Gaya sehari-hari Presiden Jokowi memang memiliki keunikan hingga bisa dibilang nyentrik. Mulai dari busana setianya—atasan putih, bawahan hitam, hingga jaket bomber merek Zara yang sempat heboh beberapa tahun lalu. Tak hanya fashion items yang melekat di tubuh, beberapa sepatu Jokowi juga menarik perhatian, loh!

Mulai dari produk lokal, karya anak bangsa, hingga koleksi langka ada di rak sepatunya. Dalam ulasan berikut, Boombastis.com akan mengungkap koleksi sneakers Jokowi yang pernah muncul di ruang publik. Simak ulasan berikut ini yuk, siapa tahu jadi inspirasi untuk ootd-mu di instagram!

NAH Project Yoga FlexKnit v2.0 Carbon Black, bikin ootd Jokowi di We The Fest makin kece

Sepatu dari NAH Project yang diberi nama Yoga FlexKnit v2.0 warna Carbon Black ini dikenakan Presiden Jokowi ketika mengunjungi We The Fest 2018. Dipadukan dengan “baju dinas” Jokowi yaitu kemeja putih, sneakers dari NAH Project ini tak begitu menarik perhatian. Sehingga, banyak yang belum tahu bahwa sepatu Jokowi adalah produksi negeri sendiri. Oleh NAH Project, sepatu ini dibanderol harga sekitar Rp300 hingga 400 ribu saja.

Vans x Metallica SK8-HI Reissue, melengkapi penampilan “Dilan” Jokowi

Sepatu Vans x Metallica Jokowi [sumber gambar]
Sepatu keluaran Vans ini adalah hasil kolaborasi dengan band Metallica—salah satu musisi favorit Jokowi. Dilansir dari lifestyle.okezone.com, harga Vans x Metallica SK8-HI Reissue ketika dijual di Jakarta Sneaker Day mencapai Rp2,8 juta. Namun, ketika dicek di situs resmi Vans, mereka membanderolnya dengan harga USD 95 atau setara dengan 1,4 juta. Sedang diskon kali, ya? Anyway, Jokowi cocok banget jadi Dilan di masa tua kalau begini.

Adidas NMD R2, bikin heboh di Makassar hingga Bogor

Sepatu Adidas NMD R2 Jokowi [sumber gambar]
Alas kaki keluaran merek Jerman ini bikin heboh dua kali dalam setahun. Pertama, ketika dikenakan Jokowi di Makassar saat meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu. Kedua, ketika menyambut Lalu M. Zohri di Istana Bogor setelah memenangkan juara dunia. Rupanya, sepatu berwarna merah menyala ini merupakan merek Adidas dengan tipe NMD R2. Harganya pun standar sepatu merek luar negeri, yaitu sekitar Rp1,8 jutaan.

Saint Barkley Coatbridge Dark Green, penjualnya sampai gemetar saking senengnya!

Sepatu Saint Barkley Jokowi [sumber gambar]
Sama seperti Vans x Metallica SK8-HI Reissue, Jokowi membeli sepatu Saitn Barkley Coatbridge Dark Green dari Jakarta Sneaker Day. Melihat dari namanya, pasti Sahabat Boombastis mengira bahwa sepatu di atas merupakan merek luar negeri. Padahal, pusatnya berada di Bandung, Jawa Barat. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu Rp380 ribu saja. Dilansir dari Kompas.com, Ami Muhammad, selaku owner dari Saint Barkley mengaku senang sekali produknya disukai oleh Presiden.

Adidas Yeezy Boost 350 V2 “Beluga 2.0,” jadikan Jokowi anak gaul kekinian

Sepatu Adidas Yeezy Boost Jokowi [sumber gambar]
“Yoo Yeezy gua udah siap bro,” merupakan jargon ikonik yang diciptakan Kemal Palevi ketika sepatu ciri khas rapper Kanye West ini baru keluar. Tak menyangka, ternyata Jokowi juga memiliki sepasang. Hal ini ketahuan ketika ia tengah berolahraga bersama Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato. Sepatu Yeezy Jokowi adalah tipe Boost 350 V2 “Beluga 2.0” yang diperkirakan harganya mencapai Rp7 hingga 9 juta.

Nike LunarEpic Low Flyknit 2, harga mahal selera pasar

Sepatu Nike LunarEpic Jokowi [sumber gambar]
Nike LunarEpic Low Flyknit 2 merupakan sepatu lari favorit masyarakat Indonesia, sehingga tak sedikit masyarakat yang memiliki sepasangnya. Dibanderol harga Rp2 jutaan, Jokowi menyebutkan bahwa sepatu ini merupakan salah satu favoritnya, karena ringan dan empuk. Sehingga nyaman untuk dibuat blusukan, dikutip dari idntimes.com. Selain itu, sang istri, Iriana Jokowi dan si bungsu Kaesang Pangarep yang memilihkan sepatu ini.

Reebok TwistForm, sepatu yang bikin para pemain futsal heboh

Sepatu Reebok Jokowi [sumber gambar]
Sempat membuat netizen di twitter heboh, Jokowi sempat mengenakan sepatu lari untuk futsal ketika memperingati Hari Pers Nasional dengan wartawan Istana. Setelah netizen tebak-tebakan merek apa sepatu futsal Jokowi, akhirnya terkuak juga. Rupanya, sepatu tersebut merupakan keluar Reebok Classic, sehingga susah ditemui model terbarunya alias jarang ada kembaran. Dikutip dari wow.tribunnews.com, harga sepatu Reebok TwistForm ini sekitar Rp899 ribu hingga 1 juta.

DC Evan Smith, sepatu skaters pun diborong oleh Jokowi

Sepatu DC Evan Smith Jokowi [sumber gambar]
Sahabat Boombastis pecinta mode pasti tahu bedanya sepatu lari, jalan, futsal, dan skate. Namun tidak dengan Jokowi yang tampaknya menyeratakan semua sepatu sebagai sneakers. Buktinya saja, tahun lalu ia sempat menggilas sepatu DC Evan Smith berwarna biru tua dengan sol cokelat ketika menyambangi PVJ, Bandung. Para skaters Indonesia pasti bangga, nih, memiliki sepatu kembaran dengan Presiden. Apalagi harganya tergolong murah bagi mereka, yaitu Rp999 ribu.

Wah, wah, wah, banyak juga ya koleksi sneakers Jokowi yang telah terkuak ke publik. Ini baru sebagian saja, geng, kita masih belum tahu sepatu lainnya yang ada di rak sepatu orang nomor satu Indonesia ini. Siapa tahu nanti bakal kita temukan Balenciaga atau Gucci. Namun yang pasti, di rak sepatunya ada sandal japit Swallow favoritnya.