PT INKA Indonesia kembali menorehkan sejarah baru seiring dengan beroperasinya Kereta Diesel Multiple Unit (DMU) buatannya, yang dibeli oleh Perusahaan kereta nasional Filipina, Philippine National Railway (PNR). Dilansir dari Dunia.tempo.co, dua set kereta api tersebut merupakan pembelian yang dilakukan pada tahun lalu.

Sebagai bentuk uji coba, dua unit DMU tersebut dijalankan ari Stasiun Dela Rosa hingga Stasiun Tutuban, Manila. Sebagai produsen kereta api, produk PT Inka Indonesia telah memang dikenal berkualitas sehingga menarik minat dari negara-negara lain untuk membeli. Seperti dua unit MDU yang kini beroperasi di Filipina, simak selengkapnya berikut ini.

PT INKA Indonesia berhasil meraih kontrak sebesar Rp792 miliar dari BUMN Filipina

Kereta MDU yang dikirim ke Filipina [sumber gambar]
PT INKA sukses mengirimkan dua unit kereta Diesel Multi Unit yang kini telah menjalani uji coba di Filipina beberapa waktu lalu. Proyek senilai Rp792 miliar ini merupakan ekspor tahap  pertama, di mana pihak PNR telah memesan total sekitar 6 rangkaian kereta DMU, yakni lokomotif dan 15 kereta penumpang.

Pejabat pemerintahan Filipina hingga media setempat sangat antusias saat uji coba

Uji coba yang berlangsung rupa-rupanya mengundang antusiasme dan rasa kagum dari pihak Filipina. Baik dari pejabat maupun media lokal, tampak menaiki kereta MDU buatan PT INKA tersebut. Selama uji coba berlangsung, perjalanan sangat lancar tanpa ada kendala apa pun.

Kereta api buatan RI yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan transportasi rakyat Filipina

Kereta MDU produksi PT INKA Indonesia yang digunakan oleh Filipina [sumber gambar]
Meski belum dibuka untuk umum, keberadaan kereta MDU baru tersebut ke depannya bakal memenuhi kebutuhan masyarakat Filipina. Terlebih, Arthur Tugade selaku Transportation Secretary Filipina mengatakan bahwa momen tersebut merupakan tanda perubahan di sektor perkeretaapian Filipina.

Pemerintah Filipina tambah rute kereta seiring dengan kedatangan gerbong buatan PT INKA

Kereta baru asal Indonesia yang dibeli pemerintah Filipina [sumber gambar]
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, PNR memesan 6 rangkaian kereta (trainset) DMU dan 3 lokomotif dan 15 kereta penumpang. Alhasil, pemerintah Filipina pun menambah jalur kereta untuk mengakomodasi hal tersebut. “Sebelumnya Presiden Duterte berasumsi 17 rute. Ternyata kini beroperasi hingga 36 rute,” kata Tugade, di Manila, Filipina yang dikutip dari Kumparan.com.

BACA JUGA: Gak Melulu Impor, Ternyata 4 Negara Ini Diam-diam Doyan Beli Kereta Api Indonesia

Dengan beroperasinya kereta api buatan PT INKA Indonesia di Filipina, hal ini tak hanya menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi perusahaan pelat merah tersebut, tapi juga bukti bahwa Indonesia bisa menjadi produsen kereta dalam skala internasional. Salut sekaligus bangga ya Sahabat Boombastis.