in

5 Fakta Sabu Liquid, Narkoba Jenis Baru yang Keberadaannya Mulai Mengkhawatirkan

sabu liquid tak berbau (image source)

Beberapa tahun belakangan ini banyak berita mengenai obat-obatan terlarang seperti narkoba, sabu-sabu dan ekstasi yang terus berkembang menjadi berbagai macam bentuk. Diketahui tujuannya tak lain adalah agar peredarannya makin tidak terpantau serta korban-korban baru yang tertipu. Salah satu jenis narkoba baru yang belakangan jadi sorotan adalah si sabu liquid.

Sabu Liquid pertama kali ditemukan oleh petugas BNN di salah satu diskotek Muara Angke, Jakarta Barat. Sabu Liquid merupakan bentuk sabu yang baru dan belum diketahui oleh khalayak umum. Sabu tersebut mempunyai dampak seperti pemicu rasa senang untuk pengonsumsinya, sehingga berakibat fatal jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Berikut adalah beberapa fakta dari sabu liquid jangan sampai kamu menyentuhnya.

1. Tak berwarna yang membuat masyarakat terkecoh

Sabu Liquid yang tak berwarna (image source)

Sabu liquid ini adalah sabu-sabu yang berbentuk cair. Jika orang awam yang melihatnya pasti tidak mengetahui bahwa itu adalah salah satu jenis sabu. Petugas BNN menyebutkan bahwa sabu liquid ini berbeda dengan Liquid Vape yang menurut beberapa orang memiliki kemiripan. Perbedaan antara Sabu Liquid dengan Liquid Vape adalah jika Sabu Liquid memiliki warna bening sedangkan untuk Liquid Vape warnanya adalah kebiruan dan sering disebut juga Blue Safir. Untuk masyarakat luas diharapkan lebih berhati-hati lagi dalam mengonsumsi minuman karena bisa saja yang diminum bukan air biasa.

2. Pengemasan menggunakan botol air mineral

Botol air yang digunakan untuk kemasan Sabu Liquid (image source)

Untuk mengelabuhi banyak orang, pengemasan sabu liquid ini dibikin berbeda. Perbedaannya adalah menggunakan botol air mineral yang berukuran 330 ml dan tidak berlogo. Hal ini kemudian menyebabkan si barang haram tersebut begitu susah untuk dideteksi. Butuh ketelitian yang sangat untuk mengetahui apakah itu sabu liquid atau tidak.

3. Tak berbau membuat pelacakan semakin sulit

sabu liquid tak berbau (image source)

Pelacakan terhadap keberadaan sabu liquid ini semakin sulit karena anjing pelacak pun tidak dapat mengendus baunya. Hal ini pun dimanfaatkan sekali oleh para pembuat dan pengedar sabu liquid yang dapat mengedarkan secara bebas. Perkembangan jenis narkoba ini menjadi lebih hebat daripada sebelumnya, sehingga para petugas BNN dan polisi wajib bekerja lebih keras lagi untuk mengetahui keberadaan sabu liquid ini.

4. Waspada terhadap nama lain dari sabu liquid

Aqua getar, aqua setan, vitamin (image source)

Sabu Liquid memiliki beberapa sebutan lain yang bertujuan untuk pengelabuhan. Beberapa sebutannya adalah aqua getar, aqua setan dan vitamin. Penyebutan vitamin ini juga bikin rancu karena umumnya sebutan ini mengarah pada asupan yang dibutuhkan tubuh. Tapi, kalau kamu mendengar kata vitamin ketika sedang lewat tempat-tempat yang tak biasa, kemungkinan yang dimaksud adalah barang dalam bahasan kita sekarang.

Walaupun penyebaran sabu liquid ini masih di tingkat eksklusif, tetapi bisa jadi penyebarannya menjadi semakin luas ke masyarakat biasa. Salah satu cara menghindari barang laknat ini salah satunya adalah jangan terima kemasan minuman dari orang asing. Kita tidak akan pernah tahu kalau yang ditawarkannya adalah ‘sesuatu’. Dan nggak kalah penting juga adalah pengetahuan soal sabu likuid ini sehingga kita bisa terhindarkan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kisah Para Banser Muslim Penjaga Gereja Saat Natal, Teguh Untuk Sesama Meski Ada yang Bertaruh Nyawa

Inilah Alasan Mengapa Beberapa Artis Korsel Memilih Bunuh Diri Meski Kaya dan Jadi Idola