in

5 Jajanan Anak Zaman Dulu yang Sekarang Seperti Harta Karun yang Susah Dicari

mie krip krip kriuk [image source]

Berbicara tentang kenangan tahun 90an memang nggak ada habisnya. Selalu ada saja hal menarik yang bisa dikulik dari tema tersebut. Entah itu kebiasaan, tontonan, sampai jajanan. Untuk yang terakhir itu, memang memberikan kesan tersendiri. Bahkan mungkin sampai sekarang masih ingat nama dan rasa-rasanya.

Soal jajanan 90an, dulu ada beberapa yang ikonik banget. Entah itu snack ringan, sampai minuman legendaris. Sayangnya, makin ke sini beberapa jajanan khas era itu semakin susah ditemui. Bahkan beberapa seolah mustahil didapatkan kecuali bisa kembali ke masa lalu.

Berikut ini adalah beberapa jajanan legendaris masa jadul yang susah banget ditemukan. Bisa menemukan salah satu ini tentu luar biasa banget tuh.

Mie Krip Krip

Memang sejak dulu yang namanya mie punya banyak penggemar. Selain mie instan, mie siap makan juga jadi idolanya anak-anak. Kalau zaman dulu, ada yang namanya Krip Krip yang yang nggak perlu diseduh atau dimasak.

mie krip krip kriuk [image source]
Dikemas dengan ukuran kecil, harganya pun dulu sangat terjangkau, hanya 50 rupiah dan paling mahalnya 100 rupiah. Sekarang koin mah dapet apa, yes. Meski murah, toh mie satu ini punya rasa gurih dan bikin nagih. Menikmati Krip Krip, sebungkus rasanya kurang. Bukan promosi lho, lagian sekarang mie legendaris ini sudah nggak ditemuin di warung.

Permen karet Yosan

Permen karet kuno dengan bungkus kertas yang dulu jadi favorit anak SD. Angkatan 90-an pasti pernah nyobain, nih. Dulu sih booming banget gara-gara di balik bungkus permen karet ini konon ada hadiah langsung bagi siapa saja yang bisa nyusun huruf Y-O-S-A-N.

Permen karet yosan [image source]

Tapi, sampai sekarang nggak ada yang berhasil nyusun kata itu gara-gara huruf N kayaknya nggak pernah dicetak sama pabriknya. Percaya nggak percaya, promo itu memang bikin anak zaman dulu tergiur. Sayang, saat ini permen karet Yosan nggak pernah ditemuin ada di toko lagi.

Tini Wini Biti

Kalau liat jajanan satu ini jadi inget jargonnya, “Imut enak bergizi…”. Biskuit imut yang punya beragam rasa ini juga termasuk legendaris banget, ya. Bentuknya yang menyerupai binatang lucu-lucu itu juga bikin kita-kita gemes.

Tini Wini Biti [image source]
Biskuit ini enak, tapi kok jarang dijumpai lagi? Ada apakah dengan pabriknya? Kenapa susah banget ditemuin warung-warung dekat sekolahan SD? Oh, konon jajanan ini masih di jual di toko-toko online. Jadi, buat kamu yang kangen berat sama masa lalu, boleh deh sekali-kali nyoba pesan ya.

Mie Anak Mas

Sedikit berbeda dari mie Krip Krip, meski sama-sama mie. Anak Mas dulu berupa mie siap makan yang bumbunya belum menyatu. Jadi, sebelum di makan harus ngeremes mie dan menuang bumbu. Setelahnya baru dikocok-kocok dan dimakan.

mie anak mas [image source]
Rasanya yummy banget. Bahkan nih, saat mie sudah habis, kita masih suka jilatin jari buat ngerasain bumbu yang masih nempel di tangan. Barangkali zaman sekarang banyak produk sejenis, tapi merk-nya beda. Dan rasanya juga pasti nggak selegendaris dulu.

Es Wawan

Setelah beragam camilan, sekarang waktunya bahas minuman jadul nih. Salah satunya es Wawan. Masih jadi misteri kenapa es warna-warni ini diberi nama es Wawan, barangkali sesuai nama yang bikin pertama kali. Lupakan soal filosofi es Wawan, mending ingat-ingat betapa enaknya es jadul yang dulu dikemas dalam plastik unik.

es wawan [image source]
Harga satu batang es wawan juga murah. Lebih mantapnya lagi, kita bisa patungan sama teman buat beli es satu ini. Setelahnya, si penjual bakal motong es jadi dua buat kita nikmati bersama parter jajan. Hehe… gimana? Kangen sama es satu ini? Kalau pengen, kira-kira bisa beli di mana coba?

Zaman telah berganti. Camilan juga lebih banyak dan bervariasi. Tapi yang namanya jajanan tempo dulu emang nggak ada yang bisa nandingi. Liat lima jajanan di atas, sudah mulai nostalgia masa kecil, kan?

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

5 Peninggalan Bangsa Inca yang Pernah Bikin Dunia Tercengang

4 Aksi Fenomenal Ahok dalam Debat Pilgub yang Sukses Bikin Saingan Panas