Kalau kalian sering berkunjung ke channel Black Gryph0n, kalian pasti terkagum-kagum dengan kemampuan Gabriel Brown dalam menirukan ratusan suara, mulai dari penyanyi terkenal, tokoh kartun, bahkan suara karakter dalam sebuah film. Itu versi Youtuber luar negeri ya.

Enggak kalah kok dengan sosok yang belakangan ini viral di media sosial, namanya Kristo Immanuel. Meski kemampuannya masih belum sehebat Gabriel Brown, namun beberapa suara yang ditirukan oleh Kristo memang tampak seperti karakter aslinya. Yuk, kita lihat siapa sih Kristo Immanuel ini!

Dari kecil tertarik dengan aksen tokoh kartun

Ketika diundang ke acara talkshow Hitam Putih Bersama Deddy Corbuzier, Kristo mengaku jika kemampuannya menirukan suara kartun karena hobi Bahasa Inggris. Karena hal itulah ibunya memasang TV kabel di mana ia bisa belajar Bahasa asing tersebut dari film yang ia tonton.

Namun, lama-lama bukan hanya tayangan kartun saja yang membuat ia tertarik, tetapi juga aksen dan suara si karakter yang ada di dalam film. Jadilah, sekarang dirinya mahir menirukan gaya bicara Mickey, Minnie Mouse, Donald Duck, Monster Inc, serta puluhan suara karakter Disney lainnya.

Tak hanya suara kartun, tetapi juga bintang film terkenal

Lama-kelamaan, menirukan suara menjadi hal yang menyenangkan untuk Kristo. Ia mulai mencoba untuk menirukan suara tokoh terkenal yang bermain dalam film-film Hollywood. Yang paling banyak disukai menurutnya adalah suara Jason Statham, Arnold Schwarzenegger, Sylvester Stallone, Liam Neeson atau bahkan yang paling susah dan tidak banyak orang bisa meniru, suara Morgan Freeman.

Hanya saja, saat diminta menirukan suara orang terkenal di Indonesia, Kristo mengaku kesusahan. Menurutnya, satu-satunya faktor adalah karena aksen orang Indonesia hampir semuanya sama, tidak seperti actor luar negeri kebanyakan.

Freelance mengisi suara untuk iklan

Punya kehobian tirukan suara tokoh kartun, Pria 22 tahun ini sebenarnya tengah menekuni kuliah di jurusan perfilm-an. Tak hanya bergelut dengan bangku kuliah saja, ia juga mengembangkan bakat dengan nyambi mengambil sutradara iklan, film pendek, serta freelance mengisi suara (VO).

Mengisi VO iklan [Sumber gambar]
Apalagi setelah sosoknya viral, ia mendapat banyak tawaran untuk mengisi suara iklan. Ya, walaupun sebenarnya, Kristo sangat ingin mendapat kesempatan mengisi suara animasi.

Waktu untuk belajar menirukan suara

Uniknya, belajar menirukan suara juga susah-susah gampang ternyata. Kristo mengaku tingkat kesulitannya berbeda-beda, ada yang 10-20 menit langsung bisa, ada pula yang membutuhkan waktu satu minggu hingga sebulan baru bisa ditiru.

Dirinya pun sering berlatih di depan kaca untuk memastikan bahwa suaranya sudah cukup mirip dengan tokoh aslinya. Walaupun sekarang pekerjaan yang ia lakoni belum menghasilkan uang, Kristo berharap semoga suatu hari passion yang ia senangi tersebut bisa menjadi ladang penghasilan.

BACA JUGA: 5 Sosok Dubber Indonesia yang Mengisi Suara Kartun Kesukaan Masa Kecilmu Dulu

Melakukan hobi yang kita sukai memang selalu menyenangkan. Bahkan tak jarang, banyak orang berhasil karena beranjak dari hal yang mereka sukai. Kristo ini juga punya channel YouTube pribadi serta beberapa kali berkolaborasi dengan YouTuber terkenal Indonesia seperti Tim2one-ChandraLiow. Jika kamu ingin tau banyak tentang suara apa saja yang sudah ditiru oleh Kristo, kamu bisa berkunjung langsung ke Instagram pribadinya @kristo.immanuel.