Categories: Trending

8 Mutasi Hewan Dengan Bentuk Paling Menakjubkan

Pernah mendengar kisah tentang Mandy Sellars? Wanita ini adalah pemilik kaki terbesar di dunia. Saking besarnya, beratnya sendiri mencapai berat tubuhnya dan kaki tersebut masih bisa tumbuh. Diketahui penyebab hal tersebut terjadi adalah mutasi.

Baca Juga : 7 Hewan Mengerikan ini Ternyata Ibu yang Baik Bagi Anaknya!

Mutasi bisa terjadi kepada organisme mana saja entah manusia, hewan atau tumbuhan. Kalau di ranah tumbuhan, mutasi digunakan untuk memanipulasi gen sehingga bisa menghasilkan varietas baru yang unik. Misalnya tomat berakar kentang dan lain sebagainya. Nah, bagaimana jika hal ini dialami oleh hewan? Ternyata tak kalah menakjubkannya!

Berikut adalah deretan mutasi hewan dengan bentuk paling menakjubkan yang pernah ada!

1. Winged Cat

Siapa yang menyangka jika kucing bersayap bukan cuma ada di komik atau pun film fantasi. Winged cat memang benar-benar ada dan penyebarannya hampir di seluruh dunia. Walaupun jumlah mereka tentunya sangat sedikit.

Kucing bersayap, si pembawa pesan iblis? [Image Source]
Kucing bersayap pertama kali ditemukan oleh Hendry David Thoreau saat tengah bersantai di rumahnya. Meskipun punya sayap, winged cat tidak benar-benar bisa terbang. Ini adalah mutasi genetis yang menyebabkan mereka punya ekstra bulu panjang yang menyerupai bentuk sayap.

Kebayakan orang di beberapa negara membunuhi kucing unik ini. Pasalnya dengan bentuk aneh ini, winged cat dianggap sebagai pembawa pesan iblis.

2. Pink Dolphin

Lumba-lumba girly ini pertama kali ditemukan berenang di sebuah teluk di Meksiko tahun 2007 lalu. Penyebab kenapa warna tubuhnya lain dari kawanan lumba-lumba lain adalah karena minimnya jumlah pigmen warna yang dimiliki.

Pink dolphin, si lumba-lumba tanpa pigmen tubuh [Image Source]
Sepanjang sejarahnya total hanya 3 kali lumba-lumba langka ini dilihat manusia. Minimnya pigmen tubuh ini juga bisa disebabkan karena mutasi. Tidak hanya lumba-lumba, manusia juga bisa mengalami kondisi semacam ini.

3. Froggy

Pernah mendengar tentang legenda Cerberus? Makhluk ini diceritakan sebagai penjaga gerbang neraka dengan ciri-ciri mirip anjing tapi mempunyai tiga kepala. Kasus hewan berkepala lebih dari satu ini juga dialami oleh katak unik bernama Froggy ini.

Froggy, tiga ekor katak yang bergabung menjadi satu [Image Source]
Pertama kali ditemukan dekat sebuah taman di Green Umbrela Nursery, Inggris, pada tahun 2004. Secara fisik Froggy memiliki 3 kepala dan 6 kaki yang masing-masingnya bisa berfungsi dengan normal.

Baca Juga : 10 Wanita Langka di Dunia yang Bikin Kamu Melongo

Para peneliti menyimpulkan jika katak langka ini adalah sebagai dampak mutasi yang disebabkan oleh radiasi nuklir, polusi lingkungan.

4. Octogoat

Seorang petani bernama Zoran Poparic begitu terkejut ketika salah satu kambing mungilnya lahir dengan kondisi yang sangat aneh. Si bayi kambing ini memiliki 8 buah kaki dan juga kelamin jantan dan betina. Uniknya, semuanya bisa berfungsi dengan normal.

Bayi kambing ini punya 8 kaki dan sepasang alat reproduksi [Image Source]
Penyebab hal ini masih diteliti. Namun teori yang paling masuk akal kambing ini seharusnya lahir kembar jantan dan betina. Akibat gagalnya pemisahan ketika di dalam kandungan, kambing unik ini pun lahir dengan kondisi tubuh langka.

5. Monkey Pig

Seperti namanya, hewan mutasi satu ini adalah kombinasi antara babi dan monyet. Hal ini bisa dilihat dari bentuk mukanya yang sangat mirip dengan wajah seekor kera, mulai dari dagu, mata hingga moncongnya.

Babi berwajah mirip monyet [Image Source]
Kondisi ini disebabkan karena gangguan perkembangan otak sehingga akhirnya si monkey pig ini punya fisik sedemikian unik. Di banyak kasus seperti ini biasanya mereka akan mati saat lahir. Namun ada juga yang tumbuh normal dan jadi tontonan unik yang cukup bikin kita mengernyitkan dahi.

6. Kenny The Tiger

Jika dilihat baik-baik wajah Kenny sama sekali tidak mewakili sosok harimau yang seram dan ganas. Ini dikarenakan ia mengalami kelahiran abnormal yang membuatnya wajahnya berbeda dan juga mulutnya yang tidak bisa menutup dengan baik. Kenny juga didiagnosa menderita sakit mental yang menyebabkannya menjadi susah berkembang seperti harimau pada umumnya.

Kenny, harimau dengan kondisi down syndrome [Image Source]
Kondisi ini disebabkan oleh kondisi genetis langka yang juga dialami manusia. Sayangnya, Kenny meninggal pada tahun 2008 lalu lantaran kanker.

7. Cyclops Kitten

Penggemar X-Men pasti mengenal sekali dengan karakter bernama Cyclops. Tokoh ini berwujud pria tampan dengan kemampuan matanya yang bisa mengeluarkan sinar laser. Hampir mirip dengan Cyclops versi X-Men, ada pula sebuah anak kucing yang disebut oleh para ilmuwan sebagai Cyclops Kitten.

Cyclops Kitten [Image Source]
Bayi kucing ini hanya memiliki satu mata berukuran besar, tanpa hidung dan sebuah mulut normal. Cyclops Kitten ini lahir dengan beberapa saudaranya yang normal. Sayangnya, kucing lucu ini mati sesaat setelah dilahirkan.

8. Frank & Louie

Kucing lucu bernama Frank dan Louie ini lahir dengan bentuk fisik yang super aneh. Punya dua wajah dan tiga mata. Kondisi ini umum dinamakan sebagai Diprosopia atau wajah yang terduplikasi dalam satu kepala.

Kucing paling unik di dunia, Frank & Louie [Image Source]
Kebanyakan kucing dengan kasus kelahiran seperti ini biasanya mati dalam beberapa hari setelah lahir. Tapi, Frank dan Louie bisa bertahan hidup dan sudah berusia lebih dari 10 tahun. Uniknya, keduanya saling berbagai otak sedangkan untuk urusan makan, kucing lucu ini hanya mengandalkan mulut Frank lantaran milik Louie yang tak terhubung dengan Esopaghus.

Baca Juga : 10 Hewan Paling Tua yang Umurnya Sampai Berabad-abad

Sama seperti kasus yang dialami manusia, mutasi hewan di atas juga sangat jarang terjadi. Mutasi sendiri bisa disebabkan banyak hal mulai dari yang sifatnya fisika seperti radiasi hingga pengaruh bahan makanan tertentu. So, be aware!

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

1 month ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago