Meski sudah alami banyak perkembangan, nyatanya sepak bola tetap saja berdekatan dengan namanya mistik atau mitos. Mulai dari penggunaan dukun sampai benda keberuntungan (jimat) yang mereka gunakan. Selain kekuatan gaib, pantangan mengenai nomor punggung juga menjadi suatu hal yang kerap ditemui di dunia sepak bola.

Mereka yang mempercayainya menganggap apabila beberapa nomer bisa meredupkan karier cemerlang seorang pemain. Apabila dinalar memang aneh sih, namun fakta tersebut ternyata benar terjadi. Seperti kasus Fernando Torres yang gagal mengulangi kejayaan di Liverpool setelah menggunakan nomor punggung sembilan milik Chelsea. Kasus pemain Spanyol itu bukanlah yang pertama terjadi, beberapa pesepakbola di ulasan ini juga alami nasib sama. Seperti apakah? Yuk mari simak.

Setelah mengenakan nomor 7, Angel Di Maria kariernya meredup

Angel Di Maria berseragam Manchester United [Sumber Gambar]
Sebagai penggemar sepak bola, bukan rahasia lagi apabila nomor punggung 7 Manchester United menyimpan sebuah magic. Hal ini dibuktikan dengan beberapa pemain yang meredup saat mengenakannya. Meski tidak semua, namun nama-nama hebat seperti Depay, Di Maria, dan Valancia tak bersinar saat gunakan nomor 7 di punggungnya. Dalam sejarahnya angka tersebut merupakan angka sakral yang telah dipakai bakat-bakat hebat jagad sepak bola. Bahkan hingga kini belum ditemukan pewaris nomor tujuh di klub berjuluk setan merah tersebut.

Beberapa bintang dunia melempem setelah gunakan nomor 11 AC Milan

Rivaldo bermain di AC Milan [Sumber Gambar]
Kalau tujuh di Manchester United, berbeda dengan di AC Milan. Di klub asal Italia itu, 11 menjadi nomor punggung yang menyimpan sebuah kutukan. Meski Ibramovic pernah mematahkan dengan membawa AC Milan Juara, namun tak sedikit yang malah tuai kesialan dengan menggunakan nomor 11 tersebut. Nama-nama yang merasakan tuah tersebut adalah Rivaldo, Huntenlar, dan Gilardino. Padahal sebelum pindah mereka tampil hebat bersama kesebelasan terdahulunya. Seperti contoh Rivaldo yang hebat dengan Brasil dan Barcelona.

Striker berbakat tumbang dengan nomor 9 Liverpool

Liverpool’s Andy Carroll [Sumber Gambar]
Cristian Benteke, Andy Carroll, Iago Aspas dan Rickie Lambert jelas bukan penyerang yang bakatnya perlu diragukan. Sebelum bergabung dengan Liverpool mereka tampil bagus dengan klub-klubnya. Namun, seperti nama di ulasan tadi, mereka juga banyak dikatakan alami nasib sial saat menggunakan nomor punggung keramat. Saat berseragam Liverpool para pemain itu menggunakan angka sembilan. Dalam sejarahnya nomor tersebut telah digunakan nama-nama besar legenda klub Inggris tersebut.

Torres, Crespo, dan Morata jadi korban nomor 9 Chelsea

Fernando Torres berseragam Chelsea [Sumber Gambar]
Selain Liverpool, nomor sembilan juga jadi momok untuk para pemain Chelsea yang menggunakannya. Mulai dari penyerang jempolan Torres, Crespo, sampai bakat hebat seperti Morata gagal raih prestasi gemilang saat menyandang angka tersebut. Terbaru adalah Morata yang sebelumnya bersinar di Real Madrid dengan gol-golnya, kini layu saat berseragam klub London tersebut. Namun tercatat dampak drastis penggunaan nomor sembilan adalah Fernando Torres yang kariernya terjun bebas dibandingkan saat berseragam Liverpool.

Kejadian-kejadian mengenai nomor punggung di atas memanglah sebuah kejadian di luar nalar. Kendati banyak terjadi, namun hingga kini belum ada penelitian konkritnya mengenai hal tersebut. Selain itu ada fakta lain yang meski menggunakan nomor kutukan tetap hebat. Seperti halnya Luka Modric yang menggunakan nomor 10 malah bersinar bersama Real Madrid. Tapi kasus Fernando Torres di Chelsea bukan sebuah kebetulan belaka. So, kalau menurut kalian gimana sobat ku?.