7 Karakter Jenius Terkenal yang Terinspirasi Detektif Sherlock Holmes

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Aug 20, 2015

Sherlock Holmes adalah sebuah karakter paling kuat dalam dunia detektif ciptaan Sir Arthur Conan Doyle. Selama berpuluh-puluh tahun Holmes telah membuat banyak sekali orang terkagum-kagum akan kemampuannya. Segala kasus penuh misteri tak membuatnya gentar dan selalu berakhir dengan penyelesaian yang mengesankan!

Kesuksesan ini ternyata membuat Holmes si detektif ditiru banyak karakter sesudahnya. Karakter baru ini mengambil beberapa penokohan yang kuat dari Holmes. Dampaknya, mereka jadi ikutan terkenal meski era Holmes telah berakhir lama. Siapa sajakah peniru Holmes itu, monggo kita simak bersama-sama!

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

1. William of Baskerville

William of Bakerville adalah nama seorang detektif yang muncul dalam novel yang ditulis Umberto Eco. Nama novel itu The Name of The Rose, diterbitkan pertama kali pada tahun 1980. Karakter dari William sangat mirip dengan Holmes. Terutama saat ia melakukan analisis atau dugaan dari setiap kasus yang ia terima.

Pada tahun 1986, The Name of The Rose dibuat menjadi film. Dalam film ini terlihat sangat jelas bagaimana karakter Holmes benar-benar merasuk ke dalam William. Anda yang sangat menyukai film detektif, terutama pencinta Holmes, film ini layak dinikmati. Jangan khawatir, meski film lama, isinya tak akan mengecewakan anda, bahkan bisa jadi lebih baik dari film modern!

2. Shinichi Kudo

Anda pasti mengenal dengan Shinichi Kudo. Salah satu karakter manga dan anime buatan Gosho Aoyama. Shinichi dikenal sebagai anak muda yang sangat menyukai misteri. Ia kerap membantu polisi dalam menuntaskan kasus pembunuhan yang mengerikan. Dengan kemampuan analisisnya yang sangat baik, Shinichi membuat kita melihat Holmes dalam bentuk yang lain.

Shinichi kudo [image source]
Shinichi kudo [image source]
Manga dan juga anime dengan tokoh Shinichi berjudul Detective Conan. Penjualan dari produk ini mencapai 140 juta kopi di seluruh dunia, dan diterjemahkan ke lebih dari 10 bahasa dunia. Hebat! Kesuksesan yang diterima oleh Shinichi membuat penciptanya dijuluki sebagai Sir Arthur Conan Doyle versi Jepang.

3. Hemlock Jones

Hemlock Jones adalah tokoh detektif tiruan Holmes yang memiliki keunikan. Karakter ini dikenal sangat lucu. Beda dengan Holmes yang selalu melakukan segala hal dengan sangat teliti. Meski demikian, Hemlock juga memiliki kemampuan analisis yang sama seperti Holmes. Cerdas dan selalu mendetail.

Hemlock Jones [image source]
Hemlock Jones [image source]
Hemlock Jones muncul pada sebuah cerita berjudul “The Stolen Cigar-Case” pada tahun 1902. Hemlock adalah karakter yang dibuat oleh seorang penulis bernama Bret Harte. Sejak kemunculan pertamanya di majalah Pearson, Hemlock telah mencuri banyak perhatian. Terutama gayanya yang santai dan bisa membuat kita selalu ingin senyum.

4. Harry Dickson

Pada awalnya nama dari Harry Dickson adalah Sherlock Holmes. Namun karena nama itu sudah dipakai oleh karakter asli, penerbit menggantinya dengan The King of Detectives. Novel dengan karakter ini sangat laris hingga diterjemahkan ke Bahasa Inggris lalu di jual di Amerika. Sejak saat itu nama Harry Dickson dipakai oleh penerjemah untuk menyebut Sherlock Holmes tiruan ini!

Harry Dickson [image source]
Harry Dickson [image source]
Film tentang Harry Dickson dibuat dengan budget yang sangat besar, namun sayang gagal di pasaran. Akhirnya Harry Dickson semakin tenggelam setelah melewati masa kejayaan yang gemilang. Karya-karya dengan tokoh Harry Dickson sebenarnya masih sangat banyak. Namun tak banyak orang berkeinginan untuk menerjemahkannya ke Bahasa Inggris.

5. Sherlock Hound

Sherlock Hound adalah sebuah karakter yang memiliki wujud anjing di anime berjudul sama. Hound adalah anjing yang sangat pandai dan suka memecahkan banyak masalah dengan analisanya yang handal. Ia kerap memecahkan banyak kasus sulit yang banyak orang tak mampu melakukannya. Sherlock Hound memiliki 26 episode dan tayang sejak tahun 1984 hingga 1985.

Animator Jepang dan Italian tergabung dalam animasi ini. Usaha ini ternyata membuahkan hasil. Animasi detektif anjing Hound mendapatkan banyak  penghargaan. Terlebih 6 episode awalnya dikerjakan oleh Hayao Miyazaki. Sedikit info buat anda semua, Hayao adalah maestro animasi Jepang yang filmnya sering muncul di penghargaan Oscar.

6. Sexton Blake

Sexton Blake adalah sebuah karakter yang muncul setelah Holmes dibuat mati oleh penciptanya. Blake muncul di sebuah komik strip pada koran dan juga majalah detektif mingguan. Awalnya Blake ditulis dan digambar oleh Harry Blyth, namun dalam perkembangannya sebuah tim ditugaskan untuk membuat karakter ini kian hidup.

Sexton Blake memang mengambil karakter Holmes di awal. Namun lama-lama tim penulis memutuskan untuk membuatnya lebih atraktif. Adegan action dan seting mengerikan kerap dimunculkan. Sejak debut Blake dimulai tahun 1909, karakter ini telah diadaptasi aksi panggung, drama radio, hingga TV series sejak 1967 hingga 1971.

7. Kogoro Akechi

Sekitar tahun 1920-an, banyak novel detektif dari Eropa yang diterjemahkan ke Bahasa Jepang. Namun sayang, penulis cerita fiksi detektif di negara matahari terbit ini justru sangat sedikit. Mengetahui hal ini, Taro Hirai akhirnya memutuskan untuk menjadi penulis tema misteri detektif. Ia Memiliki nama pena Edogawa Ranpon yang jika diartikan sama dengan Edgan Allan Poe. Penulis hebat dari Amerika yang mati muda tahun 1849.

Salah satu tokoh fenomenal yang diciptakan oleh Ranpo bernama Kogoro Akechi. Seorang pelajar pandai yang sangat menyukai misteri. Karakternya nyaris mirip dengan Holmes. Namun memiliki semangat yang lebih tinggi karena masih remaja. Karya-karya dari Ranpo tentang Kogoro Akechi sangat dikagumi di Jepang. Bahkan kerap digunakan untuk adaptasi cerita manga dan film. Hebat!

Tujuh karakter di atas memiliki satu kesamaan, yaitu kemampuan menganalisis masalah yang rumit. Seperti yang sering dilakukan oleh Sherlok Holmes yang sangat melegenda. So, di antara tujuh tokoh di atas, mana saja yang membuatmu penasaran? Coba deh lihat!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA