in

Bos Gembong Narkoba Kabur dari Penjara Sebabkan Kekacauan Terjadi di Ekuador AS

Kerusuhan Terjadi di Ekuador

Kekacauan terjadi di Ekuador, Amerika Serikat beberapa waktu belakangan. Pembajakan stasiun TV, penyanderaan, sampai penjarahan terjadi di mana-mana. Hal-hal mengerikan ini dilakukan oleh sekelompok geng bertopeng yang juga membawa senjata. Ada apa di Ekuador? Berikut ulasan selengkapnya.

Pentolan Gangster Kabur dari Penjara

Adolfo Macias, atau lebih dikenal sebagai “Fito”, merupakan gembong narkoba dan pentolan salah satu gangster paling terkenal di Ekuador. Sejak tahun 2011 lalu, ia harus menjalankan hukuman 34 tahun penjara karena kasus perdagangan narkoba dan pembunuhan.

Gembong Narkoba Adolfo Macias
Sosok Adolfo Macias [Sumber Gambar]
Namun, pada Minggu (7/1) lalu, Fito kabur dari tahanan. Setelahnya, kerusuhan pun terjadi di mana-mana. Sedikitnya ada 6 penjara di Ekuador, di mana para penjaga disandera oleh para tahanan. Pemerintah pun mengumumkan keadaan darurat nasional selama 60 hari untuk negaranya sejak Senin (8/1).

Siaran Langsung di TV Dibajak

Bukan saja kerusuhan yang ada di penjara. Kelompok bersenjata melakukan penyerangan ke berbagai tempat lain. Mereka melakukan penyerangan ke lembaga publik hingga kampus. Bahkan, belasan pria bertopeng yang membawa senjata dan bahan peledak, membajak saluran TV dengan menerobos saat siaran langsung berita tengah berlangsung.

Kerusuhan Terjadi di Ekuador
Penyanderaan saat siaran berlangsung [Sumber Gambar]
Kejadian ini terjadi pada Selasa (9/10) di jaringan TV TC di kota pelabuhan Guayaquil. Mereka menyandera sejumlah kru dan terekam siaran langsung. Mereka mengatakan membawa bom dan terdengar suara-suara tembakan selama beberapa lama.

Buntut dari Kaburnya Gembong Narkoba

Beruntung tak ada korban jiwa dalam pembajakan siaran langsung dan penyanderaan tersebut. Setelah sekitar 30 menit penyanderaan berlangsung, polisi datang dan menangkap para pelaku. Para warga sipil dievakuasi dan diamankan. Ada 13 orang yang ditangkap dan mereka akan dihukum didakwa melakukan terorisme.

Kerusuhan Terjadi di Ekuador
Para pelaku telah ditangkap polisi [Sumber Gambar]
Melihat kekacauan yang terjadi di negaranya, pemerintah pun segera memerintahkan militer untuk memulihkan keamanan. Belum diketahui siapa dalang serangan tersebut dan yang membuat kekacauan di Ekuador ini. Namun, insiden ini terjadi setelah “Fito” kabur dari penjara.

BACA JUGA: Carrillo Fuentes, Mantan Gembong Narkoba yang Meninggal di Meja Operasi

Semoga penjarahan dan serangan segera ditangani oleh pemerintah dan militer agar warga sipil Ekuador kembali merasakan ketenangan.

Written by H

Kasus pemindahan tiang listrik 11 juta

Seorang Warga Sidoarjo Diminta Bayar 11 Juta untuk Pindah Tiang Listrik di Lahannya

Gedung Karaoke New Orange Kebakaran

Nahas! Gedung Karaoke New Orange di Tegal Kebakaran, 6 Pemandu Lagu Meninggal