Detective Conan adalah salah satu anime paling lawas yang pernah ada. Bayangin, anime ini muncul sejak tahun 1996, manganya sendiri sudah terbit dua tahun sebelumnya. Kalau diitung-itung sejak munculnya komik Detective Conan sendiri, setidaknya sudah sekitar 24 tahun ya. Mungkin banyak yang heran, kok bisa sih bertahan hingga puluhan tahun?

Untuk ratingnya di myanimelist sendiri tetep stabil, masih sekitar 8 ke atas. Kesimpulannya, para penonton masih sangat menyukai cerita dari Detective Conan. Bayangin ya, sinetron striping yang episode-nya sudah ratusan saja bikin bosen, kok Detective Conan yang sudah hampir 1000 episode masih banyak yang nungguin? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa penggemar nggak pernah boring nungguin kelanjutan kisah Conan.

Terbiasa ‘dekat’ dengan Conan

Detective Conan [sumber gambar]
Detective Conan sendiri muncul di Indonesia sejak tahun 2000. Anak-anak jaman dulu tentu menikmati anime-nya yang tayang di salah satu stasiun tv nasional. Meski hanya menayangkan sedikit kisah Conan, namun nyatanya anime satu ini berhasil mencuri hati anak-anak pada masa itu. Alhasil, mereka yang penasaran sama kisahnya bakal membeli komiknya yang juga terbit di Indonesia hingga saat ini. Karena penggemar bisa dibilang tumbuh dewasa bersama dengan karakter favoritnya. Karena terbiasa bersama dengan kisah Conan, makanya mereka pun nggak pernah boring ngikutin lika liku perjalanan Conan.

Ceritanya cukup ringan untuk ukuran genre misteri

Shinichi Ran [sumber gambar]
Banyak penggemar yang mengaku menikmati kisah Detective Conan karena kisahnya yang seru. Terlebih bobot konfliknya yang cukup ringan, nggak seberat kisah detective lain seperti Sherlock Holmes yang bikin penonton tegang. Nonton Detective Conan tentunya beda rasa. Sebab serial ini bisa dinikmati sambil bersantai. So, kisah Conan udah kayak cemilan yang enak dinikmati sehari-hari dan nggak bikin bosen kan? Itulah alasan kenapa anime ini tetep bikin penonton sabar nunggu kelanjutannya.

Movie yang rilis rutin tiap satu tahun sekali

Cover Conan the Movie [sumber gambar]
Yang nggak kalah menarik dari Detective Conan adalah movie-nya, Gaes. Yuph, kalau kalian pecinta anime satu ini, tentu nggak kaget kalau Detective Conan selalu ngeluarin versi movie tiap satu tahun sekali. Uniknya, movienya selalu rilis pada bulan April di Jepang. Movie juga jadi daya tarik tersendiri loh, buat para penggemarnya. Hal itu juga yang bikin eksistensi Conan begitu istiqomah, alias nggak bisa kegeser dengan anime lain.

Shinichi Kudo alias Conan udah kayak artis yang punya penggemar garis keras

Shinichi Conan [sumber gambar]
Buat para cewek yang demen nonton atau baca komik Detective Conan, salah satu alasan kenapa dia bertahan mengikuti kisah tersebut adalah karena Shinichi Kudo. Yuph, sosok ganteng yang terjebak dalam tubuh anak-anak itu memang bikin banyak pecinta anime jatuh hati. Selain menikmati cerita penuh teka-teki, kaum cewek juga naksir sama si tokoh utama. Bahkan saat Shinichi dalam bentuk mini, alias saat dia menjadi Conan. Hehe, tapi, tokoh cowok-cowok di serial ini juga banyak yang cakep sih, itu juga bisa jadi daya tarik yang luar biasa kan? Hehe…

Ada bumbu romance yang bikin salting

Shinichi Ai [sumber gambar]
Seperti kata pepatah, hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga. Anime juga sama aja, meski bukan jadi tema utama, adanya kisah romance yang melibatkan tokoh utama juga bikin penonton baper. Seperti kita tahu, Sinichi Kudo sejak awal memang pacaran sama Ran Mouri. Cuma… banyak juga sih yang khawatir dengan hubungan tersebut, sebab masih ada tokoh Ai Haibara yang juga deket sama Conan. Kira-kira, kalian lebih nge-ship siapa nih? Conan dengan Ai atau Shinichi dengan Ran?

BACA JUGA: 10 Karakter Film Anime Ini Seksi Seperti Manusia Beneran

Itulah beberapa alasan yang bikin penggemar nggak pernah boring ngikutin kisah Detective Conan. Meski sudah puluhan tahun berlalu, namun belum ada yang berhasil menggeser posisi Conan di hati para penggemar ya.