5 Kendaraan Tempur Zeni Canggih Milik NATO Ini Membuat Amerika Kian Besar Kepala

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on May 20, 2016

Zeni adalah kendaraan tempur yang tugasnya memberikan bantuan kepada pasukan penyerang. Tugas ini sangatlah penting karena akan memudahkan pasukan melakukan perebutan wilayah dengan sangat mudah. Zeni bertugas melakukan mobilisasi, membuka jalan hingga memiliki perangkat untuk membuat jembatan darurat yang sangat penting.

Kendaraan tempur zeni berperan besar juga dalam kelangsungan eksistensi NATO di dunia. Pakta Pertahanan Atlantik Utara yang juga diisi oleh Amerika ini akhirnya menjadi jagoan di kawasan Eropa, Asia Tengah, dan Afrika. Akibatnya, Amerika kian besar kepala karena memiliki sekutu yang sangat kuat. Berikut kendaraan tempur atau ranpur kebanggaan NATO yang membuat kekuatan Amerika kian besar di dunia.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. M60 AVLB – Pembuat Jembatan yang Andal

M60 AVLB adalah sebuah kendaraan tempur yang mampu meluncurkan sebuah jembatan dengan panjang mencapai 19 meter. Kendaraan ini akan sangat berguna jika digunakan di zona yang penuh dengan jurang. Dengan lebar jembatan mencapai 4 meter, kendaraan yang lewat di atasnya akan lebih leluasa dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

M60 AVLB [image source]
M60 AVLB [image source]
Negara yang menggunakan kendaraan tempur ini adalah Amerika meski sudah ada jenis baru seperti M104 Wolverine, Israel, Spanyol, dan Yunani. M60 AVLB telah digunakan oleh Amerika di perang Irak beberapa saat lalu. Kendaraan tempur yang mampu membuat jembatan ini membuat mobilitas penyerangan tak dibatasi oleh keadaan alam yang kadang tak menguntungkan.

2. Leguan Panzerschnellbrucke – Zeni Andal Buatan Jerman

Untuk urusan kendaraan tempur lapis baja, Jerman memang ahlinya. Negeri itu mampu membuat banyak sekali tank andalan yang mampu bertempur dengan sekuat tenaga. Selain kendaraan tempur penyerang, Jerman juga memiliki kendaraan tempur zeni yang memiliki fungsi sebagai pendukung mobilitas pasukan dan juga kendaraan tempur penyerang.

Leguan Panzerschnellbrucke [image source]
Leguan Panzerschnellbrucke [image source]
Adalah Leguan Panzerschnellbrucke yang merupakan zeni terbaru dan tercanggih milik Jerman. Kendaraan ini mampu membuat jembatan dengan panjang dan lebar yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Jembatan terpanjang yang bisa dibuat mencapai 27 meter dan paling pendek adalah 9,7 meter. Saat ini Leguan Panzerschnellbrucke dioperatori oleh Jerman dan Belanda.

3. Trojan Armored Vehicle Royal Engineers – Zeni Tempur Buatan Inggris

Trojan Armoured Vehicle Royal Engineers adalah kendaraan tempur zeni yang dibuat oleh Inggris. Kendaraan ini memiliki fungsi vital ketika di tempat di zona penuh dengan ranjau dan sangat terjal. Kendaraan besutan dari Royal Engineers ini mampu melumpuhkan semua ranjau hingga membuat kendaraan lain di belakangnya mampu bergerak dengan lebih bebas.

Trojan Armored Vehicle Royal Engineers [image source]
Trojan Armored Vehicle Royal Engineers [image source]
Selanjutnya, kendaraan ini juga memiliki fungsi hebat dalam hal pengerukan. Jalanan yang terjal, penuh batu dan tak bisa dilalui oleh kendaraan tempur lain akan diratakan. Kendaraan tempur zeni ini telah diproduksi pada tahun 2010 dan digunakan untuk operasi NATO di Afganistan dan juga Operasi Mohstarak.

4. Dachs Pionierpanzer 2A1 – Zeni Engineering Serba Guna Jerman

Selepas Aldolf Hitler bunuh diri dan akhirnya Jerman melakukan reformasi besar-besaran. Sektor kendaraan tempur semakin maju hingga akhirnya menghasilkan banyak tank dan juga kendaraan zeni yang hebat. Salah satu kendaraan zeni itu adalah Dachs Pionierpanzer 2A1 yang dilengkapi alat untuk mengeruk super besar, kapak, linggis, dan alat lain yang lebih berguna.

Dachs Pionierpanzer 2A1 [image source]
Dachs Pionierpanzer 2A1 [image source]
Kendaraan ini juga bisa digunakan sebagai mesin penderek yang kuat. Semua kendaraan kelas berat bisa ditarik menuju zona perbaikan dengan sangat cepat. Saat ini negara NATO yang menggunakan Dachs Pionierpanzer 2A1 adalah Jerman dan Kanada.

5. Titan Armored Bridge Launcher – Zeni Pembuat Jembatan Terpanjang di Dunia

Titan Armored Bridge Launcher adalah kendaraan zeni peluncur jembatan terpanjang di dunia. kendaraan tempur ini mampu menghasilkan jembatan hingga sepanjang 60 meter. Berbeda dengan kendaraan serupa yang hanya maksimal menghasilkan jembatan sepanjang 27 meter untuk membantu mobilisasi pasukan-pasukan dalam pertempuran.

Titan Armored Bridge Launcher [image source]
Titan Armored Bridge Launcher [image source]
Kendaraan tempur zeni dengan bobot 62 ton ini dibuat oleh BAE Systems Land System Inggris. NATO menggunakan kendaraan ini sebagai salah satu senjata andalan dalam membuat jalan menuju lokasi-lokasi sulit yang tak bisa dilakukan oleh alat lainnya.

Inilah lima kendaraan tempur zeni canggih milik NATO yang membuat Amerika semakin besar kepala. Dengan dukungan alat super canggih ini Amerika bisa melakukan apa saja yang mereka mau termasuk mengintervensi negara-negara yang dianggap memberikan keuntungan yang besar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA