Memiliki mobil pribadi memang menjadi idaman bagi siapa pun di dunia ini. Tak jarang, mereka begitu hati-hati saat memutuskan untuk membeli kendaraan roda empat tersebut. Bukan apa-apa, harga yang mahal dan keawetan mobil juga menjadi pertimbangan utama. Jelasnya, kendaraan tersebut bisa jadi dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Warranty Direct Reliability Index, kendaraan roda empat yang paling awet ternyata muncul dari mobil-mobil keluaran Jepang. Di Indonesia sendiri, produk otomotif buatan negeri Sakura itu memang menjadi primadona. Meski beberapa ada produk Eropa, tapi tetap saja buatan Jepang menjadi nomor satu. Bukan sekedar mobil, tapi ketahanannya yang diperlihatkannya sungguh luar biasa. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Mitsubishi Lancer (buatan tahun 2005-2008)

Mitsubishi Lancer 2005 [sumber gambar]

Diproduksi antara tahun 1973 dan 2009, Mitsubishi Lancer sudah terjual lebih dari 7 juta unit di seluruh dunia. Dengan menggunakan teknologi MCA (Mitsubishi Clean Air) produk-produk Lancer telah melewati tes emisi gas buang secara resmi menurut standar Jepang dan AS. Kendaraan model ini juga telah diberi sentuhan Silent Shaft Technology untuk mengurangi kebisingan dan getaran mesin. Wah, pantesan masih awet.

Vauxhall/Opel Agila (buatan tahun 2000-2008)

Mbil Vauxhall-Opel Agila [sumber gambar]

Kendaraan buatan Jerman yang satu ini, termasuk salah satu mobil yang masih jago mengaspal di jalanan. Layaknya mobil keluarga, kendaraan ini dirancang sebagai city car yang kompak dan dibekali kemampuan bermanuver di tempat parkir yang sempit. Interior yang luas, memungkinkan penumpang untuk duduk di kursi yang cukup dan memastikan kenyamanan bagi keluarga.

Suzuki Alto (buatan tahun 1997-2006)

New Suzuki Alto 2019 yang terbaru [sumber gambar]

Kabar gembira bagi kamu yang menyukai desain mobil yang mungil dan minimalis, Suzuki kembali mengeluarkan New Suzuki Alto 2019 yang telah mengalami banyak perkembangan seperti grille, bumper dan fender samping, serta menajamkan lampu depan. Di India, mobil ini dilepas dengan harga 2,93,689 rupee (sekitar 60 juta rupiah) sampai 3,71,709 rupee (75 juta rupiah). Untuk varian yang lebih lama, Suzuki Alto juga tergolong masih mumpuni untuk melibas jalanan. Kira-kira, berapa ya harganya kalau sampai di Indonesia?

Toyota Aygo (buatan tahun 2005)

Toyota Aygo [sumber gambar]

Untuk pasar Indonesia, mobil buatan Jepang ini bersaing ketat dengan merek-merek ternama seperti KIA Picanto, Pride atau Hyundai Atoz. Dengan ukuran yang mungil, Toyota Aigo termasuk salah satu pilihan yang masuk akal jika mengutamakan ketahanan dan fungsinya. Diproduksi pertama kali pada 2005, mobil ini hadir dengan mesin Seri 1KR yang menggunakan blok mesin dari aluminium dan kepala silinder DOHC.

Honda HR-V (buatan tahun 1998-2006)

Honda HR-V versi baru [sumber gambar]

Tingginya permintaan akan kendaraan berbodi besar namun lincah, membuat Honda HR-V diluncurkan ke pasaran. kendaraan SUV mini yang diproduksi oleh Honda pada tahun 1998 sampai 2006 ini, menjadi salah satu primadona di Indonesia. Ruang kargo, visibilitas yang lebih tinggi, bersama dengan manuver, kinerja dan konsumsi bahan bakar dari mobil yang lebih kecil, membuatnya banyak dilirik oleh konsumen hingga saat ini.

BACA JUGA: 4 Negara dengan Harga Mobil Luar Biasa Murah, Bahkan Lebih Mahal Motor Ninja

Keren kan? Enggak nyangka ya, mobil buatan Jepang ternyata memiliki ketahanan yang lebih lama daripada buatan Eropa. Daftar di atas, adalah deretan kendaraan roda empat yang diketahui masih jago dan handal untuk mengaspal di jalanan sejak tahun 2000an. Kira-kira, kamu mau beli yang mana nih Sahabat Boombastis?