Categories: Trending

Tips Untuk Bisa Segera Move-On Dari Masa Lalu

Istilah move on sekarang tengah menjadi trending topic. Dimana setiap orang yang masih susah untuk beralih dari sesuatu yang dulu pernah dia lakukan atau miliki namun sekarang sudah tidak pernah dia lakukan atau miliki lagi, disebut orang yang susah move on. Nah, sebenarnya memang benar bahwa move on itu efeknya tidak baik sekali bagi kesehatan jiwa dan bahkan raga kita.

Baca Juga : Tips Moveon Buat Kamu Yang di Tinggal Nikah Sama Mantan Pacar

Bayangkan, sesuatu yang sudah bukan menjadi milik kita dan sudah ditakdirkan oleh Allah untuk dipisahkan dari kita, namun masih kita ingat-ingat terus. Sehingga hal tersebut menyebabkan langkah kita menjadi stagnan alias tidak bisa bergerak maju, karena kita terus menengok ke belakang, yaitu masa lalu yang masih memberatkan kita untuk meninggalkannya, dan jadilah kita disebut sebagai manusia yang susah move on.

Lalu, untuk bisa berlari lebih kencang ke depan, menggapai masa depan, meninggalkan masa lalu atau yang disebut untuk bisa segera move on itu bagaimana sih caranya? Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Menyibukkan Diri

Cara yang ampuh untuk mengawali sebuah proses move on dari masa lalu adalah dengan menyibukkan diri. Tentunya dengan berbagai hal positif yang bisa membuat otak dan fisik kita lelah oleh kebermanfaatan, sehingga tidak sempat untuk melamunkan atau mengingat-ingat lagi masa lalu.

Menyibukkan Diri (c) phicarta

Menyibukkan diri dengan komunitas baru yang bermanfaat juga bisa menambah ilmu dan wawasan kita, membuat kita menjadi lebih membuka diri dan hati, karena kita akan bertemu dengan dunia dan kenalan baru, yang bisa membuat kita sedikit demi sedikit akan lupa dengan masa lalu yang sering mengganjali hati kita.

2. Sharing Dengan Orang Yang Berpengalaman

Salah satu cara ampuh lain untuk bisa segera membuat kita move on dari masa lalu adalah sharing atau berkonsultasi dan belajar dari orang yang berpengalaman. Misalkan itu orangtua kita, kakak kita, tetangga kita, guru kita, atau siapapun yang pernah memiliki masalah atau masa lalu yang sama dengan kita namun akhirnya mereka bisa move on dan berlari lebih kencang ke depan setelah terlepas dari masa lalu.

Sharing (c) urbancikarang

ambil pelajaran dari mereka, bagaimana dahulu mereka berhasil melewati ujian dan masa lalu yang menyakitkan dan berlari lebih kencang ke depan setelah berhasil lepas dari masa lalu tersebut. Ambil yang baik dan buang yang buruk.

3. Banyak Referensi

Selain dari orang berpengalaman, referensi juga bisa didapat di kajian atau ta’lim ilmu agama, bisa dari artikel di internet yang menginspirasi, bisa juga dari buku yang kita baca. Selain menambah wawasan dan menginspirasi, juga bisa membuat waktu kita tersibukkan oleh kegiatan yang bermanfaat, yaitu membaca.

move on (c) kephienz

Setelah mencari referensi dan terinspirasi, bisa kita coba lakukan hal-hal menginspirasi tersebut sebagai langkah kita untuk segera move on dari masa lalu yang menyakitkan dan mengganggu kita. Kalau memang kita sulit untuk mengungkapkan perasaan kita, kita bisa menulis kisah masa lalu kita dan semua isi hati kita di buku harian, atau ditempat yang kita nyaman untuk meluapkannya lewat bahasa tulisan.

4. Banyak Mengingat Allah

Tentunya inilah cara yang paling ampuh, selain membuat hati lebih tentram, maka perasaan juga lebih nyaman. Allah memang sebaik-baik tempat untuk mengadu dan mengembalikan semua keresahan di hati. Siapa yang bisa menenangkan kita lebih banyak selain Allah, Sang Pencipta kita? Ketika kita bergantung kepada manusia, maka kita hanya akan merasakan rasa kecewa yang dalam, namun saat kita bergantung hanya kepada Allah, maka rasa pasrah dan tenang akan selalu mendekap erat hati kita.

Ingat Allah (c) allsuhanmoments

Banyak mengingat Allah, banyak bersyukur, banyak bertaubat dengan istighfar, banyak melakukan amalan sunnah sebagai pendamping amalan wajib, menghindari yang haram maupun makruh seperti hal-hal yang tak bermanfaat dan sia-sia, serta memperbanyak tilawah dan hafalan al-qur’an akan menjadi penenang bagi jiwa kita. Kita akan lebih pasrah dan mampu melepaskan masa lalu, karena sejatinya hanya Allah lah yang berhak untuk mengatur takdir hidup hambaNya.

5. Pola Hidup Sehat

Yang terakhir adalah memperbanyak mengkonsumsi yang halal, baik makanan, minuman, atau apapun termasuk bacaan, tontonan, suara, dan semua yang halal dan tidak membuat hati kita kotor. Selain itu juga rajin berolahraga agar fisik menjadi lebih sehat dan segar, sehingga mampu memicu otak dan hati menjadi lebih bersih dan segar pula.

hidup sehat (c) infotaucantik

Ketika hati dan fisik serta pikiran sudah segar, sehat, dan nyaman maka kita akan lebih siap menatap masa depan dan menjadikan masa lalu hanya sebagai pelajaran untuk menjadikan masa depan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga : 4 Hal Menyebalkan Yang Sering Dilakukan Wanita

Share
Published by
Sofia Fitriani

Recent Posts

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

1 month ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago