Virus Dilan memang sudah benar-benar merebak pada masyarakat Indonesia, mengikuti Catatan Si Boy dan Ada Apa dengan Cinta? (AADC) beberapa tahun lalu. Gombalan-gombalan yang diucapkan Dilan pun terpampang nyata di mana-mana. Belum lagi banyak cewek-cewek yang meniru gaya Milea agar bisa mendapatkan pacar seperti Dilan.

Pada tahun 2016 lalu, ketika AADC mengeluarkan sekuel yang menceritakan pertemuan kembali Rangga dan Cinta, tempat-tempat yang mereka datangi mendadak jadi populer. Sama seperti fenomena tersebut, aksesoris ‘90an yang digunakan oleh Dilan dan Milea juga akan kembali ngehits tahun ini. Simak aksesoris apa sajakah itu, sebelum kalian ketinggalan jaman, cekidot!

1. Honda CB100, kendaraan yang bikin mobil BMW lewat oleh pasangan remaja

Motor CB100 Dilan [image source]
Kita semua tahu bahwa Dilan identik dengan motor bututnya, ketika para remaja zaman now lebih suka mengendarai mobil. Ya, karena setting film Dilan memang berada di era 90an. Namun, karena Iqbaal eks CJR sangat keren membawakan peran Dilan ketika menaiki Honda CB100, sekarang sudah banyak ABG-ABG SMA yang mengendarai motor, terutama motor Dilan. Hal tersebut benar-benar menjadi suatu daya tarik ketika menggombali wanita yang sudah terjerat virus Dilan.

Artikel Lainnya
Dianggap Tim Lemah, Beginilah Kiprah Menawan Bangladesh yang Sempat Selamatkan Timnas
Lindswell Kwok Jadi Peraih Emas Kedua, 15 Netizen Twitter Ini Ndagel Tentang Dirinya

2. Jaket jeans belel, menjadikan bomber jacket Presiden Jokowi tak ada apa-apanya

Jaket Jeans Dilan [image source]
Beberapa waktu lalu, ketika Presiden Jokowi menyampaikan pidato dadakan di Istana Negara, dengan mengenakan bomber jacket berwarna hijau milik Kaesang, aksesoris tersebut seketika ngetren dan banyak dibuat KW-nya. Namun, setelah Dilan muncul di tengah para remaja Indonesia, dengan tren jaket jeans yang tak pernah digantinya itu, seketika tren bomber jacket harus dipaksa untuk mencapai masa pensiunnya. Kini, banyak terlihat pasangan remaja yang tak segan untuk mengenakan jaket jeans ketika ngedate bahkan saat mendatangi orang tua sang cewek.

3. Buku TTS, kado ulang tahun yang akan diterima remaja wanita 10 tahun ke depan

Buku TTS Dilan [image source]
Salah satu adegan Film Dilan 1990 yang paling diingat oleh para pemirsanya adalah ketika Dilan menerobos masuk kelas dan memberikan kado buku TTS kepada Milea saat ulang tahunnya. Anehnya, buku TTS tersebut sudah diisi semua, Dilan berdalih “aku sayang kamu, aku tak mau kamu susah-susah mengisinya.” Boneka ataupun gadget model terbaru akan tergantikan oleh buku TTS yang sudah terisi, sebagai hadiah ulang tahun yang akan diterima para remaja wanita beberapa tahun ke depan gara-gara Dilan.

4. Kaos bergambar kartun Elmo dan Snoopy, hadirkan kembali vibe ‘90an

Kaos Kartun Milea [image source]
Jika sahabat boom jeli ketika menonton Film Dilan 1990, kalian pasti akan memperhatikan gambar-gambar kartun yang tertera pada pakaian Milea. Menurut beberapa penonton yang menjadi remaja SMA pada era ‘90an, kaos bergambar kartun seperti Elmo, Tweety, dan Snoopy adalah salah satu barang wajib yang harus dimiliki. Semenjak Milea mengenakan baju tersebut pada Film Dilan 1990, banyak toko-toko ritel serta online shop yang menghadirkan kembali nuansa ‘90an.

5. Jaket varsity, andalan cewek-cewek zaman now

Jaket Varsity Milea [image source]
Jika Dilan tak pernah lepas dari jaket jeans miliknya, Milea juga memiliki penampilan andalan ketika pergi ke sekolah. Si eneng geulis ini tak pernah kelupaan mengenakan jaket varsity berwarna bendera Indonesia, yaitu merah dan putih. Meskipun simpel, tapi gaya Milea ini melekat di hati para pemirsanya. Coba sekarang ngaku, siapa cewek SMA di sini yang sekarang rajin mengenakan jaket varsity?

6. Segala baju kebesaran yang jadi parameter remaja paling keren se-antero jagat

Baju Kedodoran Ala Dilan [image source]
Selain jaket jeans belel milik Dilan dan jaket varsity kepunyaan Milea, beberapa pemeran dalam Film Dilan 1990 juga punya ciri khas loh. Lihat saja cara mereka berpakaian, ketika sekolah maupun hanya main-main saja. Pasti kalian merasa ada yang berbeda dari cara berpakaian kids zaman now. Betul banget! Hal tersebut dikarenakan baju yang kebesaran adalah pertanda seseorang menjadi keren pada era ‘90an. Nggak heran jika para pemeran Film Dilan 1990 lainnya selalu mengenakan baju yang kedodoran.

Meskipun belum marak terjadi, namun diprediksikan 6 barang di atas akan segera mencapai masa puncaknya beberapa hari lagi. Sekarang saja, Film Dilan 1990 sudah berhasil meraup 5 juta penonton, mengalahkan film Pengabdi Setan maupun AADC 2 yang tayang pada 2017 dan 2016 lalu. Hal tersebut juga jadi tanda bahwa penggemar Dilan nggak sedikit, dan sebentar lagi akan membuat barang-barang milik Dilan dan Milea menjadi hits di kalangan para remaja.