Categories: Trending

Inilah 5 Masjid paling Bersejarah di Indonesia

Indonesia memang sudah dikenal sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas memeluk agama Islam paling besar di dunia. Tak heran jika banyak sekali peninggalan sejarah yang merupakan sebuah masjid. Karena dahulu, saat masa kerajaan-kerajaan Islam berkuasa di Indonesia, para pemimpin kerajaan kala itu banyak membangun masjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim. Masjid-masjid zaman kuno memiliki keindahan dan arsitektur yang khas, yang pada zaman modern sekarang sudah mulai banyak ditinggalkan.

Baca Juga: 5 Kisah Mengharukan Antara Muslim dan Yahudi

Namun bukan berarti bahwa kekunoan bentuk masjid menjadikan nilai keindahannya ikut hilang, justru nilai historisnya yang menjadi lebih kental, dan membuat banyak ummat muslim di Indonesia bahkan luar negeri selalu ingin mengunjunginya sebagai wisata religi atau memang sengaja ingin beribadah di sana.

Nah, berikut ini adalah lima masjid peninggalan sejarah Islam di Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk kita kunjungi:

1. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Kemegahan masjid ini sudah sangat mendunia. Arsitekturnya yang sangat kental khas Aceh membuat masjid ini menjadi icon bagi Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh (c) wikipedia

Masjid megah ini juga menyimpan kisah menakjubkan pada tahun 2004 lalu, yaitu saat Tsunami dahsyat meluluh-lantakkan Aceh. Bangunan-bangunan hancur tak berbentuk, namun masjid Baiturrahman tetap berdiri dengan kokoh dan anggun, bahkan dijadikan tempat perlindungan bagi para warga yang berhasil menghindarkan diri dari arus tsunami yang begitu dahsyat kala itu.

Selanjutnya: Masjid Istiqlal Jakarta

2. Masjid Istiqlal Jakarta

Tentu kita sudah tak asing lagi dengan masjid besar yang terletak di Ibukota Indonesia ini. Masjid yang kerap disorot dan dijadikan icon untuk berbagai acara keagamaan Islam, mulai shalat tarawih sampai shalat Idul Fitri yang disiarkan langsung dari masjid ini. Ya, masjid Istiqlal di Jakarta ini memang memiliki nilai historis sangat kental bagi rakyat Indonesia dan ummat muslim Indonesia tentunya.

Masjid Istiqlal Jakarta (c) wikipedia

Sehingga membuat setiap orang yang mengunjungi Jakarta terasa tak lengkap tanpa mampir ke masjid ini. Masjid yang merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara ini dibangun pada tahun 1961 dan selesai pada tahun 1978, dengan pemrakarsanya adalah Presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Istiqlal sendiri adalah bahasa Arab yang artinya Kemerdekaan.

Selanjutnya: Masjid Menara Kudus

3. Masjid Menara Kudus

Pada tahun 1549 salah seorang wali songo yaitu Sunan Kudus, membangun sebuah masjid lengkap dengan menaranya yang khas di Kudus. Masjid ini dijadikan sebagai tempat ibadah warga Kudus kala itu, juga sebagai tempat Sunan Kudus berdakwah dan mengajarkan ilmu agama kepada warga.

Masjid Menara Kudus (c) wikipedia

Agar dakwah islam Sunan Kudus kala itu bisa lebih mudah diterima oleh para warga Kudus yang mayoritas beragama Hindu-Budha, maka masjid ini pun dibangun dengan arsitektur mirip bangunan khas Hindu-Budha, sehingga warga tak terlalu kaget dan mampu menerima ajaran Islam dengan lebih mudah. Batu pertama pembangunan masjid ini langsung didatangkan dari Baitul Maqdis, Palestina. Dan masjid serta menara ini dibangun tanpa menggunakan semen.

Selanjutnya: Masjid Agung Demak

4. Masjid Agung Demak

Masjid yang satu ini juga tak kalah familiar bagi kita tentunya. Masjid yang menjadi salah satu icon terkuat sejarah persebaran Islam oleh Wali Songo ini memiliki arsitektur yang sangat khas dan nilai historis yang sangat kental. Wali Songo dan Sunan Gresik pernah berkumpul di sini.

Masjid Agung Demak (c) kekunaan

Memang masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Raden Patah ini juga turut diprakarsai oleh mereka, ruangan masjid ini sering dijadikan tempat berkumpul Raden Patah dan para Wali untuk membahas dakwah Islam di Pulau Jawa. Masjid ini dibangun pada tahun 1466, dan masih berdiri sangat kokoh dan anggun sampai sekarang.

Selanjutnya: Masjid Kotagede Yogyakarta

5. Masjid Kotagede Yogyakarta

Pada tahun 1640, Raja Kerajaan Mataram yang bernama Sultan Agung mendirikan sebuah masjid di Kotagede Yogyakarta. Masjid ini kemudian menjadi masjid tertua dan menyimpan nilai historical yang sangat kental bagi penduduk Yogyakarta. Sehingga sayang sekali jika ke Yogyakarta namun tak mampir ke masjid ini.

Masjid Kotagede Yogyakarta (c) wikipedia

Arsitekturnya masih kental dengan khas bangunan Hindu-Budha, karena pada masa itu para pekerja yang mengerjakan pembangunan masjid ini kebanyakan masih beragama Hindu dan Budha. Kemudian ketika dakwah Islam sudah memasuki Yogyakarta maka berduyun-duyun masjid ini ramai karena banyak warga yang sudah memeluk Islam. Keunikan masjid ini adalah shalat terawih yang selalu diadakan pukul 00.00 tepat di setiap bulan Ramadhan.

Nah, itulah lima masjid paling bersejarah di Indonesia yang sampai saat ini masih berdiri kokoh dan anggun walau usianya tak lagi muda. Masjid-masjid yang memiliki nilai historis tinggi ini sudah selayaknya kita jaga dan rawat dengan baik, karena selain menyimpan sejarah peradaban Islam di masa lalu, juga karena masjid ini adalah rumah Allah, yang memang harus selalu kita hidupkan dengan berbagai ibadah yang bisa kita lakukan di dalamnya. (sof)

Baca Juga: 4 Amalan Istimewa di Hari Jum’at Yang Membuat Harimu Berkah

Share
Published by
Sofia Fitriani

Recent Posts

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

3 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago