Kini, menabung di bank adalah hal yang paling banyak dilakukan. Pasalnya, menyimpan di tempat tersebut kita anggap paling aman untuk saat ini. Ya meskipun sudah banyak kejadian tentang uang tabungan yang tiba-tiba dikuras habis oleh orang tak dikenal.

Nah, beberapa orang banyak yang khawatir dengan fenomena tersebut. Jadilah mereka memilih untuk menyimpan uangnya di celengan. Tapi, apa kalian tahu jika sebenarnya menabung di celengan itu banyak kekurangannya?

Uang bisa mengalami kerusakan

Salah satu kekurangan menabung dengan celengan adalah uang bisa mengalami kerusakan. Bukan hanya terlipat atau lecek, namun uang sampai bisa berlubang lho. Ini dikarenakan uang dimakan oleh rayap. Seperti yang dialami oleh seorang wanita asal Ciperna.

Uang rusak dimakan rayap [Sumber Gambar]
Ia yang tak mau disebutkan namanya itu, menukarkan uangnya ke Bank Indonesia di Cirebon. Ketika ditanya teller, uangnya rusak lantaran ia menabung di celengan plastik dan diletakkan di dalam lemari. Dan yang lebih mengagetkan lagi, uangnya yang mengalami kerusakan adalah sekitar Rp12 juta.

Tingkat keamanan yang sangat rendah

Kekurangan lainnya yang didapat dari menyimpan uang di celengan yaitu tingkat keamanan rendah. Sebab, celengan dapat diletakkan di mana saja dan itu bisa membuat orang lain dengan mudah untuk mengambilnya.

Isi celengan mudah diambil [Sumber Gambar]
Apalagi kalau celengannya hanya berupa kaleng bekas dan tidak ada kuncinya. Wah, bisa-bisa uang Sahabat Boombastis berkurang setiap harinya. Bukannya menabung, kalian malah menyumbangkan uang untuk orang lain.

Iman mudah goyah untuk mengambil uang di celengan

Siapa sih yang tak tergoda dengan uang? Ditambah lagi letaknya hanya sejengkal dari tempat kalian berada. Pastinya kalian akan mengambilnya terus menerus jika tidak ada niat untuk menghentikannya. Hmm.. inilah yang menjadi kekurangan menyimpan uang di celengan.

Mudah tergoda untuk mengambilnya [Sumber Gambar]
Kalian bisa dengan mudahnya mengambil uang yang awalnya ingin ditabung untuk suatu keperluan. Jika sudah begini, batal niat untuk mengumpulkan uang. Akibatnya, kalian tidak akan punya uang lagi ketika uang tersebut benar-benar dibutuhkan. Hayo, mau seperti itu?

Lebih banyak memakan tempat

Menabung di celengan memang menyenangkan. Apalagi ketika bobot celengan mulai berat, itu berarti uang yang dikumpulkan sudah berjumlah banyak. Namun, kalau kita masih tidak berniat untuk membongkarnya dan ingin tetap menabung di celengan, tentunya harus membeli tempat lagi.

Banyak makan tempat [Sumber Gambar]
Nah, hal tersebut akan memakan ruang yang lebih banyak lagi di rumah. Okelah kalau misalkan Sahabat Boombastis punya tempat khusus untuk celengan-celengan tersebut. Tapi, jika tak ada tempat sama sekali bagaimana?

BACA JUGA : Tanpa Libatkan Bank, Teknik Menabung dari Bos Pemulung Sanggup Bawa Dirinya Sukses Besar

Menyimpan uang di celengan itu sah-sah saja kok gengs. Akan tetapi, ada baiknya uang-uang tersebut ditabung di bank jika itu memang untuk kebutuhan yang darurat. Namun untuk keputusan akhirnya terserah Sahabat Boombastis semua. Karena hanya kalian yang tahu cara menabung yang terbaik untuk diri sendiri.