in

Seorang Warga Sidoarjo Diminta Bayar 11 Juta untuk Pindah Tiang Listrik di Lahannya

Kasus pemindahan tiang listrik 11 juta

Belakangan, ramai mengenai seorang warga diminta membayar sejumlah biaya yang jumlahnya cukup besar untuk memindahkan tiang listrik yang berdiri di depan rumahnya. Tidak tanggung-tanggung, biaya tersebut mencapai Rp11 juta. Bagaimana sih duduk perkaranya? Dan mengapa biaya yang diperlukan sangat tinggi? Berikut ulasannya.

Pemindahan Tiang Listrik Sebesar 11 Juta

Siti, seorang warga Desa Sukorejo, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, ingin memindahkan tiang listrik yang berdiri tegak di depan rumahnya. Tiang listrik tersebut berada di lahan miliknya. Ia ingin menggesernya dari bagian depan ke samping rumah. Jika diukur, jarak pindahnya tidak sampai 2 meter.

Kasus pemindahan tiang listrik 11 juta
Siti disurati PLN [Sumber Gambar]
Namun, ternyata biaya yang dibebankan kepada dirinya untuk proses pemindahan tiang listrik tersebut bukan main jumlahnya. Ia disurati PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) setempat mengenai biayanya. Sebesar Rp11 juta harus dibayarkan Siti untuk proses tersebut.

Awalnya Sebesar 16 Juta

Video saat ia mengeluhkan biaya yang begitu besar tersebut, kemudian viral dan mendapat perhatian banyak warganet. Ternyata, upaya pemindahan tiang listrik ini sudah ia tempuh sejak Desember 2022. Awalnya, ia diminta membayar sebesar Rp16 juta. Setelah itu, ia meminta keringanan ke PLN UP3 Sidoarjo namun tidak ditanggapi hingga Desember 2023.

Kasus pemindahan tiang listrik 11 juta
Sosok Siti warga Sidoarjo yang teras rumahnya berdiri tiang listrik [Sumber Gambar]
Sempat turun menjadi 7 juta, Siti tetap meminta keringanan menjadi Rp5 juta. Bukannya turun, ia malah disurati untuk membayar biaya sebesar Rp 11.044.512. Padahal, jika memang mendapat keringanan menjadi Rp5 juta saja, Siti tetap harus berusaha mencari pinjaman keluarga untuk membayarnya. Maka itu, Rp11 juta untuk pemindahan tiang listrik itu sangat besar baginya.

Pemindahan Butuh Biaya Besar

Kasus pemindahan tiang listrik 11 juta
Rumah Siti [Sumber Gambar]
Namun ternyata, pemindahan tiang listrik tidak sesederhana itu. Menurut PLN setempat, proses pemindahan tiang listrik itu bisa memadamkan listrik untuk lebih dari 100 ribu pelanggan di Sidoarjo. Maka itu, pembangunan kembali tiang listrik butuh percepatan. Material dan jasa untuk pemindahan pun dihitung kemudian menjadi Rp11 juta. Biaya tersebut dibayarkan melalui saluran pembayaran resmi.

BACA JUGA: Viral Tiang Listrik ‘Berdiri’ di Tengah Jalan, Kata Netizen: Buat Belajar Ujian SIM C Bisa Nih!

Siti dan keluarga, juga banyak warganet pun tetap menganggap bahwa pemindahan tiang listrik tersebut sangat mahal. Terlebih, tiang listrik tersebut berdiri di lahan rumah Siti sendiri.

Written by H

Aplikasi disalahgunakan untuk selingkuh

Lagi Ramai soal Selingkuh di Discord, Ini 5 Aplikasi yang Sering Disalahgunakan

Kerusuhan Terjadi di Ekuador

Bos Gembong Narkoba Kabur dari Penjara Sebabkan Kekacauan Terjadi di Ekuador AS