Diktator, kejam, dan menuntut diperlakukan bak raja, siapa lagi kalau bukan pemimpin Kim Jong Un yang menduduki tahta sebagai presiden Korea Utara. Selama memerintah, Kim Jong Un terkenal memberikan ruang kepada orang terdekatnya agar juga punya jabatan penting di dalam negara, salah satunya adalah adik kandungnya sendiri, Kim Yo Jong.

Kim Yo Jong sendiri memegang peranan penting. Banyak yang mengatakan jikalau sifat adik Jong Un ini persis sama seperti dirinya, meskipun Yo Jong merupakan seorang perempuan. Siapakah dia dan seperti apa kiprahnya dalam pemerintahan? Simak dalam ulasan berikut ini ya!

Putri bungsu dan adik kandung Kim Jong Un

Adik Kim Jong Un [sumber gambar]
Kim Yo Jong lahir pada September 1987. Ia merupakan putri bungsu dari mantan pemimpin Kim Jong-il dan ibu yang sama dengan Jong Un Menurut North Korea Leadership Watch, Kim Jong-il mengumumkan pada 2002 bahwa putri bungsunya tertarik pada politik dan menginginkan karier di sistem politik Korut. Sebelumnya, Yo Jong tinggal bersama ibunya di Pyongyang. Lalu, pada tahun 1996 ia memutuskan untuk belajar di Swiss, ia baru kembali pada tahun 2000 ke Korea Utara.

Muncul pertama di publik pada 2011 lalu

Yo Jong [sumber gambar]
Seluk beluk yang berkaitan dengan keluarga para pemimpin Korea Utara memang tak banyak dibahas, terutama sosok Kim Yo Jong sendiri. Untuk pertama kalinya, ia muncul ke hadapan publik secara resmi pada upacara pemakaman ayahnya (Kim Jong Il) 2011 lalu. Padahal, jauh sebelum itu perjalanannya ke jantung rezim Korea Utara sudah dimulai sejak lama. Hanya saja, mereka selalu dijaga ketat oleh para staff dan pengawal.

Orang yang bertugas memoles citra Kim Jong Un

Menjadi pendamping Kim Jong Un [sumber gambar]
Sebagai seorang pemimpin, meskipun sudah terkenal kejam dan bisa membunuh siapapun juga tanpa ampun, Kim Jong Un tetaplah harus mempunyai citra di mata orang asing yang datang dan melakukan pertemuan dengannya. Nah, orang yang bertugas untuk menjaga citra sang kakak adalah Kim Yo Jong sendiri. Seperti dilaporkan oleh The Guardian, Kim Yo Jong terakhir menemani Kim Jong Un bertemu dengan presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Pernah berkunjung ke Korea Selatan

Pernah ke Korsel [sumber gambar]
Korea Selatan dan Korea Utara sampai sekarang bermasalah dalam hal perdamaian. Media mengetahui bahwa mereka bertolak belakang dalam berbagai hal. Namun, nyatanya hal itu tidak membuat Yo Jong sama sekali tak berhubungan dengan Korsel. Ia diketahui pernah mengunjungi wilayah Selatan pada Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 lalu. Bahkan karena itu, ia disebut sebagai penguasa pertama Korut yang berani datang ke negara lawan.

BACA JUGA: 5 Hal Ini Diprediksi Akan Terjadi Jika Kim Jong Un Tak Lagi Menjadi Pemimpin Korea Utara

Hal lain terkait dengan informasi pribadi Yo Jong tak banyak diekspose karena memang dijaga ketat oleh pemerintah Korea Utara sebagai bentuk perlindungan. Namun, diketahui bahwa Yo Jong telah menikah dengan Choe Song (putra petinggi Partai Pekerja) pada tahun 2014 lalu dan memiliki seorang anak.