Musisi sekaligus Youtuber Erdian Aji Prihartanto alias Anji kembali menjadi sorotan setelah mengunggah video wawancaranya dengan seorang pria bernama Hadi Pranoto. Dalam tayangan video di YouTube miliknya yang berjudul ‘BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN!!’, (31/07/2020) pria tersebut diklaim telah menemukan obat Covid-19.

Klaim yang dilontarkan kemudian membuat heboh dan menarik perhatian publik dan para pakar. Tak sedikit yang kemudian mempertanyakan kebenaran dari klaim tersebut. Karena ramai dan menjadi sorotan, video tersebut kemudian dihapus oleh pihak Youtube. Lantas, seperti apakah sosok Hadi Pranoto?

Mendadak jadi sorotan setelah diwawancarai oleh Anji

Hadi Pranoto bersama Anji dan tangkapan layar dari video wawancaranya [sumber gambar]
Sosok Hadi Pranoto mendadak viral setelah tampil pada wawancara dengan Anji dalam tayang video berjudul ‘BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN!!’. Karena topiknya menyangkut soal Covid-19, video yang akhirnya dihapus oleh pihak YouTube itu viral dan mengundang reaksi dari masyarakat. Terutama soal klaim Hadi menemukan obat antibodi Covid-19.

Klaim temukan antibodi Covid-19 yang hebohkan masyarakat

Hadi Pranoto dan herbal antibodi Covid-10 temuannya [sumber gambar]
Hadi yang disebut sebagai profesor dan ahli mikrobiologi di dalam wawancaranya dengan Anji, mengklaim telah menemukan obat yang disebutnya sebagai herbal antibodi Covid-19 karena terbuat dari beberapa jenis tumbuhan. Semua bahan tersebut kemudian digabung untuk diambil senyawanya dan dijadikan sebagai obat herbal. Sayangnya, Hadi enggan membeberkan proses pembuatan secara rinci.

Mengaku sempat membagikan antibodi temuannya ke masyarakat

Hadi Pranoto dan herbal antibodi Covid-19 [sumber gambar]
Obat herbal temuannya itu bahkan pernah diberikannya secara cuma-cuma kepada masyarakat warga Cibunian, Pamijahan, Kabupaten Bogor, di mana semua warganya ternyata negatif saat dilakukan rapid test. Saat membagikan, Hadi juga tidak menjelaskan secara rinci komposisi obat herbal yang ada. Temuannya itu merupakan bentuk inisiatif dan kepeduliannya pada pemerintah dengan membantu menanggulangi Covid-19.

Rekam jejak Hadi Pranoto yang belum jelas hingga IDI turun tangan

Sosok Hadi Pranoto yang diragukan IDI [sumber gambar]
Banyak pihak yang meragukan sebutan Hadi Pranoto sebagai profesor dan ahli mikrobiologi di dalam wawancaranya dengan Anji. Salah satunya adalah Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang telah melakukan penelusuran. Hasilnya pun didapat bahwa Hadi Pranoto tak termasuk dalam keanggotaan profesi tersebut maupun kelompok ahli mikrobiologi. IDI bahkan mendorong agar kepolisian bisa turun tangan untuk menyelidiki latar belakang Hadi.

Anji menolak minta maaf terkait video wawancaranya dengan Hadi Pranoto

Anji sendiri diketahui menolak meminta maaf meski video wawancaranya dengan Hadi menimbulkan kegaduhan di ruang publik. Dirinya merasa bahwa konten tersebut ditemukan kesalahan dari dirinya selaku pewawancara. Meski demikian, tayangan tersebut tak lagi bisa diakses karena telah dihapus oleh pihak YouTube.

BACA JUGA: Opini Anji Soal Foto Korban Covid-19 jadi Sorotan, Dinilai Melecehkan hingga Tuai Kritikan

Selain informasi identitasnya yang minim, sosok Hadi Pranoto juga membingungkan para pakar dan pejabat publik seperti Ahli biologi molekuler independen, Ahmad Utomo, dan Dirjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto. Karena begitu ramai dan jadi sorotan, Jubir Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, juga mengimbau agar masyarakat agar berhati-hati terhadap pemberitaan yang beredar.