Stadion menjadi salah satu tempat penting untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola. Meski olahraga ini bisa dimainkan dimana saja, tapi tanpa adanya bangunan tersebut unsur keindahan dan keseruan akan jauh berkurang. Tak ayal sekarang banyak stadion baru di dunia atau Indonesia bermunculan, baik dalam ukuran yang kecil atau besar.

Pada umumnya setiap pembangunan stadion mengacu pada keindahan serta kemegahan. Lantaran hal tersebut kini banyak gelanggang olahraga dilengkapi banyak fasilitas hebat. Padahal sebenarnya lokasi yang unik dan pemandangan yang tidak biasa lebih membuat orang takjub. Seperti beberapa Stadion yang dibangun di tempat tak Lazim ini. Seperti apakah rumahnya? Nyohh! Boombastis persembahkan untuk kalian.

Estadio Municipal de Braga diapit tebing tambang

Braga [sumber gambar]
Tebing curam disisi stadion menjadi pemandangan saat kalian berkunjung ke markas tim Braga ini. Sebagai tempat mengelar pertandingan bola gelanggang olahraga ini bisa dikatakan unik lantaran di bangun pada tempat bekas galian. Mengusung konsep natural Estadio Municipal mempertahankan tebing-tebing alami di sekitaran stadion. Untuk memperkuat tribunenya dari guncangan, gelanggang olahraga ini dilengkapai dengan kawat-kawat baja kuat. Hal ini juga menjadikan markas tim identik dengan kostum merah bisa dikatakan sangat aman untuk pengunjung. Bahkan beberapa tahun yang lalu dipercaya untuk menyelenggarakan EURO 2004.

Ottamar Hitzfield Stadium menjadi tertinggi di Eropa

Ottamar Hitzfield [Sumber Gambar]
Ottamar Hitzfield bukanlah orang biasa di sepak bola Swiss. Sebagai orang yang berkecimpung di olahraga ini, dirinya memiliki prestasi hebat saat menjadi pemain atau pelatih. Jadi tidak heran untuk menghormati pria berambut pirang ini. Kini dibangunkan stadion di ketinggian atas namanya. Terletak di 2000 meter di atas laut membuat tempat bermain sepak bola tersebut tertinggi di Eropa. Dilansir laman Bola, untuk datang di Ottamar Hitzfield harus menggunakan mobil kabel khusus yang diciptakan di pegunungan Zermatt. Tapi sampainya di sana kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa.

Hernando Siles berada di ketinggian benua Amerika

Hernando siles [Sumber gambar]
Selain Ottamar Hitzfield stadium, Hernando Siles Bolivia juga jadi tempat bermain bola berada di ketinggian. Bahkan markas Timnas Bolivia terletak jauh lebih tinggi dengan terletak 3.637 meter di atas permukaan laut. Lewat kondisi ekstrim tersebut banyak pesepakbola luar dari negara benua Amerika Selatan itu kesulitan bermain di sana. Seperti apa yang dialami dengan Timnas Argentina dengan Lionel Messi yang harus rela pulang dengan tangan hampa. Kala itu mereka kalah dengan skor mencolok 6-1.

Hasteinsvollur Stadium paling berapi di dunia

Hasteinsvollur stadion [Sumber gambar]
Sebagai stadion sepak bola Hasteinsvollur bisa dikatakan sebagai tempat bermain bola yang memiliki umur sangat tua. Tahun 1912 lalu ia didirikan oleh nenek moyang orang Islandia. Selain memiliki usia tidak muda layaknya beberapa stadion tadi, tempat ini juga bisa dikatakan berada di kawasan yang ekstrim. Lantaran dikelilingi gunung berapi aktif yang siap meletus kapan saja. Hasteinsvollur ini memiliki kapasitas mampu menampung 2300 orang. Saat ini stadion tersebut digunakan oleh kesebelasan IVB. Bintang dunia yang pernah bermain di sini adalah David James mantan kiper nasional Inggris.

Stadion Eidi berada di tepian Samudra Atlantik

Stadion Eidi [Sumber gambar]
Letak daerah yang kecil menjadi alasan kenapa stadion satu ini berada di wilayah yang ekstrim. Bahkan bagi kita yang sering melihat tempat bermain bola ini di dataran rendah dan luas, Stadion Eidi adalah sebuah ketidaklaziman. Berada di Kepulauan Faroe nan kecil itu markas sepak bola salah satu klub lokal ini berada di tepi perbatasan Samudra Atlantik Utara dan Laut Norwegia. Dilansir dari laman Viva tempat ini mampu menampung 3000 orang dengan memiliki kualitas rumput yang baik.

Bagaimana sobat apa kalian nanti ingin bermain di sana? Ya kalau saya sih mau. Apalagi ada yang mau membiayai pastinya enggak saya tolak. FYI, meski berada di tempat yang ekstrim beberapa stadion tadi tetap mempertahankan kualitas rumput dan kelayakannya untuk digunakan bermain bola. Akan seru apabila stadion-stadion itu berada di Indonesia.