Kabar mengejutkan datang dari Awkarin beberapa hari lalu. Setelah dunia maya dihebohkan dengan kabar Reza Arap Oktovian menutup kanal YouTube-nya, Awkarin pun melakukan hal yang sama pada akun instagramnya. Hal ini ditandai dengan digantinya nama instagram Awkarin, dari Karin Novilda ke bye bye instagram.

Netizen pun syok, karena dengan 3 juta lebih pengikut yang dimiliki Awkarin, satu hari saja ia bisa menghasilkan jutaan rupiah. Awalnya, netizen mengira tutup akun instagram Awkarin hanyalah sebatas sensasi, seperti yang dilakukan Reza Arap Oktovian. Namun ternyata, apa yang dilakukan Awkarin pasca non-aktif dari kehidupan dunia mayanya sanggup membuat netizen ternganga.

Apa yang sebenarnya dilakukan Awkarin?

Disebut Ratu Endorse tak membuat Awkarin berpikir panjang dengan keputusannya meninggalkan kehidupan selebgramnya. Pemilik nama asli Karin Novilda ini menyatakan bahwa vakumnya ia dari gemerlap dunia maya dikarenakan dirinya ingin fokus melakukan banyak hal dalam kehidupan aslinya. Respon netizen atas pernyataannya adalah “halah, paling hanya pencitraan.”

Awkarin tutup akun instagram [sumber gambar]
Namun, foto-foto Awkarin yang baru saja beredar viral di media sosial sanggup membungkam para netizen. Beberapa akun gosip di instagram pun ikut membagikan foto yang diunggah oleh akun @sekolahrelawan tersebut. Tampak Awkarin sedang berada di Palu untuk menyalurkan bantuan kepada para korban di sana.

Sekedar pencitraan di Palu?

Apa yang dilakukan Awkarin di Palu sebenarnya? Apakah hanya sekedar pencitraan? Jawabannya bisa Sahabat Boombastis interpretasikan sendiri dari foto-foto di bawah ini. Meski tidak ada cukup video sebagai bukti yang riil, tetapi menurut penulis, potret yang beredar sudah menjelaskan semuanya.

Awkarin bukan pencitraan [sumber gambar]
Dengan kekayaan Awkarin yang didapatnya selama menjadi selebgram dan menekuni berbagai bisnis, ia bisa saja mengirimkan sejumlah uang untuk membantu para korban Gempa Palu dan Donggala. Namun, sebagai sesama manusia, hatinya pun terketuk untuk langsung memantau dan membantu para korban di sana. Bukannya menurut para netizen sekalian turun langsung lebih baik daripada sekedar meminta bantuan di instagram?

Tampil no make up untuk menghibur para korban Palu dan Donggala

Jarang sekali melihat Awkarin tampil di depan publik tanpa make up. Mulai dari bulu mata, kontur, hingga lipstick selalu on point setiap harinya. Belum lagi gaya rambut yang kadang bikin geleng-geleng kepala. Kali ini, penampilannya ketika membantu korban Palu dan Donggala sangat sederhana. Ia hanya mengenakan kaos dan celana jeans. Awalnya, Awkarin mengenakan masker ketika melewati beberapa area yang penuh debu dan reruntuhan gempa.

Awkarin make up dan no make up [sumber gambar]
Namun, ketika ia melepas maskernya, netizen dibuat terkejut dengan wajahnya yang natural. Ia hampir telihat tak mengenakan make up sama sekali. Air bersih saja susah sekali dicari di Palu, apalagi hanya untuk cuci muka dan touch up make up-nya, maka dari itu Awkarin memilih untuk tak mengenakan make up sehari-harinya.

Netizen minta maaf

Selama ini Awkarin selalu dipandang sebelah mata oleh netizen. Meski penghasilannya mencapai miliaran rupiah, banyak yang menginterpretasikan bahwa apa yang dihasilkan Awkarin adalah buah hasil dari kontroversinya yang tak patut dicontoh. Namun, melihat bagaimana akhirnya gadis 20 tahun ini menunjukkan aksinya, netizen seakan kompak untuk tak lagi nyinyir.

Awkarin bantu korban gempa Palu dan Donggala [sumber gambar]
Mereka malah ramai-ramai minta maaf dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan Awkarin kepada para korban di Palu dan Donggala. Selain itu, kehadirannya juga cukup menghibur anak-anak yang berada di Posko Pengungsian, dilihat dari foto-foto yang beredar. Semoga apa yang dilakukan oleh Awkarin bisa jadi amanah dalam kehidupan para korban dan dirinya sendiri, ya.

Don’t jude a book by its cover mungkin merupakan pepatah yang terlalu umum untuk mendeskripsikan Awkarin. Namun, satu yang pasti adalah setiap manusia berevolusi, mereka pasti akan berubah, entah menjadi yang lebih baik atau makin buruk. Melihat Awkarin yang sekarang, besar kemungkinan ia tengah mencari jati diri untuk terus memperbaiki kualitas dirinya.