Dunia perdubberan di Indonesia memang jarang sekali diekspose. Kita, sebagai penikmat suara para dubber bahkan nggak pernah tau bagaimana rupa mereka. Bagi kalian anak angkatan 90an, pasti demen banget nonton serial kartun yang dulu tayang di tiap hari Minggu. Atau di era modern ini, emak-emak juga suka nonton serial drama India yang tayang nyaris tiap hari? Setelah tiap hari nonton serial yang sudah didubbing, tapi kita sama sekali nggak tau siapa orang-orang yang ada dibalik layar. Rasa penasaran tentu ada ya, apalagi jika kita termasuk orang-orang yang jeli, hingga bisa mengenali suara yang sangat akrab dengan telinga kita.

Menjawab rasa penasaran para penggemar, salah satu dubber Indonesia punya channel sendiri untuk mengungkap jati diri para pengisi suara Indonesia loh. Siapa sih? Dia adalah Aji Darma Susanto, pengisi suara yang aktif di YouTube channel dan melakukan wawancara dengan banyak dubber. Siapa sih Aji Darma Susanto ini?

Pengisi suara Patrik

Siapa yang nggak kenal kartun Spongebob Squarepants? Serial kartun sejuta umat ini nggak cuma digemari sama anak-anak, tapi juga orang dewasa. Kelakuan Spongebob yang polos dan para sahabatnya yang kocak memang nggak pernah gagal bikin orang ketawa. Nah, Bang Aji Darma Susanto ini adalah sosok yang mengisi suara Patrik Star, bintang laut sahabat karib Spongebob. Sebenarnya, masih banyak banget film atau serial yang diisi oleh Bang Aji, sebut saja serial animasi Indonesia, Adit dan Sopo Jarwo. Tapi, beliau memang beken banget berkat peran sebagai Patrik, sampai-sampai akun Instragram beliau diberi nama @ajidarmapatrick.

Sosok yang pinter banget melihat peluang

Aji Darma Susanto [sumber gambar]
Yup, sebelumnya Bang Aji menyadari peluang sebagai YouTuber. Kebukti, dalam waktu setahun beliau sukses ngumpulin hampir dua ratus ribu subscriber. Belakangan ini, Bang Aji juga menyadari betapa banyaknya penggemar Spongebob. Walhasil, beliau juga open order kaos karakter melalui akun Instagramnya loh. Bisa dibayangkan, peminatnya nggak sedikit pastinya. Kaos motif Spongebob, Tuan Crab, Patrik, Sandy hingga Squidward laris manis diserbu penggemar. Kira-kira, kalian minat nggak?

YouTuber yang ngenalin kita ke dubber legend

Ini nih yang patut diacungi jempol. Kalau bukan karena Bang Aji, barangkali sampai sekarang para dubber legendaris Indonesia cuma jadi sosok misterius bagi para penggemarnya. Dalam konten video kreatif yang dibuat oleh Bang Aji, beliau kerap mewawancarai dubber-dubber yang sudah mengisi banyak serial beken di Indonesia, seperti pengisi suara Naruto, Samurai X, bahkan para pengisi film India sampai drama Korea dan telenovela. Keuntungan tersendiri nih bagi Bang Aji yang berprofesi sebagai dubber, ia jadi lebih mudah wawancara temen seprofesi sekaligus bikin konten yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar. Oh iya, channel Bang Aji ini sudah berusia satu tahun dan punya 190k subscribers.

Mengenalkan dunia dubbing pada penggemar

Seluk beluk dunia dubbing [sumber gambar]
Kebanyakan masyarakat memang masih asing dengan dunia dubbing. Meski dinikmati tiap hari, tapi seperti apa proses dan seluk beluknya nggak banyak yang tahu. Namun, di channel Bang Aji Darma Susanto, beliau nggak segan buat ngebagiin gimana proses mengisi suara hingga editing. Bang Aji juga nggak segan buat kasih tips buat temen-temen yang pengen jadi dubber.

BACA JUGA: 5 Sosok Dubber Indonesia yang Mengisi Suara Kartun Kesukaan Masa Kecilmu Dulu

Itulah sedikit ulasan tentang Bang Aji Darma Susanto, seorang dubber yang Indonesia yang sudah berjasa bikin kita kenal banyak pengisi suara legendaris. Hayo, kira-kira siapa sih dubber Indonesia favorit kalian? Coba cari deh di channel bang Aji Darma Susanto, barangkali ada.