Menurut KBBI, Mukjizat mempunyai arti sebagai sebuah kejadian yg sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia. Atau dalam maksud lain kata tersebut juga bisa dibilang merupakan persamaan dari keajaiban. Sebuah kata yang acap kali diproduksi untuk menggambarkan hal-hal amazing dalam sepak bola. Seperti contohnya ketika Leicester City yang bukan tim apa-apa mampu menjadi raja di Liga Inggris 2016.

Lalu apakah hanya itu saja? Tentu jawabannya adalah masih banyak lagi mukjizat yang ada di sepak bola. Seperti menjadi perwujudan kuasa tuhan di lapangan hijau hal-hal tersebut acap kali hadir dalam momen yang tidak pernah terduga. Mulai kepada klub sampai hinggap pada pesepakbola yang alami keadaan kritis. Dan berikut Boombastis berikan beberapa mukjizat sempat ada di Jagad Sepak Bola.

Manchester United membalikan keadaan di final Liga Champions

“Tidak habis pikir” agaknya menjadi kalimat-kalimat yang sering didengungkan orang, ketika melihat final Liga Champions tahun 1999, antara Manchester United dan Bayern Munchen. Hal tersebut terjadi tentu bukan tanpa sebab, pasalnya ketika itu MU yang tertinggal 1-0 hingga hampir laga buburan mampu membalikkan keadaan di dua menit sisa laga. Saat itu dua gol kemenangan tim Setan Merah tersebut tercipta pada menit 91 dan 93. Kisah epic tersebut, hingga saat ini menjadi mukjizat yang tidak pernah terlupakan.

Gelar Champions ke 5 Liverpool di Istanbul

Masih terkait mukjizat di pertandingan sepak bola. Selain Manchester United, Liverpool juga sempat menjadi kesebelasan Inggris menciptakan hal serupa. Saat itu keajaiban yang didapatkan oleh tim berjuluk The Reds ini terjadi, di Final Liga Champions tahun 2005 yang digelar di Istambul Tuki. Ketika itu Liverpool yang tertinggal tiga kosong di babak pertama oleh AC Milan, mampu membalikan keadaan pada interval laga selanjutnya. Meski dalam prosesnya gawang mereka selalu terancam oleh Ricardo Kaka dan kawan-kawan, namun pada akhirnya bisa mendapatkan gelar kelima ajang tersebut lewat adu tendangan penalti.

Bangkitnya Fernando Torres setelah benturan hebat

Fernando Tores keajaiban [Sumber Gambar]
Selain membalikkan keadaan dalam pertandingan final. Mukjizat di jagad sepak bola juga acap kali menunjukkan wujudnya pada diri pesepakbola dalam keadaan kritis. Seperti salah satu contohnya adalah Fernando Torres. Kala itu mantan pemain Chelsea tersebut, alami benturan sangat parah dan berpotensi mengancam nyawanya, saat membela Atletico Madrid menghadapi Deportivo La Coruna tahun 2017. Namun, untung saja setelah insiden dengan Alex Bergantinos, Torres langsung mendapatkan tindakan cepat oleh rekan-rekannya. Kalau tidak mungkin sosoknya kini hanya tinggal nama saja.

Eric Abidal comeback ke lapangan hijau setelah sakit parah

Eric Abidal [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan Fernando Torres tadi. Eric Abidal juga menjadi pemain bola yang mengukir kisah penuh mukjizat. Divonis dokter akan sulit bermain bola lagi setelah operasi tumor liver pada tahun 2011. Ditambah harus transplantasi akibat masalah yang timbul saat proses pengobatan tadi. Secara mengejutkan dua tahun berselang ia tiba-tiba sudah kembali berlatih lagi dengan Barcelona. Bahkan pada tanggal 6 April 2013, di pertandingan kontra Mallorca, dirinya kembali dengan keadaan 100 persen. Gelar di kompetisi negeri Spanyol juga sempat dirinya rengkuh.

BACA JUGA: Seperti Semut Membunuh Gajah, 5 Timnas Negara Kecil Ini Sukses Kalahkan Tim Raksasa

Bagaimana sobat Boombastis, amazing bukan hal-hal tadi. Dan beberapa kisah tadi adalah sebagian kecil saja dari mukjizat yang ada di olahraga termasyur tersebut. Besar harapan kalau ke depan hal yang terjadi layaknya Liverpool dan Manchester United tadi juga hadir kepada Timnas Indonesia. Aminnn.