in

4 Minuman Jadul ‘Low Budget’ Anak 90-an yang Bikin Senyum Sendiri Kalau Mengingatnya

Jajanan anak 90-an bisa dibilang unik dan beragam. Bagaimana tidak, mulai dari yang tradisional hingga yang instan sedang berkembang di masa itu. Bahkan boleh dikatakan kalau banyak produk melakukan uji coba pada masa itu. Sebagian berhasil semisal mie instan dan sejenisnya, namun ada juga akhirnya mesti gulung tikar seperti nasi instan. Masih ingat kan?

Bicara soal produk 90-an, kamu pasti ingat dengan minuman-minuman low budget  buat anak zaman dulu. Ya mulai dari minuman soda KW hingga imitasi rasa buah semua ada, bahkan cukup digandrungi waktu itu. Yuk bernostalgia dengan minuman-minuman itu.

Trio minuman serbuk soda KW yang jadi tren zaman dulu

Minuman soda mungkin jadi yang favorit buat anak-anak ya karena rasanya yang ‘nendang’ abis. Namun sayang pada zaman dulu minuman jenis ini seperti merk Sprite, Coca-Cola dan Fanta lumayan mahal buat saku bocah. Alhasil jarang banget minum yang seperti itu, sekalinya dibelikan oleh emak girangnya bukan main.

Finto Sprata Kola-kola [Sumber Gambar]
Nah jangan berkecil hati, pasalnya ada cara lain buat anak zaman dahulu untuk menikmatinya, ya, tiga minuman soda KW yang berbentuk serbuk. Finto, Sprata dan Kola-kola jadi tinggal tuang saja serbuknya maka air putih pun berasa jadi minuman soda. Selain murah, hanya gopek alhasil bagi anak 90-an itu jadi surga dunia.

Troboss, energy drink buat anak bocah zaman dulu

Kemunculan minuman-minuman soda energy, tentu sempat jadi tren pada masa dulu. Namun sayang, tentu ada batasan umur buat mereka yang ingin menikmatinya. Pasalnya memang sih rasanya mantap dan bikin bertenaga namun bisa ada efek samping kalau dipakai terus menerus.

Minuman Troboss jadul

Namun tentu produsen tak hilang akal, akhirnya dimunculkanlah Troboss sebagai KW dari Extra Joss dan minuman energi lainnya. Ya meskipun gak se ‘keras’ dengan minuman energy drink yang sebenarnya, masalah rasa sudah sebelas dua belas. Apalagi harganya sangat cocok buat anak sekolah waktu itu.

Si minuman buah yang selalu jadi idola

Kalau zaman dulu sih, minuman yang satu ini selalu banyak ditemui. Entah itu yang bentuk saset hingga yang dijual abang-abang di plastik, yang jelas selalu laku. Ya itulah Jas-Jus, Marimas dan beberapa produk minuman rasa buah lainnya. Mungkin anak zaman dulu gak punya duit atau gak mau ribet kali ya kalau buat jus, alhasil minuman rasa begini selalu di laris buat dijual.

Minuman Jasjus [Sumber Gambar]
Meskipun endingnya sih para orang tua melarang keras mengkonsumsinya lantaran selalu batuk ketika kebanyakan. Namun ya namanya juga masih bocah, kalau sudah ketagihan kadang jarang nurut, toh harganya juga gopek hingga seribu rupiah saja.

Sering dicari, teh bubuk yang kadang bikin batuk

Es teh mungkin juga jadi favorit anak-anak waktu itu, namun bedanya nggak seperti yang dijual di warung-warung makan. Alih-alih pakai teh celup atau saringan seperti yang biasa ditemui yang ada malah minuman ini dibuat rasa bubuk.

Teh Sisri jadul

Harganya pun super duper murah, hanya Rp 300 hingga seribu rupiah tergantung rasa. Semisal teh Sisri dan beberapa merek serupa yang lain. Sama seperti minuman rasa buah, juga banyak yang menjualnya dengan dibungkus seperti minuman serbuk rasa buah tentu dengan rasa yang beragam pula. Nah minuman yang satu ini juga sering dianggap bikin batuk bocah.

BACA JUGA: Nostalgia Yuk! 6 Minuman Serbuk Ini Dulu Pernah Hilangkan Dahaga Kamu Ketika SD

Sebagian dari minuman itu saat ini sudah jarang dilihat lagi oleh para netizen, namun bukan berarti sudah tidak ada. Semisal minuman soda serbuk yang ternyata juga masih ada namun hanya berubah bentuk kemasan. Yang jelas selalu bikin kangen buat mereka yang lahir 90-an dan 2000-an.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Menilik Tim Prabu, Satuan Polri yang Khusus Menyikat Habis Geng Motor dan Begal Jalanan

Masih Ingat One Litre Of Tears? Belasan Tahun Berlalu, Begini Kabar Para Pemainnya