Categories: Trending

6 Modus Teman Yang Minta Ditraktir

Teman minta ditraktir kadang membuat hati ini luluh ya, apalagi di kalangan anak muda dan mulai produktif bekerja. Karena kedekatan pribadi atau demi menjalin hubungan yang makin erat, traktiran sederhana bisa jadi caranya.

Baca Juga :7 Kebiasaan Makan Yang Hanya Dimiliki oleh Orang Indonesia

Akan tetapi, bagaimana kalau bertemu dengan teman yang selalu punya cara minta ditraktir? Caranya adalah dengan mengenali beberapa jenis trik atau modus saat teman ingin minta traktiran. Percayalah, dalam suatu lingkup pertemanan, selalu ada teman yang seperti ini.

Sebelum Anda jadi elit alias ekonomi sulit karena sering bertemu teman seperti ini, baca dulu nih beberapa modus orang yang minta ditraktir.

1. Nggak Bawa Dompet

Alasan nggak bawa dompet memberikan dua efek. Di saat terdesak seperti ketika harus bayar di kasir, membuat kita yang bawa dompet harus segera menolong. Di sisi lain juga bisa menimbulkan sedikit iba sehingga kita berbagi isi dompet sendiri.

Nggak Bawa Dompet (c) troll

It’s okay kalau sesekali. Tapi kalau berkali-kali juga bisa bikin kita tongpes (kantong kempes). Hati-hati juga dengan modus begini. Kadang lebih sakit hati sendiri kalau tahu ternyata teman kita tidak benar-benar ‘nggak bawa dompet’.

2. Belum Makan Nih

Perut lapar memang bisa bikin orang melakukan apa saja dalam usaha mendapatkan makanan. Salah satunya adalah melobi teman yang bisa membayarinya makan. Saat teman bilang, “Belum makan nih,” kadang ada niat terselubung kalau dia ingin diajak makan, bahkan dibayari makan.

Belum Makan (c) memegen

Bila sering menemukan teman yang punya modus begini, jangan khawatir. Sebelum Anda mengeluarkan uang sendiri, coba tawari makanan yang Anda miliki. Trik ini lebih ‘bersahabat’ dan tidak akan terlalu beresiko bagi kantong Anda.

3. Merendah

Nah, yang ini juga merupakan modus bermain halus. Merendah untuk ditinggikan merupakan jebakan bagi orang-orang yang terlalu baik. Biasanya saat ditawari agak sungkan dan menolak, “Nggak usah nanti merepotkan.” Tapi, biasanya ujung-ujungnya sih malu-malu mau.

Merendah (c) memegen

Di balik kata-kata merendah itu, bisa jadi ada usaha untuk membuat kita memaksa agar dia mau. Meski tidak semua merendah itu adalah modus untuk minta traktiran, tapi hati-hati saja kebaikan Anda dimanfaatkan dengan trik yang satu ini.

4. Bayarin Dulu Ya

Cara ini biasanya banyak ditemui pada kasus tidak ada uang kecil, lupa bawa dompet dan sejenisnya. Umumnya akan berujung pada ending di mana uang kita tak akan kembali selamanya.

Minta di Bayarin (c) memesly

Sebelum Anda gondok dengan perlakuan tersebut, sebaiknya sejak awal tetapkan sistem bayar sendiri-sendiri. Selain menjaga privasi finansial satu sama lain, cara ini tak akan merugikan siapapun.

5. Momen Ulang Tahun

Saat ulang tahun identik dengan perayaan dan makan-makan. Siapa yang ulang tahun seringkali dikerubuti teman-teman yang minta traktir seperti gula yang dihinggapi banyak semut.

Ulang Tahun (c) mememaker

Ada trik yang bisa Anda lakukan agar traktiran ulang tahun tidak terasa berat. Coba cari teman yang punya tanggal ulang tahun di tanggal atau bulan yang sama. Jadi Anda bisa melakukan traktiran secara merapel atau menggabungkan beberapa ulang tahun sekaligus. Beban mentraktir pun jadi lebih murah lho.

6. Tanggal Muda

Tanggal muda di mana banyak menerima uang gaji sering menjadi momen teman yang minta traktir. Padahal biasanya di awal bulan saja sudah banyak tagihan dan cicilan yang minta dibayar ya? Apalagi kalau ditambah mentratir orang, bisa-bisa gajian cuma numpang lewat.

Tanggal Muda (c) 2lucu

Sisihkan uang Anda lebih dulu untuk hal yang lebih prioritas. Tak perlu memaksakan diri bila Anda memang tidak bisa mentraktir meski tanggal masih muda. Nanti tanggal mudanya penuaan dini lho.

Baca Juga :5 Kebiasaan Bule yang Bikin Heran Orang Indonesia

Traktir mentraktir adalah SALAH SATU bahasa pertemanan yang digunakan untuk membuat hubungan jadi lebih akrab. Ingat, masih banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat hubungan pertemanan makin berkualitas, tidak selalu dengan uang. Semoga artikel ini bisa menginspirasi dan menyelamatkan dompet Anda.

Share
Published by
Orchid

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago