Trending

Mengenal BMW, Stadion Megah Bernilai Triliunan Rupiah yang Bakal Digunakan Persija Jakarta

Beberapa waktu ke depan, pemerintah DKI Jakarta akan segera membangun sebuah stadion megah yang bertaraf internasional. Dilansir dari merdeka.com, bangunan tersebut akan dinamai Bersih Manusiawi dan Berwibawa (BMW). Stadion yang akan dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) itu, nantinya bakal digunakan sebagai homebase Persija Jakarta.

Hal tentunya ini bakal menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga DKI Jakarta. Tak hanya sekedar sebagai bangunan olahraga, stadion tersebut juga akan dilengkapi sejumlah fasilitas penting sebagai penunjang kegiatan. Yang menarik, pembangunan BMW juga bakal menyedot dana hingga triliunan rupiah. Hmm, penasaran ya bentuknya seperti apa.

Mulai dikerjakan di awal tahun 2018

Telah dikerjakan di awal 2018 [sumber gambar]
Rencananya, pembangunan tahap awal stadion BMW akan dilakukan pada tahun 2018. Dilansir dari merdeka.com, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan menjadi arsitek bagi keberadaan calon bangunan prestisius tersebut. Awalnya, rencana tersebut kerap dilanda berbagai masalah, seperti pembebasan lahan, Pemprov DKI yang digugat PTUN, hingga masalah permodalan.

Dibangun dengan taraf internasional

Maket ilustrasi Stadion BMW [sumber gambar]
Seperti kebanyakan bangunan prestisius lainnya, Stadion BMW akan dibangun bertaraf internasional. Sumber dari merdeka.com menuliskan, Sandiaga Uno yang kala itu menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta menyebutkan, calon markas Persija Jakarta itu didesain oleh konsultan asal Amerika Serikat dan dapat disandingkan dengan stadion untuk perhelatan Piala Dunia.

Diperkirakan akan menghabiskan dana hingga triliunan rupiah

Stadion megah yang bakal menelan dana triliunan rupiah [sumber gambar]
Saat pertama kali dianggarkan, dana pembangunan Stadion BMW diperkirakan akan memakan anggaran hingga Rp 4,7 triliun. Dilansir dari merdeka.com, dana tersebut tidak diambil melalui APBD dan direalisasikan lewat kemitraan pemerintahan dan badan usahan (KPBU). Sempat dipangkas hingga angka Rp 400 miliar, DPRD DKI Jakarta akhirnya menyetujui dana sebesar Rp 900 miliar. Secara total, dibutuhkan dana sejumlah Rp 1,68 triliun untuk membangun Stadion tersebut.

Bakal digunakan sebagai markas Persija Jakarta

Bakal menjadi markas Persija jakarta [sumber gambar]
Setelah selesai dibangun, Stadion BMW rencananya bakal digunakan oleh tim Persija Jakarta. Sumber dari merdeka.com menyebutkan, pengerjaannya yang ditargetkan selesai dalam waktu tiga tahun itu bakal menjadi homebase bagi klub Macan Kemayoran. Hebatnya lagi, Stadion BMW dirancang dengan dua lapangan latihan standar FIFA, pintu utama keluar dan masuk untuk tuan rumah, juga untuk tim lawan yang gunanya juga untuk mencegah bentrok.

Dilengkapi sejumlah fasilitas penting sebagai sarana penunjang kegiatan

Bangunan mewah yang dilengkapi dengan beragam fasilitas [sumber gambar]
Selain telah memiliki standar internasional. Stadion BMW juga bakal dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang. Dilansir dari merdeka.com, bangunan yang sanggup menampung 50 ribu penonton ini bakal terintegrasi dengan transportasi massal. Selain itu, di sekitar Stadion BMW juga akan dibangun Apartemen dan Pusat Belanja dengan spot yang menarik, seperti wedding place, Instagram place, sport tourism, kuliner, dan masjid. Untuk warga sekitar, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan akan menyediakan rumah DP Rp 0 untuk mereka.

Baca Juga : Layaknya Kandang Tikus, Stadion Asal Indonesia Ini Nasibnya Memprihatinkan

Keberadaan Stadion BMW yang akan dibangun, tentu akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Selain sebagai pusat olahraga, beberapa fasilitas di sekitarnya juga bisa digunakan untuk kepentingan yang bermanfaat. Semoga pembangunannya bisa segera terwujud ya Sahabat Boombastis.

Share
Published by
Dany

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

18 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago