Berbicara sultan Brunei Darussalam kira-kira apa yang terlintas dalam pikiranmu? Yaa, betul sekali sosok tajir yang mempunyai uang dengan jumlah gila-gilaan. Sebagai seorang memimpin, memang sudah menjadi rahasia umum kalau sosok Sultan Hassanal Bolkiah merupakan orang sangat kaya. Usut punya usut, saat ini pundi-pundi uangnya mencapai angka triliunan.

Tidak berhenti disitu saja, pria sudah kepala tuju ini juga mempunyai barang-barang super mahal. Mulai dari tunggangan-tunggangan mewah, istana megah, sampai punya usaha-usaha besar di mana-mana. Berkaca dari kondisi tersebut pernah enggak kalian berpikir berapa sebenarnya penghasilan Sultan Hassanal Bolkiah. Bingungnya ya? Nah, untuk menjawab hal itu berikut Boombastis akan suguhkan pendapatan sang Sultan dalam hitungan detik.

Diam-diam merupakan raja kaya kedua dunia

Sultan Brunei di arak keliling kota [Sumber Gambar]
Seperti telah dijelaskan di awal tadi tentang kekayaan yang mencapai angka triliunan. Diam-diam ternyata Sultan Hassanal Bolkiah masuk kategori raja yang tidak bisa diremehkan dalam masalah cuan. Di mana pria yang sudah memimpin Brunei selama 52 tahun itu, ditaksir punya kekayaan pribadi mencapai 15 miliar poundsterling atau Rp 280 triliun. Jumlah besar yang membuatnya kini menjadi salah satu pemimpin kerajaan terkaya nomor dua di dunia. Sedangkan peringkat satu sendiri diisi oleh Raja Thailand dengan pendapatan Rp 425 triliun.

Aksi ‘gila’ lain tentang uang dari Sultan Hassanal Bolkiah

Garasi Sultan [Sumber Gambar]
Berangkat dari fakta tadi jangan heran kalau Sultan Hassanal Bolkiah acap kali lakukan hal-hal ‘gila’ dengan uangnya. Bahkan baginya mengeluarkan cuan sampai angka miliaran adalah yang biasa. Seperti tatkala, sang Sultan menggelontorkan lebih dari Rp 377 miliar untuk mengadakan konser eksklusif Michael Jackson. Lalu beberapa waktu lalu, pria 72 ini juga dengan enteng menghabiskan 19.000 poundsterling (Rp 1,6 miliar) untuk seorang penata rambut favoritnya. Tidak itu saja, Sultan Hassanal Bolkiah juga rela mengeluarkan dana mencapai Rp 186 miliar untuk mobil-mobil mahal yang kini mengisi garasi kediamannya.

Angka enam dijit jadi pendapatan sang-Sultan dalam hitungan detik

Uang Brunei Darussalam [Sumber Gambar]
Berkaca dari sejumlah ulasan tadi, bukan sebuah hal yang mengejutkan kalau sang Sultan punya penghasilan yang ugal-ugalan. Bahkan kabarnya bila dibagi-bagi dalam waktu detik, angka besar yang kita temukan. Dilansir Boombastis dari Tempo.com, pendapatannya yang kini terus melambung sampai angka 80 poundsterling, bila dihitung dalam detik setara dengan Rp 1,5 juta. Angka fantastis tersebut didapatkan Sultan Hassanal Bolkiah dari asetnya berupa minyak. Tidak terbayang barang mewah apa yang bisa didapatkan dari pendapatan Sultan dalam hitungan jam.

Sosok yang memiliki banyak jabatan di pemerintahan Brunei Darussalam

Sultan Hassanal memimpin upacara [Sumber Gambar]
Walaupun tajir melintir, dalam memimpin Brunei Darussalam raja satu ini bisa dikatakan unik. Hal ini lantaran menerapkan sistem rangkap jabatan. Seperti punya banyak keahlian, dirinya tercatat menjadi pemimpin di 6 enam lembaga negara tersebut. Dilansir dari laman Kumparan, Sultan Hassanal Bolkiah menduduki jabatan sebagai, pemimpin negeri, Perdana Menteri, Menteri Pertahanan, dan Menteri Keuangan. Selain itu juga, berada di Menteri Luar Negeri dan Perdagangan, serta Komandan Tertinggi tentara Brunei Darussalam. Tidak bisa membayangkan bagaimana sibuknya bapak 12 anak ini setiap hari.

BACA JUGA: 4 Fakta Kemewahan Royal Wedding Pangeran Brunei Darussalam

Melihat jumlah pendapatannya yang mencapai 1,5 juta dalam hitungan detik, agaknya kata ‘gila’ layak disematkan kepada financial-nya. Semoga ke depan kita bisa mempunyai kekayaan menyamai beliau. Namun, sebelum itu mari selalu senangtiasa untuk mau bekerja keras. Pasalnya, tanpa usaha cuan tidak akan tahu lubang ATM dan dompet kita lho.