Trending

Kisruh Sengketa Merek Dagang MS Glow vs PS Glow, Siap Gelontorkan Ganti Rugi Miliaran Rupiah

Saat menyebut nama Gilang Widya, atau yang lebih dikenal dengan Juragan 99, dan istrinya Shandy Purnamasari, pasti sudah banyak orang yang tak asing. Pasangan satu ini memang terkenal sebagai crazy rich asal Malang. Bukan tanpa alasan, kekayaan yang dimiliki keduanya memang tak main-main.

Salah satu sumber cuan mereka adalah produk kecantikan MS Glow dan sederet bisnis lain yang mereka jalankan. Sayangnya, kini nama keduanya tengah diperbincangkan publik lantaran perseteruan merek dagang yang mereka kelola dengan merek dagang lain, yaitu PS Glow. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Berikut Boombastis.com berikan informasinya.

Saling lapor antar kedua belah pihak

Kasus ini bermula ketika Putra Siregar meluncurkan produk kecantikannya yang bernama PS Glow. Dianggap memiliki kemiripan desain dan jenis produk yang sama dengan merek dagangnya, Gilang Widya dan Shandy Purnamasari sebagai pemilik MS Glow melaporkan PS Glow. Keduanya melaporkan PS Glow ke Pengadilan Niaga Medan pada Maret 2022 lalu untuk mematenkan siapa yang berhak atas merek dagang produk kecantikan ini.

Buntut kisruh merek dagang antara MS Glow dan PS Glow [sumber gambar]
Dalam kasus tersebut, hakim mengabulkan tuntutan dari Shandy dan menghukum Putra Siregar untuk membayar biaya perkara sebesar Rp4,12 juta. Tak terima dengan hasil putusan tersebut, Putra mengajukan gugatan balik kepada Pengadilan Niaga Surabaya. Gugatan yang dibuat Putra tak hanya menyangkut nama Shandy dan Gilang saja, namun menyerat nama lain. Ialah PT Kosmetika Cantik Indonesia, Titis Indah Wahyu Agustin, dan Sheila Marthalia.

MS Glow ternyata tak terdaftar sebagai produk kosmetik

Putusan majelis hakim pada Selasa (12/7/2022), menyatakan bahwa penggungat memiliki hak eksekutif atas penggunaan merek dagang PS Glow dan merek dagang PS Glow Store dan terdaftar untuk jenis golongan barang atau jasa kelas 3 (kosmetik). Sedangkan tergugat dari pihak MS Glow, harus mengganti rugi yang awalnya senilai Rp360 miliar, namun yang dikabulkan hanya senilai Rp37 miliar secara tunai dan menarik semua produk MS Glow dipasaran.

Tanggapan istri Putra Siregar [sumber gambar]
Upaya hukum terus dilakukan oleh pihak MS Glow dengan mengupayakan hukum kasasi terhadap putusan PN Surabaya tanggal 12 Juli 2022. Namun, menurut istri Putra melalui media sosialnya, MS Glow mendaftarkan produk minuman serbuk dan bukan produk kosmetik. Sedangkan pihak PS Glow mendaftarkan produk kosmetiknya. Hal itulah yang membuat PS Glow menang di pengadilan.

Putra pernah jadi sales hingga pengamen

Putra Siregar dan istrinya merupakan sosok pendiri PS Glow [sumber gambar]
PS Glow adalah badan usaha milik Putra Siregar, yang merupakan seorang pengusaha serta YouTuber kelahiran 5 November 1992. Pria kelahiran Siantar ini, memiliki istrti bernama Septia Yetri Opani. Selain menggeluti bisnis kecantikan, Putra juga memiliki bisnis jual beli handphone di berbagai kota. Sebelum mencapai kesuksesnnya, ia pernah bekerja sebagai sales parfum hingga pengamen. Dari bisnis yang digelutinya, ia bisa meraup Rp200 juta hingga miliaran setiap hari. Ia juga diketahui memiliki aset berupa rumah senilai Rp1,5 miliar.

Gilang dan Shandy yang merupakan Crazy Rich Malang

Sosok di balik pendiri MS Glow adalah Maharani Kemala dan Shandy Purnamasari. Keduanya bersahabat sejak tahun 2018 dan membangun bisnis bersama. Sedangkan Gilang Widya Pramana merupakan pendiri perusahaan manufaktur PT Kosmetika Global Indonesia, yang bergerak dibidang kosmetik, skincare, dan bodycare. MS Glow sendiri berada di bawah naungan PT Kosmetika Cantik Indonesia yang merupakan pabrik baru berlokasi di Surabaya, yang berdiri sejak tahun 2013 di bawah naungan Shandy Purnamasari dan Gilang.

Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari pemilik MS Glow [sumber gambar]
Sebutan Crazy Rich Malang juga disematkan kepada Gilang, atau yang dikenal dengan Juragan 99, dengan omzet Rp600 miliar dalam sebulan dari berbagai bisnisnya. Usaha bengkel cuci motor merupakan bisnis awal yang ia rintis sejak kuliah. Pria kelahiran 4 Mei 1989 di Probolinggo ini, membangun bisnis transportasi, properti, manufaktur, garmen, kecantikan serta menjadi presiden Arema FC Malang. Diketahui kekayan Gilang dalam setahun mencapai Rp7,2 triliun.

BACA JUGA: Punya Jet Pribadi Hingga Bisnis Bus, Ini Kekayaan Gilang Widya Pramana Alias Juragan 99

Terdapat fakta-fakta baru yang terungkap di balik kasus sengketa merek dagang antara MS Glow dan PS Glow. Tak disangka-sangka, merek dagang pun bisa membuat kamu mengeluarkan miliaran rupiah jika tak segera dipatenkan.

Share
Published by
Terry

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago