Bukan sebuah rahasia apabila banyak pemain sepak bola ingin bermain di Manchester United. Tunjangan fasilitas baik dan program latihan modern membuatnya diimpikan banyak pecinta bola. Sebagai tim besar benua biru sudah ada ratusan pemain top yang dihasilkannya. Dari mulai legenda Inggris David Beckham sampai pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo adalah lulus asli tim asal Manchester tersebut.

Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak anak Indonesia menimba ilmu di sana. Meski belum mampu masuk squad utama Manchester United. Kehadiran mereka menjadi hal baik untuk persepakbolaan tanah air yang minim prestasi ini. Semakin banyak anak Indonesia menimba ilmu di luar akan berdampak pada timnas yang hebat. Lalu siapa sajakah pemain Indonesia yang pernah berada di akademi Manchester? Simak ulasannya berikut.

Hanif Sjahbandi pemain Arema dan Timnas

Hanif Sjahbandi [Sumber Gambar]
Hanif Sjahbandi merupakan salah satu nama yang pernah berlatih di Manchester United. Pemain yang perawakannya kurus ini belakangan naik daun setelah bermain bagus dengan Arema pada musim kemarin. Pria asal bandung juga merupakan squad timnas Indonesia di ASEAN Games tahun 2017. Tahun 2009 merupakan awal dirinya bergabung tim merah putih. Melalui festival sepak bola AFF saat itu, membuatnya terbang ke Inggris. Penampilan bagus di sana membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai siswa dengan nilai terbaik mengalahkan beberapa pemain di Manchester United Soccer School.

Wildan Ramdhani Nugraha Persib U-19

Pemain Persib U-19 [Sumber Gambar]
Berbagai sekolah sepak bola tumbuh di Indonesia, kehadirannya membuat pemain berbakat bermunculan. Seperti Wildan Ramdhani Nugraha, pria bandung yang bersinar melalui SSB Saswaco. Berangkat di tempat tersebut, pemain asal Bandung ini berkesempatan berlatih bersama Manchester United. Kemampuan skill yang bagus penunjang lain dirinya dapat lolos seleksi di tahun 2014 lalu. Setelah menimba ilmu di tempat terbaik dunia dirinya pulang. Bermodalkan pengalamannya dan kemampuan bola pada tahun 2017 memperkuat Persib U-19. Meski tidak memiliki prestasi yang besar, bakat hebatnya di akui oleh pelatih Persib Djajang Nurjaman yang mengatakan, dia pemain yang menonjol di antara semua orang diklat.

Septian Satria Bagaskara, striker Persik Kediri

Septian Bagaskara [Sumber Gambar]
Meski saat Persik Kediri merosot dengan masuk Liga3, bakat hebat pemain berasal dari sana tetaplah tumbuh subur. Meski sudah usang, nama Septian Satria Bagaskara adalah bukti sisa kejayaan tim juara dua kali tersebut. Layaknya beberapa pemain tadi, dirinya merupakan pemain yang pernah berlatih di Manchester. Setelah mampu masuk dalam program yang dilakukan oleh Park Jing Sung. Selama berlatih di Inggris Bagas mampu menunjukkan kemampuan dengan mencetak beberapa goal. Saat ini Bagas tergabung di dalam squad Persik Kediri.

Jack Brown, blasteran Inggris bakat besar Indonesia

Jack Brown [Sumber Gambar]
Nama, Jack Brown untuk sebagian orang menjadi nama yang jarang terdengar. Pesepakbola yang belajar di luar negeri memang belum pernah sekalipun bermain di liga Indonesia. Terakhir kali dirinya datang ke tanah air adalah saat mengikuti seleksi U-19. Wonderkind keturunan Inggris juga pernah menimba ilmu sepak bola di Manchester United. Skill hebatnya dalam mengolah bola membuatnya masuk pada tempat tersebut tahun 2012. Saat menimba ilmu Jack mampu memperoleh penghargaan World Final Skill Test 2012 MU Soccer School di saat umurnya 11 tahun. Melihat hal tersebut, pemuda kelahiran Jakarta 2001 tentu menjadi masa depan cerah untuk sepak Indonesia.

Viddy adam, calon kiper masa depan Indonesia

Vinddy [Sumber Gambar]
Manchester United menjadi tim favorit untuk pesepak bola dunia. Nama besarnya membuat siapa saja akan merasa bahagia apabila dapat masuk ke tempat tersebut. Begitu juga apa yang dirasakan oleh Viddy Adam asal Belitung. Berangkat dari SSB Saswco, pemuda berposisi kiper ini sukses terbang ke Manchester pada tahun 2016. Melansir dari laman Bola, kemampuan hebat sebagai penjaga gawang membuat para pencari bakat dari tim Inggris itu terkesima. Meski belum terlihat di kacah sepak nasional, Viddy dapat menjadi kiper hebat ke depannya.

Mampu menimba ilmu sepak bola di klub sebesar Manchester United merupakan pengalaman sangat berharga. Tidak semua pemain sepak bola di dunia bisa merasakannya. Seleksi ketat, membuat orang yang tidak benar-benar berbakat akan sulit masuk ke sana. Apabila pemain Indonesia mampu di Manchester, tentu menjadi prestasi yang luar biasa. Namun, meskipun mendapatkan pembinaan ala Eropa, mereka harus tetap meningkatkan kualitas. Agar dapat menjadi cikal bakal sepak bola hebat tanah air.