Sebuah berita bagus bagi Indonesia lantaran beberapa waktu yang lalu U-19 dapat mengalahkan tim gajah Thailand dengan skor telak 3-0. Bukan hanya kemenangan dalam angka namun berbagai pujian pun mengalir dari mulut pelatih dan pemain Thailand masalah antusias supporter Indonesia. Ya, kekompakan dan solidaritas supporter Indonesia memang tidak perlu ditanyakan lagi.

Namun demikian, rupanya supporter Thailand pun juga masuk jajaran penggemar terbaik di kawasan Asia. Namun uniknya, jika supporter Thailand ini bertemu Indonesia, bukannya terjadi rivalitas, yang ada malah saling dukung dan respek antar masing-masing. Tidak percaya? Berikut bukti kemesraan supporter Indonesia dan Thailand saat sedang berlaga.

Saling balas yel-yel antara Indonesia dan Thailand

Pada kesempatan piala AFF beberapa waktu yang lalu, rupanya ada kejadian lumayan mencengangkan terjadi saat timnas Indonesia berhadapan dengan Thailand. Pasalnya rupanya salah satu pemain Indonesia sempat menendang bola pada bangku pemain Thailand lantaran kesal karena beberapa pelanggaran. Namun yang lebih menjadi perhatian adalah saat ketika pertandingan selesai, bukannya ketegangan atas aksi salah satu pemain yang berbuat kasar, malah yang terjadi adalah kejadian mengharukan.

Bayangkan saja, setelah laga panas yang sempat terjadi, baik Thailand maupun Indonesia saling menunjukkan respek pada masing-masing. Ya, supporter Indonesia dengan lantang menyebutkan kata “Thailand” secara lantang dan bersamaan. Sebaliknya, sebagai balasan, supporter Thailand menyebutkan kata “Indonesia” dengan kerasnya. Dalam stadion pun jadi menggema karena ulah dua supporter ini. Hal ini tentunya bukti bagaimana suportivitas para supporter yang sudah terbentuk.

Syal supporter Thailand dengan bendera Indonesia

Ternyata tidak hanya melalui jargon dan yel-yel, rupanya supporter Thailand menunjukkan rasa suportivitas dan persahabatannya melalui atribut. Ya, hal itu dibuktikan saat salah satu supporter Thailand yang menunjukkan syal kebanggaannya pada media. Uniknya dalam syal tersebut tidak hanya bergambar lambang bendera Thailand, melainkan juga sang saka merah putih yang dijejerkan sebagai simbol persahabatan.

Para supporter Thailand ini mengaku senang saat timnasnya melawan Indonesia, karena pada dasarnya perlakuan para supporter bumi pertiwi sendiri memang lebih baik ketimbang negara lain. Dia berharap baik Indonesia dan Thailand dapat selalu berteman akrab masalah supporter ini.

Tidak terima jika yang lain dicurangi

Sepertinya saling respek antara dua supporter ini sudah menjelma menjadi aksi solidaritas. Buktinya saat dilakukannya piala AFF beberapa waktu yang lalu, rupanya supporter Thailand mengaku tidak terima dengan apa yang terjadi saat pertandingan Indonesia dan Vietnam. Usut punya usut, rupanya Timnas Vietnam waktu itu sempat bermain kasar dengan melakukan tendangan ke pemain.

Indonesia Thailand

Ya, seperti yang diketahui, bukan hanya supporter Indonesia, bahkan ultra Thailand pun ikut  mengecam hal tersebut. Melalui akun media sosialnya salah satu supporter Thailand mengatakan, “Vietnam play kickboxing, Indonesia play football, referee=s***t,”. Melihat saling solidaritas antar dua supporter, jadi bukan hal yang aneh kalau dalam suatu kejuaraan masing-masing tim berharap saling bertemu di final.

Keakraban yang sangat jarang ditemui

Mungkin dalam dunia sepak bola yang namanya rivalitas antar para supporter adalah suatu hal yang wajar. Misalnya Indonesia dan Malaysia atau MU dengan Liverpool. Namun demikian, sepertinya hal itu tidak terlalu terlihat saat Indonesia dan Thailand sedang berlaga.

Akrab satu sama lain [image source]
Yang ada malah keakraban antara kedua supporternya yang sedang mendukung tim masing-masing. Bahkan sejak pertama kali datang ke stadion, baik supporter Indonesia maupun Thailand akan dijamu sangat hangat oleh tuan rumah. Hal inilah yang seharusnya mesti ditiru oleh beberapa fans fanatik tim bola lainnya.

Bukan hal yang aneh sih kalau pertandingan bola antara kedua negara ini selalu berakhir damai, bahkan mala bikin haru. Ya, sepatutnya perilaku yang seperti ini pula yang perlu dipraktikan dalam pertandingan klub-klub dalam negeri. Rivalitas dan fanatis dalam bola memang penting, asal tidak sampai membawa keributan.