Tak banyak dari mereka yang mampu mengedepankan akhlak dan kejujurannya saat menemukan benda berharga yang bukan miliknya. Seperti yang terjadi baru-baru ini, seorang petugas kebersihan Stasiun Bojong Gede, Bogor, bernama Mujenih mengembalikan uang sebanyak Rp500 juta yang dimasukkan dalam tas kresek saat tengah membersihkan gerbong.

Jumlah uang yang sangat besar tersebut, tak lantas membuat Mujenih gelap mata. Dengan penuh kejujuran, ia membawa uang tersebut ke petugas stasiun agar diumumkan siapa pemiliknya sebenarnya yang merasa kehilangan. Tak hanya Mujenih, beberapa dari mereka di bawah ini juga memilih untuk jujur terhadap barang yang bukan miliknya. Salut!

Susah payah perjuangan seorang pemulung kembalikan uang Rp20 juta ke pemiliknya

Sosok Jubaidi yang viral setelah kembalikan uang Rp 20 juta [sumber gambar]
Tak banyak seseorang bisa seperti Jubaidi. Pemulung yang biasa mencari nafkah di jalanan Kota Yogyakarta itu mendadak viral lantaran mengembalikan uang sebesar 20 juta rupiah. Ia bahkan rela mencari alamat pemiliknya dengan melibatkan bantuan dari pihak Kepolisian hingga akhirnya berhasil. Kejujuran Jubaidi ini juga mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

Petugas kebersihan gerbong kereta kembalikan uang Rp500 juta

Mujenih dan segepok uang yang dikembalikannya [sumber gambar]
Kejujuran Mujenih mengembalikan uang Rp500 juta membuat dirinya viral di dunia maya. Dirinya yang kala itu bekerja sebagai petugas kebersihan on train cleaning (OTC) di Stasiun Bojonggede, menemukan uang setengah miliar di dalam bungkusan plastik hitam. Mujenih lantas menyerahkan uang yang ada ke petugas stasiun untuk diumumkan hingga akhirnya kembali ke tangan pemilik aslinya.

Driver ojol jujur yang kembalikan uang Rp35 ribu milik pelanggan

Ade Adfian Ahmad driver ojol jujur yang viral [sumber gambar]
Hal kecil yang mungkin terlihat sepele seperti mengembalikan kelebihan uang milik pelanggan misalnya, ternyata berlaku dalam prinsip Ade Adfian Ahmad. Driver ojol asal Tasikmalaya itu menuai pujian netizen lantaran mengembalikan kelebihan uang sebesar Rp35 ribu milik penumpang yang baru saja di antarnya. Bukan masalah besarnya uang yang dikembalikan, tapi kejujuran yang dilakukan oleh Ade membuat banyak orang kagum.

Sopir taksi kembalikan uang Rp194 juta yang tertinggal di mobilnya

Kejujuran Suharto menjadi kisah teladan yang inspiratif [sumber gambar]
Kejujuran terhadap penumpang juga dilakukan oleh seorang sopir taksi yang bernama Suharto. Dirinya dengan sigap mengembalikan uang yang berjumlah lebih dariRp 100 juta milik penumpangnya yang merupakan WNA asal Australia. Sikap jujur yang dilakukan Suharto itu kemudian di apresiasi oleh pemilik uang yang langsung memberinya Rp2 juta sebagai ucapan terima kasih.

Kejujuran seorang polisi menyerahkan uang Rp48 juta pada pemiliknya

Aipda Muji Prihatin saat kembalikan uang Rp48 juta ke pemiliknya [sumber gambar]
Seorang petugas kepolisian yang bernama Aipda Muji Prihatin sempat menjadi perbincangan hangat usai mengembalikan tas berisi uang Rp48 juta ke pemiliknya. Atas kejujurannya tersebut, pria yang merupakan anggota Satlantas Polres Balikpapan itu, mendapat apresiasi dari Kapolda Kaltim Brigjen Pol Priyo Widyanto yang kemudian mengajaknya makan siang bersama. Aipda Muji juga sempat menolak imbalan Rp5 juta yang diberikan oleh pemilik uang.

BACA JUGA: 4 Hal Luar Biasa Ini Akan Terjadi Bila Manusia Banyak Berbuat Jujur

Kisah di atas tak hanya membuktikan bahwa masih ada orang yang jujur di Indonesia, tapi juga kebesaran jiwa mereka yang mau melihat hal tersebut dengan hati nurani. Menyadari dengan jelas bahwa barang bernilai yang ditemukan bukanlah miliknya. Maka benarlah sebuah ungkapan yang berbunyi, kejujuran itu mahal harganya. Seperti sikap dari mereka di atas yang memang mahal dan langka di negeri yang terkenal akan korupsinya ini.