Categories: Trending

7 Fenomena Kelakuan Anak Kost Masa Kini

Semakin hari tingkah anak remaja masa kini hanya bisa membuat orang tua gelisah. Kalau masih mudanya sudah banyak tingkah aneh yang dilakukan, kira-kira gimana ya di masa depan nanti? Walaupun nggak semua tindakan yang dilakukan negatif, tapi ada kalanya kebiasaan-kebiasaan ini melekat pada anak kost.

Baca Juga : 10 Bencana yang Bisa Membuat Manusia Punah Sebelum Kiamat Datang

Ada anak kost yang gampang kangen rumah, ada juga yang merasa bebas ketika sudah jauh dari pengawasan orang tua. Nah, seperti apa ya fenomena anak kost-an belakangan ini. Coba cek informasi berikut ini.

1. Tidur Pagi, Bangun Kesiangan

Siapa yang tidak suka bangun molor hingga menjelang tengah hari. Ditambah lagi ketika hari Minggu datang. Hari biasa saja bangun 15 menit sebelum berangkat kuliah/ngantor apalagi sudah masuk musim libur. Seperti itulah gambaran hidup anak kost saat ini. Gimana enggak, kebanyakan anak kost meski punya jam malam, bisa saja hangout sampai dini hari, atau begadang sampai dini hari.

Bangun Siang[image source]
Berbeda sekali dengan kehidupan anak rumahan. Ketika jam 6 semua anggota keluarga harus bangun dan melakukan aktivitas. Apalagi anak perempuan. Menurut orang Jawa, pamali jika mereka bangun setelah matahari terbit.

2. Pulang Malam

Jaman sekarang ini, banyak banget event, cafe dan tempat nongkrong yang menggoda untuk dikunjungi meski dengan kocek ala mahasiswa. Apalagi kalau ikut komunitas sepeda atau sejenisnya yang sering keluar di malam hari. Wah, bisa lupa pulang ke kost-an tuh.

Pulang Malam[image source]
Memang ketika jadi anak kosan, semuanya bisa berubah. Berangkat dan pulang kapanpun TERSERAH, apalagi jam malam yang tidak ada batasan (buat mereka yang memang cari kost tanpa jam malam). Tapi jangan salah sangka, beberapa rumah kosan sekarang memberlakukan jam malam loh.

3. Cucian Menggunung

Bukan hanya bangun yang malas, tapi mencuci baju juga bisa berminggu-minggu menunggu keajaiban. Bagi anak kos perempuan, baju patut dirawat seperti merawat diri,  jadi kebersihan baju menjadi prioritas utamanya. Tapi bagaimana dengan para remaja lelaki yang biasanya baju harus dicucikan ibunya?

Cucian Menggunung[image source]
Kebanyakan dari mereka malah malas mencuci dan membentuk gunungan baju dibelakang pintu kamar. Baru bersih ketika mereka menggunakan jasa laundry atau meminta pacarnya yang mencucikan bajunya. Siapa nih yang pernah masuk kost-an pacar dengan bau keringat lelaki yang khas? Mungkin kalian pernah melihat pemandangan ala bujangan itu, bahkan sudah bagaikan asisten rumah tangga yang rutin bersihin kamarnya sampai wangi kembali.

4. Makan Porsi Kuli

Namanya juga anak kost. Jatah uang saku datang di awal bulan dan akan menipis di pertengahan bulan. Sehingga akhir bulan makanan apapun yang mampir dikamar kos bakal langsung habis. Bukan hanya para laki-laki yang doyan makan porsi besar tapi anak kost perempuan juga bisa.

Doyan Makan[image source]
Kebetulan kebanyakan orang Indonesia makan nasi, termasuk anak kost. Sebagian besar anak kost punya prinsip, ‘nggak makan kalau belum pakai nasi’ dan mungkin porsinya kuli banget. Makan mie itu hanya sebagai cemilan belaka. Karena kekeluargaan yang semakin kental antar teman kos, adapula dari mereka yang makan satu piring untuk berdua. Selain uang yang nipis juga untuk berhemat membeli makan untuk esok hari.

5. Nyampah

Bukan hanya doyan makan saja. Anak kos biasanya juga doyan nimbun barang, jarang ada kamar kos bersih dan rapi. Jika di rumah ada orang tua yang mengomel untuk membereskan kamar dan mengganti sprei berbeda dengan kamar kos. Seperti pemandangan di bawah ini, yang hanya akan berubah mungkin di saat orang tua datang menjenguk

Nyampah[image source]
Kamar kos seperti ini sering disebut dengan ‘kapal pecah’. Bukan hanya sisa makanan kemarin yang masih numpuk di pojok kamar, tapi ada pula baju kotor yang ditumpuk dengan baju bersih. Ada juga yang merokok dalam kamar sehingga putung rokok berserakan di lantai kamar. Kalau kita mau teliti, kadang ada juga anak kost yang uang recehnya kececeran di kamar. Ternyata ketika dikumpulin, jumlahnya sudah bisa buat bayar kost-an lagi bulan depan.

6. Malas Mandi

Bukan hanya ketika liburan. Untuk kerja atau kuliah biasanya mereka jarang mandi di pagi hari, dengan alasan dingin terkena air atau takut telat. Bahkan ada juga yang pakai alasan ‘global warming’ sehingga kita perlu hemat air. Memang malas tidak akan hilang dari ucapan mereka. Tapi itulah uniknya anak kos.

Malas Mandi[image source]
Tak jarang dari mereka mandi hanya satu kali dalam sehari dan tidak mandi ketika hari libur. Kebiasaan ini cukup menular, bahkan bisa terbawa sampai ke rumah juga.

7. Ngutang

Bukan jamannya kalau tidak mengikuti trend yang sedang berkembang. Begitu juga para anak kos yang keranjingan barang baru. Kiriman awal bulan bakal ludes terbawa belanja di mall atau belanja online. Apalagi para perempuan.

Ngutang[image source]
Alhasil, pertengahan bulan menjadi masa kritis dan terseok-seok karena kekurangan pasokan uang. Dan inilah saatnya memanfaatkan teman untuk meminjam uang atau meminta traktir untuk mencukupi berbagai macam kebutuhan. Nominalnya kadang bisa mencapai jutaan, karena anak kost sekarang cukup kreatif dalam menggunakan dan menghasilkan uang. Sistem pembayarannya pun agak lebih bersahabat tentunya. Tapi, banyak juga yang punya kisah ‘buntung’ karena utang-utangan antar anak kost.

Baca Juga : 11 Foto yang Diambil Sesaat Sebelum Nasib ‘Apes’ Melanda

Fenomena di atas hanya gambaran umum yang sering kita temukan dalam kehidupan anak kost. Tapi, ada juga dari mereka yang lebih rajin mecari uang untuk bisa mencukupi kebutuhan dan menghindari pemborosan. Menurutmu apa lagi tingkah yang biasa dilakukan anak kost??

Share
Published by
titi

Recent Posts

Ada-Ada Saja, Orang Jatim Ini Mau Jual Ginjalnya Buat Modal Nyaleg

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya kampanye sangatlah mahal. Kebutuhan kampanye memang membutuhkan banyak biaya.…

3 months ago

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Ribuan Warga Telah Diungsikan

Salah satu gunung berapi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, baru saja meletus. Mengeluarkan…

3 months ago

Kiky Saputri Umumkan Kehamilan Anak Pertamanya Saat Sedang Liburan di London

Kebahagiaan sedang menyelimuti Kiky Saputri dan suaminya, Muhammad Khairi atau yang akrab disapa Poy. Menikah…

3 months ago

Ibunda Maxime Bouttier Meninggal di Rumah Luna Maya, Sang Kekasih Selalu Mendampingi

Kabar duka tengah menyelimuti aktor Maxime Bouttier. Ibunda tercintanya telah pergi untuk selama-lamanya. Setelah melawan…

3 months ago

Nahas! Gedung Karaoke New Orange di Tegal Kebakaran, 6 Pemandu Lagu Meninggal

Kejadian nahas terjadi di salah satu tempat karaoke di Tegal. Ialah New Orange di Jalan…

3 months ago

Bos Gembong Narkoba Kabur dari Penjara Sebabkan Kekacauan Terjadi di Ekuador AS

Kekacauan terjadi di Ekuador, Amerika Serikat beberapa waktu belakangan. Pembajakan stasiun TV, penyanderaan, sampai penjarahan…

3 months ago