Pesta gol atau membobol gawang lawan dengan jumlah yang banyak, tentu menjadi sebuah hal prestisius. Apalagi kalau hal tersebut ditorehkan di kejuaraan besar sepak bola, pastinya kebahagiaannya bisa bertambah berkali-kali lipat. Bahkan meski tidak juara di akhir kompetisi, pesta gol tetaplah menjadi torehan manis yang akan selalu di kenang.

Ngomong-ngomong masalah tersebut, ternyata usut punya usut, ada beberapa kesebelasan asal Indonesia yang sukses memporak-poranda gawang lawan dengan jumlah gol banyak. Dan hebatnya mereka ciptakan di ajang bola internasional bergengsi, sekelas AFC Cup. Kira-kira siapa sajakah klub-klub tersebut? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

PSM, klub timur Indonesia yang menang lebih setengah lusin gol

Selain Persija Jakarta, wakil Indonesia lain yaitu PSM Makasar juga ciptakan penampilan istimewa di kompetisi Asia. Kesebelasan asal Timur Indonesia tersebut sukses ciptakan kemenangan yang bisa dikatakan ugal-ugallan. Menghadapi klub asal Laos Lao Toyota, tim berjuluk Juku Eja tersebut sukses catatkan kemenangan besar dengan skor mencolok 7-2. Gol-gol PSM diciptakan oleh Wiljam Pluim, Zulhan Zamrun, Eero Markkanen, Ferdinand Sinaga, dan Marc Klok. Kendati menang besar, banyak pengamatan mengatakan kalau kualitas Lao memang jauh dari tim asal Makasar tersebut.

Bermain bagus, Persipura sempat menang dengan sembilan gol

Tidak hanya PSM, torehan kemenangan dengan jumlah gol banyak juga sempat dicatatkan Persipura Jayapura di kompetisi Asia tahun 2014. Bahkan pesta gol tim asal Papua ini jauh lebih gila jumlahnya dibandingkan PSM tadi. Di mana ketika itu menghadapi Yangon United, Boaz dan kawan-kawan sukses menang dengan skor sangat fenomenal yakni 9-2. Selain ciptakan sejarah, hasil positif tersebut juga membuat Persipura Jayapura kala itu lolos ke babak perempatfinal AFC Cup.

Lewat banyak gol, Sriwijaya Fc bungkam klub Liga Malaysia

Sriwijaya melawan Selangor FA [Sumber Gambar]
Masih terkait kemenangan besar klub Indonesia di kompetisi bola level Asia. Kesebelasan asal Palembang Sriwijaya FC, juga sempat ciptakan rekor gol saat membungkam Selangor FA pada tahun 2011. Ketika itu, tim yang identik kostum warna kuning tersebut, mencukur habis wakil Malaysia tersebut dengan 6 gol berbalas satu. Kabarnya hasil cantik tersebut adalah kemenangan terbesar pertama kesebelasan asal Indonesia di ajang AFC Cup. Walaupun torehkan kemenangan besar, tapi Sriwijaya saat itu gagal menjadi juara di akhir kompetisi.

AFC juga jadi panggung Arema untuk porak-porandakan lawan

Selain nama-nama tadi Arema, juga sempat menggunakan ajang AFC Cup sebagai panggung untuk torehkan kemenangan besar. Ketika itu pada tahun 2012 menghadapi wakil dari Liga Vietnam yakni Navibank Sai Gon, klub berjuluk Singo Edan tersebut sukses menang dengan skor mencolok 6-2. Gol tim asal Jawa Timur tersebut diciptakan oleh Roman Chmelo, Talaohu Abdul Musafri, dan Ahmad Amiruddin yang mana masing-masing menorehkan dua gol di laga berlangsung di Malang tersebut. Hasil positif ini juga menjadi kemenangan besar pertama Arema di kompetisi resmi level Asia.

BACA JUGA: Real Madrid Lewat! Tim Afrika Ini Hajar Lawannya dengan 149 Gol Tanpa Balas

Hasil-hasil menjanjikan kesebelasan tanah air tadi adalah sedikit bukti, jika klub asal Indonesia juga bisa berbicara banyak di level Asia. Semoga selain torehkan kemenangan yang besar, tim-tim tanah air juga bisa berbicara lebih banyak lagi di ajang tersebut. Misalnya tembus partai pamungkas (final) atau meraih gelar juara.