in

Inilah Menu Puasa yang Wajib Eksis di Ramadan, Nggak Ada ini Rasanya Kurang

Setelah menunggu sekian lama akhirnya bulan ramadan datang. Segala hal pun dipersiapkan agar kegiatan ibadah bisa berjalan lancar. Termasuk menyajikan hidangan lezat yang akan disantap bersama dengan keluarga saat berbuka puasa.

Ada beberapa menu makanan yang memang kerap dinikmati saat bulan ramadan tiba. Meski di hari-hari biasa juga banyak ditemui, entah kenapa rasanya masih ada yang kurang jika tidak menyantap hidangan tersebut di bulan yang penuh berkah ini. Daripada penasaran, yuk simak ulasan Boombastis berikut ini.

Es sirup dan buah kurma

Ilustrasi es sirup [sumber gambar]
Mengawali yang manis-manis kerap kita dengar sebagai anjuran saat memulai berbuka puasa. Minuman seperti es sirup bisa menjadi pilihan pertama untuk melepaskan dahaga, sekaligus membatalkan puasa. Agar perut terisi dan tidak terlalu kenyang, buah kurma juga bisa menjadi asupan manis yang bagus untuk tubuh. Pun saat ibadah, badan tidak terasa lemas atau mengantuk karena kekenyangan.

Bubur kacang hijau hangat

Bubur kacang hijau [sumber gambar]
Selain es sirup, bubur kacang hijau hangat juga bisa menjadi santapan yang lezat saat berbuka puasa. Bahkan, menu yang satu ini bagus untuk pencernaan dan lambung karena berbasis kacang-kacangan dan diolah hingga teksturnya lembut. Tak hanya untuk berbuka puasa, bubur kacang hijau juga bisa dinikmati kala waktu sahur tiba. Terutama saat disajikan dengan kondisi yang masih hangat.

Kolak pisang yang lezat

Kolak pisang goyang lidah [sumber gambar]
Kolak pisang juga bisa menjadi alternatif makanan hangat lainnya jika tidak menyukai bubur kacang hijau. Buah yang kaya akan kandungan pektin – zat yang membuat tekstur pisang sangat lembut, juga berfungsi untuk mengendalikan gula darah agar tetap normal. Terlebih jika diolah menjadi kolak, perpaduan kuah santan dan pisangnya bisa menjadi menu yang lezat saat berbuka puasa.

Teh manis yang melegakan

Ilustrasi teh manis [sumber gambar]
Bagi sahabat Boombastis yang tidak ingin repot dan praktis, membuat teh manis bisa menjadi menu buka puasa yang paling mudah dilakukan. Sesuai kebutuhan dan selera masing-masing, minuman ini bisa diolah dengan berbagai variasi tambahan. Misalnya, teh dengan irisan lemon, es teh dengan campuran susu dan buah-buahan, atau dikombinasikan dengan jahe dan disajikan hangat-hangat.

Es Dawet segar saat berbuka

Es dawet segar [sumber gambar]
Rasanya yang segar dan khas, membuat es dawet menjadi salah satu menu yang direkomendasikan sebagai hidangan saat berbuka puasa. Terlebih, kuliner yang satu ini termasuk sajian yang komplit dengan bahan-bahan pembuatnya seperti susu kental manis, buah-buahan, santan, dan cendol. Jika ingin berhemat, dawet juga bisa dibuat sendiri di rumah.

BACA JUGA: Mengintip Menu Sahur dan Berbuka Ala 6 Artis Ini, Siapa Tahu Lebaran Bisa Secetar Mereka

Selain menu di atas, hidangan yang ada juga bisa dikombinasikan dengan makanan berat sesuai selera masing-masing. Namun yang terpenting adalah, bagaimana agar gizi terkandung di dalamnya bisa memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh, setelah seharian menjalankan ibadah puasa.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

10 Momen Lucu Acara Ini Talkshow Ini Bakal Dikenang, Ada Desta yang Gak Sengaja Ngantuk

Kim Yo Jong, Adik Kim Jong Un yang Tak Kalah Garang dan Disebut ‘Fotocopy’ Sang Diktator