Siapa yang menyangka awal tahun 2020 ini diawali dengan cobaan yang cukup bikin panik sedunia? Yup, keberadaan pandemi COVID-19 memang bikin semua orang paranoid dan terbatas ruang geraknya. Dari yang awalnya bisa nongkrong seharian tanpa takut, kini harus pikir ulang berkali-kali untuk keluar rumah supaya nggak jadi pembawa virus alias carrier. Dulunya yang nggak harus pakai masker, kini bahkan harus rela kena denda jika nggak pakai saat keluar rumah.

Saat pandemi juga menjadi teror tersendiri jika kita terpaksa berada di keramaian dalam waktu yang lama. Nggak cukup hanya menggunakan masker, untuk orang yang daya tahan tubuhnya lemah menggunakan face shield bisa jadi pilihan. Terutama untuk yang udah lansia atau adik bayi yang butuh perhatian lebih. Jika kesulitan mendapatkan face shield, kita juga bisa lho membuatnya sendiri. Yuk ikuti beberapa langkahnya dibawah ini!

Siapkan bahan-bahannya dan pastikan steril

Bahan yang butuh kamu siapkan untuk membuat ‘tameng wajah’ yang satu ini adalah:

  • Plastic mika tebal
  • Busa sebagai alas di dahi
  • Karet elastis tebal
  • Infraboard (lembaran plastik bergelombang yang terbuat dari bahan polypropylene berkualitas)
  • Gunting
  • Lem yang kuat

Setelah bahan terkumpul, pastikan kamu sudah mencucinya dengan baik agar steril dan aman, jangan lupa juga untuk cuci tangan ya sebelum melakukan tutorial ini!

Ukur dulu yuk!

Pertama pastikan kamu mengukur lingkar kepala mulai dari tepi dahi kiri ke kanan sesuai dengan bagian yang akan ditutupi. Lalu setelah lingkar kepala selesai, lanjut mengukur tinggi dari plastic yang akan menutupi wajah, kira-kira ukur dari ukung kepala sampai 3 cm dibawah dagu.

APD pelindung wajah atau face shield

Siapkan pola untuk plastic pelindung

Saat membuat face shield, pastikan kamu nggak hanya punya ukuran yang tepat tapi juga desain yang nyaman dan aman untuk tubuh. Misalnya dengan merapikan ujung-ujung pastik mika agar nanti ujungnya nggak nusuk ke bagian tubuh lain.

Satukan plastik dengan karet elastis

Setelah membentuknya sesuai pola, saatnya menyatukan infraboard dengan plastic mika yang sudah kamu potong tadi. Caranya cukup rekatkan ujung atas plastic mika ke infraboard yang akan menempel di dahi. Lalu lubangi ujung tepi kiri dan kanan infraboard sebagai tempat untuk mengikat karet elastis.

Sesuaikan ukuran dan rapikan

Sekarang setelah semua terpasang, saatnya menyesuaikan ukuran karet elastis dengan lingkar kepala. Jangan sampai terlalu rapat dan jangan terlalu longgar ya!

Masa sulit seperti sekarang selain menuntut badan untuk lebih sehat dan pikiran lebih tahan banting juga membuat kita harus saling jaga lingkungan. Beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat alat perlindungan sendiri seperti face shield ini!

Namun penggunaan face shield ini akan lebih maksimal di area infeksius dengan penggunaan masker. Jadi, sesuaikan pemakaian APDmu dengan lingkungan kamu berada ya.