Sejak pandemi Covid-19, semua warga Indonesia memang diwajibkan untuk mengenakan masker demi menurunkan risiko tertular virus Corona. Di awal Maret 2020 lalu, harga masker dan hand sanitizer di pasaran begitu melambung tinggi. Tak heran jika para pelaku bisnis seketika memanfaatkan kesempatan dengan menjual beberapa jenis masker dan juga pembersih tangan.

Untuk masker sendiri, ada begitu banyak jenisnya. Dari masker kain, masker medis, dan juga masker yang sempat heboh karena harganya yang mengerikan, apalagi kalau bukan N95. Ngomongin masker yang dulu mahal banget, berikut ini adalah beberapa jenis masker yang dulu mahal namun sekarang murah sekali.

Masker N95

Masker N95 [sumber gambar]
Jenis masker N95 memang dianggap efektif untuk menyaring partikel. Di awal-awal kemunculan masker jenis ini, harganya kerap bikin kaum menengah ke bawah jadi ngeri. Karena satu masker dibandrol dengan harga ratusan ribu. Setelah beberapa bulan berlalu, harga ratusan ribu tersebut sepertinya tak lagi berlaku. Karena saat ini masker N95 dibanderol sangat murah, bahkan di salah satu toko online, masker ini dijual sekitar harga Rp.3000 saja.

Masker medis sekali pakai

Masker medis sekali pakai [sumber gambar]
Awal pemberitaan tentang Corona di Indonesia adalah masa kejayaan masker medis sekali pakai. Di pasaran harganya dari Rp300-Rp400 ribu per kotaknya. Masyarakat berduit pun berbondong-bondong memborong masker tersebut demi bisa melindungi diri dan keluarga dari penyebaran virus Corona. Kondisi tersebut menuai protes banyak pihak, karena sebelumnya harga masker tak semahal itu. Perlahan-lahan, para penjual masker pun ditinggalkan oleh para pembeli, hingga akhirnya harga masker medis sekali pakai pun kembali normal, sekitar Rp30 ribu untuk satu box berisi 50 masker.

Masker kain

Masker kain [sumber gambar]
Seolah ingin menggunakan kesempatan, beberapa penjahit juga memanfaatkan gegernya berita tentang covid-19 dengan membuat masker kain yang dijual di pasaran. Di awal Maret 2020 lalu, harga masker kain juga lumayan mahal, meski jenis ini termasuk paling murah jika dibandingkan dengan masker medis dan N95 yang saat itu sampai ratusan ribu rupiah. Masker kain dijual dengan harga sekitar puluhan ribu. Namun tak semua penjual masker juga memanfaatkan kesempatan dengan menjual masker dengan harga tinggi, ada juga yang menjual dengan harga murah yang penting laris. Untuk saat ini, sudah banyak masker kain yang dijual di pasaran dengan harga murah meriah.

BACA JUGA: Penting! Ini Tata Cara Mencuci Masker Kain dengan Benar agar Aman Saat Dipakai Berulang Kali

Saat ini, hampir semua masker dijual murah di pasaran. Jadi, nggak ada alasan buat kita untuk tak pakai masker ya. Patuhi protokol kesehatan dan selalu jaga kesehatan. Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu, dan kita bisa jalan-jalan lagi seperti dulu.