Buah hati adalah anugerah yang didamba setiap pasangan yang sudah berkeluarga. Dengan adanya anak, diharapkan kelak akan menjadi tumpuan di hari tua dan juga jadi orang yang mendoakan ketika sudah tiada kelak. Tapi sepertinya, kondisi ekonomi yang sulit membuat beberapa orang lupa status sebagai orangtua.

Tak sedikit kasus eksploitasi anak di negeri ini. Bahkan, di tahun 2018 yang baru dimulai ini, begitu banyak kasus yang menampar hati nurani. Misalnya saja, empat kasus yang heboh, bahkan membuat dunia sosial media jadi gempar.

Balita tergeletak lemas di lantai minimarket, bapak ngitung duit

Bayi tertidur di lantai [sumber foto]
Kisah bayi lemas di lantai minimarket pertama kali dibagikan oleh akun instagram Nana Marlena. Tanpa sengaja ia melihat seorang bayi yang terduduk di lantai dengan lemas, seakan nggak sanggup menahan kantuk. Diduga, bayi tersebut diberikan obat penenang agar tidak rewel. Infonya, bayi tersebut merupakan anak sewaan yang digunakan untuk mengamen. Hanya selang sehari setelah video tersebut viral, akhirnya pihak polres Jakarta Pusat berhasil menangkap Zafrul, pria yang tega membiarkan bayi tergeletak begitu saja di lantai minimarket. Saat ditangkap, Zafrul mengaku jika bayi tersebut anaknya sendiri.

Siapkan bayi sebagai tumbal pesugihan

bayi untuk tumbal [sumber foto]
Yang namanya hal mistis seperti pesugihan memang masih dipercaya oleh mayoritas masyarakat di Indonesia. Begitu juga dengan si pengguna Facebook bernama Rio Saputra. Pria tersebut bukan hanya sekali, namun berkali-kali mengunggah foto bayi dengan caption yang tidak sepantasnya. Pasalnya, di statusnya dia menulis sedang ingin mencari pesugihan dan minta netizen untuk memberikan info. Rio juga mengaku sudah menyiapkan bayinya yang masih berusia satu tahun sebagai tumbalnya. Meski mendapat banyak kecaman dari netizen lain, nyatanya pria satu ini tidak terlihat gentar. Rio malah mengaku jika niatnya sudah mantap, bahkan melarang netizen berkomentar yang macam-macam. Haduh, bapak macam apa coba?

Beri bayi 9 bolan rokok, situ sehat pak?

ayah beri anak rokok [sumber foto]
Umumnya orangtua, pasti suka mengunggah foto buah hati mereka. Namun, berbeda dengan seorang Ayah asal desa Tlomar, Bangkalan. Awal Februari lalu, netizen juga dihebohkan dengan postingan salah satu netizen. Dalam foto tersebut, terlihat si bayi tengah diberi rokok yang masih menyala. Netizen yang melihat foto tersebut tentu saja geram. Pasalnya, rokok dinilai sangat berbahaya, terlebih bagi balita yang harusnya mendapat perlindungan ekstra. Akibat viralnya foto tersebut, akhirnya polisi pun mengamankan Muzammil yang dianggap melakukan kesalahan dalam mendidik anak. Sang ayah mengaku jika kelakuannya tersebut hanya iseng, namun siapa sangka jika keisengan tersebut membuat pria 36 tahun tersebut harus berurusan dengan polisi.

Disekap di sebuah hotel

bayi disekap di Solo [sumber foto]
Kejadian bermula pada tanggal 18 Februari kemarin. Seorang karyawan hotel tanpa sengaja mendengar suara rintihan dari salah satu kamar. Karena penasaran, karyawan bernama Joko itu pun akhirnya mendatangi kamar yang disewa itu. Karena merasa tak tahan dengan rasa penasaran, akhirnya Joko nekat memaksa masuk dan melihat seorang balita yang dengan kondisi tangan dan kaki terikat. Korban baru bisa teriak setelah lakban di mulutnya terlepas. Saat ditemukan, balita tersebut hanya sendiri di kamar. Setelah melaporkan kejadian tersebut ke polisi, diketahui bahwa pelaku penyekapan tersebut dilakukan oleh ayah tiri korban.

Dengan adanya beberapa kasus di atas, semoga membuat kita lebih peka dengan sekitar. Jangan biarkan jika ada orangtua yang yang melakukan tindakan tak sepantasnya, karena mereka para balita juga memiliki hak perlindungan. Kepedulian adalah awal pencegahan dari suatu kejadian yang buruk.