in

Dikirimi Kue karena Loloskan Tes SIM, Ini Deretan Kisah Aiptu Jailani yang Menarik Perhatian

Sosok Aiptu Jailani akhir-akhir ini mendapat sorotan dari banyak pihak. Ya bagaimana tidak Sahabat Boombastis, polisi kelahiran Jombang tersebut beberapa waktu lalu dikirimi surat oleh pemohon SIM yang dilatihnya seminggu lamanya. Bukan surat cinta lho ya, melainkan ucapan terima kasih yang cukup mengharukan.

Tak hanya itu, pemohon SIM bernama Wisely tersebut juga memberikan kue black forest kepada Aiptu Jailani. Uh, cukup so sweet ya. Eh tapi Sahabat Boombastis tahu tidak kalau sebenarnya Aiptu Jailani ini salah satu polisi yang terkenal lantaran kebijaksanaannya dalam bertugas. Sehingga polisi kelahiran tahun 1969 ini sering sekali mendapat pujian dari warga Indonesia. Emang apa saja sih yang pernah beliau lakukan?

Berani menilang istri yang langgar rambu Car Free Day

Di tahun 2012 lalu, Aiptu Jailani sedang bertugas di area Car Free Day (CFD). Bertepatan dengan itu, sang istri bernama Rahmawati tidak sengaja melintasi area yang tidak boleh dilalui oleh kendaraan bermotor. Memang pada saat itu, Rahmawati sudah diarahkan ke luar area oleh anggota kepolisian yang lain.

Ilustrasi menilang istri sendiri [Sumber Gambar]
Namun, sayang seribu sayang, kegiatan tersebut berhasil dicyduk oleh Aiptu Jailani. Meski ia mengetahui orang tersebut adalah belahan jiwanya, tapi tak membuat polisi satu ini ragu untuk menilangnya. Tapi untung saja hari itu hanya tilang simpatik saja, sehingga tidak membuat sang istri berhadapan dengan meja sidang.

Perwira Polda Jawa Timur yang dibuat bungkam oleh Aiptu Jailani

Selain istrinya sendiri, Aiptu Jailani juga sempat menegur salah satu Perwira Polda Jawa Timur lho. Pada awalnya, ia melihat sebuah mobil yang berhenti tepat di bawah rambu larangan parkir. Kemudian, keesokan harinya, Aiptu Jailani mendatangi rumah dari perwira tersebut.

Ilustrasi menilang mobil parkir di bawah rambu larangan [Sumber Gambar]
Bukannya disambut baik, polisi kelahiran tanggal 10 November tersebut malah dimarahi oleh perwira tersebut. Bahkan dirinya diancam akan dilaporkan ke Kapolres Gresik atas kelakuannya itu. Tapi dengan sabar Aiptu Jailani menjelaskan maksud dari kedatangannya dan alhasil perwira tersebut maklum atas tindakan yang dilakukan oleh polisi Gresik itu.

Berhasil menangkap Anggota KPK yang ketahuan menerobos lampu merah

Salah satu peristiwa yang tak kalah mengejutkan adalah Aiptu Jailani menilang salah satu Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ceritanya, polisi yang mempunyai dua anak tersebut melihat sebuah mobil melaju pada waktu lampu merah menyala. Sontak hal ini membuat Aiptu Jailani meradang dan menghentikan mobil tersebut.

Ilustrasi mobil terobos lampu merah [Sumber Gambar]
Tapi, bukannya pengemudi minta maaf, ia mengeluarkan uang Rp50 ribu sebagai tanda damai. Nah, sebagai polisi yang baik, Aiptu Jailani dengan tegas menolak uang pemberian tersebut dengan baik. Namun pengemudi tersebut tak menyerah, ia langsung mengeluarkan kartu tanda Anggota KPK supaya ia lolos dari tilangan tersebut. Melihat hal itu, Aiptu Jailani tetap saja memprosesnya karena itu sudah melanggar aturan. Ya meskipun di Anggota KPK sekalipun.

BACA JUGA : 4 Kisah Kebaikan Polisi yang Jarang Diketahui Publik

Wah keren banget ya polisi satu ini. Di kala banyak fenomena polisi yang doyan melakukan pungli, ia tetap kekeuh pada pendiriannya. Bahkan demi menjaga nama baik kepolisian, ia berani untuk memberi teguran pada siapapun yang bersalah walaupun itu adalah istrinya sendiri. Sukses selalu Aiptu Jailani, semoga perbuatanmu bisa dijadikan contoh oleh para polisi di luar sana.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Resmi Pensiun dari Dunia Balap, Inilah 4 Kisah Manis Dani Pedrosa di MotoGP

Laris Manis di Nigeria, 5 Rasa Indomie Ini Malah Tak Dijumpai di Tanah Air