Categories: Trending

6 Kisah Miris Tokoh Indonesia Sebelum Berhasil Meraih Kesuksesan

Melihat orang-orang sukses yang muncul di berbagai media terkadang membuat beberapa orang merasa cemburu atau sedih. Seolah-olah nasib baik lebih memilih orang-orang sukses tersebut dan bukan kita. Padahal ada kisah panjang dibalik kesuksesan tersebut.

Baca Juga : 6 Benda Kesayangan Tokoh Besar Indonesia yang Konon Menyimpan Kekeramatan

Kesuksesan tidak turun dari langit begitu saja, ada perjuangan keras yang dihadapi hingga mereka bisa berada di posisi seperti sekarang ini. Kenyataannya, beberapa tokoh ini harus mengalami perjuangan keras sebelum akhirnya bisa sukses.

1. Sandiaga Uno

Pria dengan nama lengkap Sandiaga Salahudin Uno ini adalah seorang pengusaha asal Indonesia. Ia adalah pendiri PT Saratoga Investama Sedaya dan berada di jajaran direksi beberapa perusahaan besar di Indonesia. Pada tahun 2009, ia juga tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia versi majalah Forbes.

Sandiaga Uno [Image Source]
Kesuksesannya tersebut tidak datang begitu saja. Ia pernah menjadi korban PHK pada tahun 1997 saat Indonesia mengalami krisis. Akibatnya harus menjadi pengangguran selama beberapa lama. Ia melamar pekerjaan hingga 25 kali namun selalu ditolak dan tidak mendapat apapun.

Meski begitu, ia tidak putus asa dan akhirnya menjadi konsultan keuangan dengan perusahaan yang dibangun bersama sahabatnya. Tapi tentu saja hal itu tidak mudah karena perusahaannya belum punya nama. Setelah jatuh bangun selama beberapa tahun, kini akhirnya Sandiaga Uno berhasil menikmati jerih payahnya.

2. Bob Sadino

Bob Sadino terkenal sebagai seorang pengusaha sukses dan tokoh yang menginspirasi. Pria yang sering terlihat memakai kemeja dan celana pendek ini adalah pemilik jaringan bisnis Kemchick dan Kemfood.

Bob Sadino [Image Source]
Sebelum sukses seperti sekarang ini, ia sempat mengalami kejatuhan hingga harus banting setir menjadi kuli bangunan dengan upah harian 100 rupiah. Tentu saja hal ini sangat berat baginya dan keluarga, namun dengan saran dari seorang sahabat, ia bangkit dan mencoba menjalankan bisnis telur ayam negeri. Ternyata bisnis tersebut berhasil dan ia mulai mengembangkan usaha peternakan ayam hingga bisa sukses seperti sekarang ini.

3. Martha Tilaar

Martha Tilaar bisa dibilang adalah ratu dunia kecantikan di Indonesia. Ia berhasil menjadi pengusaha sukses yang bergerak di bidang kosmetik, dan jamu dengan nama Sariayu. Ia juga memiliki usaha kerajinan di Sentolo, Yogyakarta dengan nama Prama Pratiwi Martha Galerry.

Martha Tilaar [Image Source]
Pertama kali terjun di dunia kecantikan, ia membuka salon dan membuat produk kecantikan dengan bahan alam di garasi rumah orang tuanya. Meski produknya mulai diterima beberapa orang, ia sempat ditolak ketika hendak menyewa tempat di beberapa mal dan plaza terkemuka di Jakarta. Alasannya adalah produknya dianggap bermutu rendah dan tidak berkelas.

Namun tentu saja hal itu tidak membuatnya berhenti berusaha. Ia kemudian membuat gerai jamu dan kosmetik Sariayu di daerah Kuningan Jakarta Selatan. Ternyata gerai tersebut berkembang pesat hingga punya berbagai cabang di kota besar lainnya. Usaha dengan nama Martha Tilaar Group tersebut kini sudah memiliki 11 anak perusahaan.

4. Joko Widodo

Semua orang di Indonesia tentu tahu dan kenal siapa itu Joko Widodo. Pria yang akrab dipanggil dengan nama Jokowi ini menjabat sebagai presiden Indonesia. Tapi sebelum menjadi pemimpin tertinggi Indonesia, ia sempat mengalami kesulitan hidup yang membuatnya harus bekerja keras sejak masih kecil.

Joko Widodo [Image Source]
Ia adalah anak tukang kayu yang hidup miskin sehingga sejak SD sudah terbiasa bekerja demi memenuhi keperluan sekolah dan agar bisa jajan. Ia pernah berdagang, mengojek payung, serta jadi kuli panggul. Tapi justru perjuangan kerasnya sejak kecil inilah yang akhirnya membuatnya bisa tumbuh sukses seperti sekarang ini.

5. Anne Avantie

Anne Avantie dikenal sebagai desainer nasional di Indonesia. Koleksi kebayanya begitu terkenal dan banyak disukai oleh selebriti Indonesia hingga sejumlah Miss Universe yang datang ke Indonesia. Namun saat masih sekolah, ia tidak berani memiliki cita-cita sebagai desainer karena keluarganya yang sederhana.

Anne Avantie [Image Source]
Namun dengan bakat menjahit yang diwarisi dari ibunya, ia perlahan merintis usaha dengan menjahit. Mulanya ia memulai usaha di sebuah rumah kontrakan dengan modal 2 mesin jahit. Tempat usaha pertama yang ia beri nama Griya Busana Permatasari itu membuat kostum penari dan busana malam. Baru pada tahun 2010 ia berhasil memiliki 2 butik.

6. Susi Pudjiastusi

Susi Pudjiastuti kini memang dikenal sebagai menteri kelautan dan pengusaha besar. Namun dengan latar belakang yang hanya memiliki ijazah SMP, tentu saja hal tersebut sangatlah hebat. Namun semua kesuksesan tersebut hanya bisa didapat dengan perjuangan keras.

Susi Pudjiastusi [Image Source]
Ia memulai karirnya dengan menjadi pengepul ikan di Pangandaran dengan modal yang pas-pasan. Usaha tersebut akhirnya berhasil berkembang hingga ia akhirnya mampu mendirikan pabrik pengolahan ikan. Hebatnya lagi, beliau juga merupakan sosok yang peduli dengan kemanusiaan. Saat terjadi bencana tsunami di Aceh, pesawat miliknyalah yang pertama kali tiba dan membawa bantuan.

Baca Juga : 7 Tokoh Besar Indonesia Ini Harusnya Layak Menyandang Gelar Pahlawan

Hanya diam dan menggerutu atas kesuksesan orang lain tidak akan membuat hidup kita menjadi lebih baik. Tokoh tersebut saja sempat mengalami cobaan sebelum bisa sukses berkarya dan terkenal seperti sekarang ini. Jadi jika kita juga ingin seperti mereka, hal yang harus dilakukan adalah segera berdiri dan bergerak menciptakan kesuksesan kita sendiri.

Share
Published by
Tetalogi

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago