Inspirasi

Kisah Nabi Sam’un, Utusan Allah yang Kerap Disebut-sebut Sebagai Samson di Dunia Nyata

Cerita tentang Samson dan Delilah seakan tidak pernah hilang di ingatan kita. Kisah cinta antara keduanya mampu membuat baper semua orang. Namun kisah romantis ini hanya sebatas cerita fiksi yang tidak mungkin terjadi dunia nyata lantaran terlalu sempurna.

Berbicara tentang Samson, Sahabat Boombastis pasti tahu kalau kekuatan terbesarnya ada pada rambutnya. Kalau dipotong, ia seolah-olah lemas tak berdaya. Nah, cerita hidup dari Samson ini nyatanya sering kali dikaitkan dengan salah satu nabi yang ada di dalam Kitab Al-Qur’an. Namanya adalah Nabi Sam’un Al-Ghozi.

Nabi Sam’un yang disamakan dengan Samson [Sumber Gambar]
Selain dari kekuatan mahkota kepalanya, keduanya juga mempunyai kemiripan lain. Adalah sama-sama bertempat tinggal di Tanah Romawi. Dari Kitab Muqasyafatul Qulub karangan Al- Ghazali, jika Nabi dari Bani Israil tersebut diutus di Tanah Romawi. Beliau ditempatkan di sana karena berperang melawan bangsa yang menentang Ketuhanan Allah SWT. Salah satunya adalah menentang Raja Israil.

Disamakan dari kekuatannya [Sumber Gambar]
Dilansir dari laman islampos.com, kalau Raja Israil tahu akan rencana yang dibuat Nabi Sam’un untuk menentangnya. Maka dari itu, Raja Israil mencari kelemahan dari Nabi Sam’un. Caranya adalah dengan membuat sebuah sayembara, bagi siapa saja yang mengetahui kelemahan dari Nabi Sam’un Al Ghozi akan diberi imbalan berupa permata berlimpah ruah.

Nabi Sam’un yang dijebak istrinya [Sumber Gambar]
Dari sana, istri dari Nabi Sam’un pun tergoda dengan permata berlimpah dari sang raja. Pada akhirnya, ia rela untuk mengkhianati suami tercintanya demi mendapatkan imbalan yang bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. Alhasil, istri dari Nabi Sam’un melaporkan kepada Raja Israil jika kelemahan dari suaminya adalah rambutnya. Pada akhirnya, Raja Israil berhasil menyiksa Nabi Sam’un tanpa ampun.

BACA JUGA: Nabi Yusya, Panglima Gagah Berani yang Mampu Menghentikan Matahari

Itu adalah kisah singkat dari Nabi Sam’un yang banyak beredar. Namun dari cerita tersebut, banyak beberapa ahli yang mengatakan jika itu hanyalah cerita fiksi yang dicampur dengan sejarah. Sementara itu, dilansir dari konsultasisyariah.com, jika Nabi Sam’un memang benar adanya. Tapi untuk bagian apakah Nabi Sam’un adalah Samson, sepertinya itu masih rancu. Sebab, sehebat-hebatnya Samson tidak akan bisa menyamai atau mengalahkan kelebihan dari seorang Nabi yang merupakan utusan Allah SWT.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

24 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago