Categories: Trending

Menguak Misteri Pulau Socotra yang Konon Jadi Tempat Persembunyian Dajjal Saat Ini

Dari semua pulau misterius yang ada di dunia, Socotra bisa dikatakan jadi salah satu yang paling merepresentasikan kemisteriusan tersebut di antara semuanya. Bagaimana tidak, pulau satu ini seperti tak terpengaruh waktu dan tidak berubah selama ribuan tahun lebih. Apa yang kita jumpai hari ini di sana, tak ada bedanya dengan ribuan tahun lalu. Makanya, dengan kondisi super anehnya, Socotra pun mendapatkan berbagai julukan nyentrik seperti the lost world, pulau alien, sampai tempat persembunyian Dajjal.

Soal Socotra sebagai tempat persembunyian Dajjal hal ini memang dipercaya banyak orang. Dalam sebuah hadist sahih dikatakan kalau secara tidak langsung Nabi seolah menunjukkan lokasi Socotra sebagai tempat berdiamnya Dajjal. Dan kalau ini dikorelasikan dengan segala keanehan yang ada di pulau ini, mungkin saja Dajjal memang bersemayam di sini.

Terlepas dari segala keanehannya, UNESCO sudah lama menganugerahi pulau unik ini sebagai salah satu warisan dunia. Tapi, jarang sekali Socotra dikunjungi. Entah, mungkin takut Dajjal tiba-tiba muncul atau mungkin karena letaknya yang memang seolah tertutupi. Lebih jauh tentang Socotra, berikut deretan fakta unik tentang pulau nyleneh dan ajaib itu.

Letak Socotra yang Sering Terlewatkan Mata

Bukan tanpa alasan kenapa Socotra seolah seperti tak terjamah zaman. Ya, pulau satu ini sangat jarang disinggahi orang-orang luar pulau, sehingga apa yang ada di dalamnya seperti tak pernah terusik. Alasan kenapa jarang disinggahi, mungkin karena letak Socotra sendiri yang agak sedikit aneh. Kalau dilihat dari peta, Socotra terletak di Timur tanduk Afrika (Somalia) sejauh 240 kilometer. Sedangkan kalau dilihat dari Yaman posisi Socotra ada di selatan sejauh 380 kilometer.

Pulau Socotra [Image Source]
Sebenarnya kalau dilihat dari posisinya, Socotra tak benar-benar begitu nyeleneh. Pesawat dan kapal laut jelas masih bisa menjangkaunya. Tapi, pada kenyataannya pulau satu ini tetap tidak terjamah. Buktinya ya nuansa Socotra yang masih seperti di zaman Jurrasic itu. Tak dikunjungi juga ada baiknya sih, pulau satu ini jadi benar-benar sangat terjaga dan masih asri.

Keanehan-Keanehan Pulau Socotra

Di bagian atas bolak-balik disinggung kalau Socotra punya segala keanehan. Ya, hal itu memang benar bisa ditemukan di pulau unik ini. Kita bisa menyaksikannya lewat deretan tumbuhan dan hewannya yang nyleneh-nyleneh. Menurut data, setidaknya ada 900an jenis makhluk endemik yang hanya bisa ditemui di sini. Beberapa masih belum ditemukan, tapi yang lainnya sudah berhasil digali dan bikin dunia menganga.

Pohon Darah Naga dan Elang Gurun langka

Misalnya tumbuhan, di Socotra ini kita bisa menemui yang namanya pohon darah naga. Bentuknya sangat aneh seperti payung yang terbalik, belum lagi ketika dikupas kulitnya, si pohon akan mengeluarkan getah yang seperti darah. Tak hanya tumbuhan, hewan pun begitu. Di sini ada beberapa makhluk aneh yang tak bisa kita temukan di daerah mana pun di dunia. Misalnya elang gurun yang langka sampai laba-laba aneh berwarna biru

Penduduk yang Terkurung Waktu

Meskipun terpencil, Socotra ternyata memiliki penduduk. Menurut data yang ada, setidaknya ada 40 ribu jiwa yang mendiami pulau ini. Tapi, para penduduk tidak meluas penyebarannya. Mereka hanya terpusat di beberapa tempat saja. Dan senada dengan identitas Socotra yang identik dengan hal unik dan aneh, penduduk pulau ini pun ternyata demikian pula.

Penduduk Socotra [Image Source]
Keanehan penduduk Socotra adalah mereka seolah tak tersentuh peradaban modern. Menurut seorang pembuat film dokumenter bernama Charler Cardelus yang pernah mengangkat warga Socotra sebagai film, penduduk di sini seolah terperangkap waktu. Adat istiadatnya masih sama seperti ribuan tahun lalu. Bahkan termasuk perdagangan, mereka masih memakai sistem barter. Tapi, sepertinya pemandangan penduduk yang tak tersentuh ini bakal berubah perlahan. Ya, pengaruh barat ternyata sedikit demi sedikit mulai mengenyahkan identitas orang Socotra.

Diduga Sebagai Tempat Persembunyian Dajjal

Tak hanya dikenal dengan hal-hal aneh, Socotra juga masyhur gara-gara disebut sebagai pulaunya Dajjal. Dalam Islam memang dikabarkan kalau si Messiah palsu ini sekarang tengah berdiam di sebuah tempat di Bumi dan akan muncul ketika waktunya tiba. Dan ketika hal ini dikorelasikan dengan sebuah hadist, banyak yang kemudian yakin jika Socotra inilah tempat Dajjal yang dimaksud.

Socotra pulau Dajjal

Kalau menurut hadistnya sendiri, Nabi mengisahkan sekelompok pelaut Arab yang kesasar di sebuah pulau. Nah, di pulau ini para pelaut tersebut bertemu dengan sosok tinggi besar yang mengaku sebagai Dajjal. Ketika Nabi ditanya perihal letak pulau tersebut, beliau menunjuk timur sambil mengatakan laut Yaman. Dari sini bisa diasumsikan kalau pulau yang ditunjuk oleh Nabi ya Socotra ini. Hadist ini sendiri pun juga sahih.

BACA JUGA: The Grey, Ras Alien Jahat Yang Keberadaannya Selalu Disangkal Manusia

Socotra, pulau satu ini memang menyimpan banyak keunikan yang luar biasa. Tak hanya tentang tempatnya yang tak berubah selama ribuan tahun, tapi juga flora dan faunanya yang benar-benar tak biasa. Soal Dajjal di pulau ini, kita tentu tidak bisa serta merta meyakini hal tersebut. Bagi yang Muslim, cukup imani saja kalau Dajjal memang ada. Soal misteri tempatnya, biarlah ini jadi rahasia Tuhan.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 months ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago