutama yang berhubungan dengan pembuktian dari apa yang ia pikirkan dan juga mimpi.

Srinivasa Ramanujan [image source]
Srinivasa adalah seorang yang sangat agamis. Dia percaya pada dewa yang keluarganya sembah. Dari sanalah ia mendapatkan sebuah mimpi yang akhirnya ia tuliskan dalam bentuk teori pembuktian yang sangat berguna sampai sekarang. Srinivasa pernah bermimpi tentang tetesan darah dan gulungan misterius tentang konsep Matematika.

Baca Juga : 10 Penemuan Umat Islam Yang Berjasa Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Saat bangun ia menuliskannya dalam kertas. Salah satu teori yang paling terkenal dari Srinivasa adalah Dugaan Ramanujan dan formula bilangan tak terhingga dari Pi.

5. Teori Relativitas – Albert Einstein

Tidak ada yang meragukan dedikasi dari seorang Albert Einstein dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Banyak teori hebat yang Einstein keluarkan hingga mampu mengubah dunia. Salah satu teori yang sangat terkenal adalah teori relativitas. Teori ini didapat Einstein dari penggambaran peristiwa dalam mimpinya.

Albert Einstein [image source]
Teori Relativitas membahas tentang kecepatan cahaya dalam bergerak. Teori ini membahas tentang sebuah gravitasi yang tak lagi sebuah gaya. Gravitasi adalah manifestasi dari kelengkungan ruang dan waktu. Teori ini sangat berguna terutama bagi para peneliti yang bergerak dalam bidang astronomi dan antariksa.

6. Struktur Benzene – August Kekule

Berdasarkan seorang peneliti Kimia organik dari Jerman, August Kekule, ia menemukan struktur atom dari Benzene saat tidur dan bermimpi. Saat tidur ia melihat seekor ular sangat besar, lalu ular itu menggigit ekornya sendiri, seperti simbol dari Ouroboros. Mimpi itu awalnya tidak ia anggap penting hingga suatu ketika ia menemukan sebuah pencerahan dari ular yang menggigit ekornya sendiri.

August Kekule [image source]
Bentuk dari Ouroboros sangat mirip dengan struktur Benzene. Dengan enam atom karbon yang mengelilingi sebuah segi enam beraturan. Saat ini penggunaan dari Benzene memang dihindari karena menyebabkan kanker. Namun apa yang ditemukan oleh August mampu digunakan untuk meneliti struktur lain yang masih sejenis dengan Benzene.

7. Chemical Neurotransmission – Otto Loewi

Pada tahun 1921, seorang farmakologi dari Jerman, Otto Loewi meneliti bermimpi tentang sebuah percobaan. Saat bangun ia menuliskannya pada sebuah kertas lalu tidur kembali. Sayangnya ia lupa tentang apa yang telah ia tulis hingga akhirnya bermimpi lagi hal yang sama. Kali ini Otto benar-benar ingat, bahkan ia memulai percobaan hingga menemukan sebuah konsep tentang Chemical Neurotransmission.

Otto Loewi [image source]
Ia menggunakan hati dari katak untuk percobaan. Ia membuktikan jika ada sebuah reaksi kimia yang ditimbulkan saraf dalam melanjutkan sebuah rangsangan. Penemuan hebat dalam bidang saraf ini membuat Otto mendapat penghargaan Nobel kategori fisiologi dan obat 15 tahun kemudian.

Baca Juga : 4 Pemimpin Dunia Yang Menentang Pernikahan Sesama Jenis

Itulah ilmuan yang menemukan hal hebat dalam mimpinya. Mereka berhasil membuat konsep dari apa yang secara tak jelas muncul dalam mimpi. Kebetulan? Mungkin, tapi terlepas dari itu, mereka adalah ilmuan hebat yang memberi sumbangsih bagi kemajuan ilmu pengetahuan.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Curhat 10 Tahun Menikah Diselingkuhi Suami dengan Adik Ipar, Mamah Dedeh Peluk Ibu Ini

Ustazah Dedeh Rosidah, atau akrab disapa Mamah Dedeh, menjadi salah satu penceramah yang begitu disukai…

3 months ago

Perempuan Asal NTT Ini Melahirkan Sendiri dan Memutilasi Anak Hasil Hubungan Gelapnya

Tak jarang karena kesenangan sesaat, ada nyawa yang harus direlakan. Seperti yang terjadi di Nusa…

3 months ago

Mahasiswi UI Sekaligus Tiktoker Rahma Azzahra Meninggal Setelah Alami Kecelakaan di Tol

Kabar duka datang dari seorang Tiktoker bernama Rahma Azzahra Putri Hariyadi. Ia meninggal dunia di…

3 months ago

Polemik Uang Konsumsi dan Transport Pelantikan Anggota KPPS yang Diduga Disunat

Pemilihan umum atau Pemilu sudah makin mendekati hari H. Namun, beberapa hari lalu ada dugaan…

3 months ago

Profil dan Rekam Jejak Tom Lembong yang Namanya Mencuat Jelang Pilpres 2024

Nama Thomas Trikasih Lembong, atau lebih dikenal sebagai Tom Lembong, kembali mencuat setelah debat cawapres…

3 months ago

Komika Felix Seda Dikecam Netizen Setelah Lontarkan Pelecehan Verbal kepada Najwa Shihab

Nama komika Felixus Juang Seda, atau lebih dikenal sebagai Felix Seda, tengah menjadi pembicaraan hangat.…

3 months ago