4 Kisah Kebaikan Polisi yang Jarang Diketahui Publik

oleh Rizal
13:15 PM on Oct 13, 2015

Jujur saja, kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian sudah mencapai tahap yang mengenaskan. Ya, kini orang-orang sudah tidak begitu menghormati keberadaan organisasi pemerintah yang tugasnya adalah mengayomi masyarakat tersebut. Polisi sekarang masih saja selalu diidentikkan dengan uang damai, suap, tanggapan layanan masyarakat yang mengecewakan dan sebagainya.

Baca Juga : 7 Super Car Gila yang Hanya Dimiliki Kepolisian Dubai

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Tidak menampik mungkin ada segelintir yang seperti itu, namun tak boleh menutup mata juga jika ada begitu banyak polisi yang keren luar biasa. Mereka profesional dan benar-benar mengaplikasikan semua sumpah dan janji baktinya. Bahkan mungkin ada pula yang sampai mengorbankan nyawa dan kita tidak pernah akan hal tersebut.

Saatnya kita reset ulang pikiran aneh-aneh tentang polisi di Indonesia. Berikut adalah deretan kisah inspiratif dan menyentuh para polisi yang jauh dari hal-hal buruk seperti yang kita pikirkan.

1. Hoegeng, Polisi Paling Jujur di Indonesia

Hanya ada tiga polisi yang jujur, polisi tidur, patung polisi dan Hoegeng. Begitulah yang pernah diucapkan mantan presiden kita Gus Dur tentang sosok polisi satu ini. Pertanyaannya, apakah Hoegeng adalah sosok polisi yang benar-benar jujur? Ya. Jawaban singkat ini pasti akan membuatmu bertanya-tanya hal hebat apa sih yang pernah dilakukan polisi tersebut.

Hoegeng, polisi ini jadi bukti nyata jika aparat jujur bukan mitos [Image Source]
Hoegeng, polisi ini jadi bukti nyata jika aparat jujur bukan mitos [Image Source]
Ada begitu banyak kejujuran yang dilakukan pria bernama lengkap Hoegeng Imam Santoso ini. Misalnya saja, ia pernah menolak sebuah rumah yang lengkap dengan isinya ketika menjabat sebagai Kapolda Sumatra Utara pada tahun 1965 lalu. Ia bahkan mengeluarkan perabotannya di pinggir jalan begitu saja. Hoegeng juga pernah mengembalikan dua buah motor Lambretta gara-gara ia tidak tahu pengirimnya. Intinya, pria ini sama sekali tidak akan mengambil apa yang bukan haknya. Bahkan Hoegeng juga menerapkan pelajaran kepada anak-anaknya untuk tidak sekali-kali memanfaatkan jabatan ayahnya. Istrinya sendiri tidak pernah ikut dalam kunjungan kerja ke luar negeri karena Hoegeng melarangnya.

Soal kinerja, Hoegeng juga patut diacungi jempol. Ada berbagai kasus besar yang pernah ia kuak. Termasuk pemerkosaan Sum Kuning yang melegenda itu, hingga penyelundupan mobil yang dilakukan oleh Robby Tjahjadi. Hoegeng benar-benar sosok polisi impian yang kiprahnya sangat fenomenal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA