Ada banyak alasan kenapa orang kini memilih untuk belanja secara online ketimbang offline atau tradisional. Salah satunya adalah lebih efisien dari segi waktu dan transaksinya yang mudah. Mungkin bagi beberapa orang, perasaan mager alias males gerak bisa jadi merupakan faktor yang utama. Kalau tinggal pencat sana-sini terus barang bisa dibeli, kenapa harus capek-capek belanja ke luar rumah?

Mungkin, hal tersebut bukan hanya dialami oleh mimin saja. Sahabat Boombastis pun pasti pernah merasa demikian bukan? Jika belanja online sudah menjadi gaya hidup, tentu kita tinggal memikirkan bagaimana cara pembayarannya. Ya, penggunaan dompet digital bisa memberikan kemudahan semua kebutuhan pembayaran yang ada. Terutama buat kamu yang hobi belanja online. Yuk, simak beberapa keuntungannya di bawah ini.

Kemudahan adalah manfaat utama dari dompet digital

Ilustrasi kemudahan dompet digital [sumber gambar]
Bayangkan jika kamu harus membawa dompet tebal penuh uang tunai, kartu debit/kredit, atau mengantre untuk melakukan tarik tunai di ATM. Jelas ribet bukan? Dengan menggunakan dompet digital, hal di atas tak perlu lagi dilakukan. Kemudahan dalam bertransaksi, merupakan kelebihan utama dari dompet digital. Hanya tinggal beberapa klik, berbagai kebutuhanmu sudah bisa diatasi.

Banyak promosi menarik yang tentunya menguntungkan kita

Promo Pay Day dari Go Pay [sumber gambar]
Promosi seperti cashback atau diskon, menjadi salah satu hal yang menarik pengguna untuk menggunakan layanan tersebut. Penawaran yang ada pada program seperti Pay Day dari Go-Pay misalnya, tentu akan semakin memudahkan para pemakai jasa yang ditawarkan. Bukan hanya sekedar dipermudah, hal tersebut juga membuat konsumen merasa dekat dan bakal menjadi pengguna setia.

Meminimalisir terjadinya pemborosan pengeluaran setiap bulan

Ilustrasi pemborosan uang [sumber gambar]
Salah satu manfaat penting dari layanan dompet digital adalah, menghindarkan dirimu dari yang namanya resiko’ kebobolan’ anggaran. Ya, kebobolan yang dimaksud adalah anggaran yang dikeluarkan tidak terkontrol yang kadang membuat tekor di akhir bulan. Dengan menggunakan dompet digital, kamu bisa menganalisis pengeluaran dalam sebulan, dan menentukan batasan-batasan di setiap transaksi yang akan dilakukan.

Tingkat risiko lebih rendah daripada uang tunai

Ilustrasi resiko dompet digital yang rendah [sumber gambar]
Membawa uang tunai dalam jumlah besar, lebih berisiko tinggi daripada menyimpan fulus dalam nominal yang sama di dompet digital. Kenapa demikian? Contoh kecilnya begini, ketika kamu kehilangan HP yang berisi dompet digital di dalamnya, layanan tersebut bisa diblokir melalui akun yang terhubung di perangkat ponsel. Dengan begitu, uang dalam dompet digital tersebut kemungkinan tidak bisa digunakan lagi. Kalau uang tunai, kamu pasti sudah tau kan gimana nasibnya.

Adanya histori transaksi yang bisa dilihat

Ovo juga menyediakan opsi histori transaksi [sumber gambar]
Hal yang penting tapi jarang disadari adalah, melihat atau mencatat riwayat pengeluaran setiap bulannya. Banyak dari mereka yang terkadang kecewa karena mengalami kanker alias kantong kering setiap akhir bulan, karena kurang disiplin terhadap anggaran pengeluarannya. Namun, hal ini tidak terjadi pada dompet digital karena telah menyajikan history dari setiap transaksi yang ada. Go-Pay, OVO, T-Cash, dan lain sebagainya, adalah beberapa layanan dompet digital yang dilengkapi dengan fitur tersebut.

BACA JUGA: Uang Ludes Dimakan Rayap Hingga Makan Tempat, Begini Efek Buruknya Nabung di Celengan

Kemudahan dan efisiensi, adalah manfaat utama yang ditawarkan jika menggunakan dompet digital. Tak perlu repot membawa uang tunai, semua kebutuhan seperti belanja secara online hingga hal-hal lainnya bisa selesai hanya dengan sentuhan jari. Cocok bet nih buat kamu yang mager.