Bencana alam kembali menyapa tanah air Indonesia. Setelah masyarakat dilumpuhkan dengan gempa berkekuatan 5,6 SR di Lombok Utara, Jumat (28/9) gempa berkekuatan 7,4 SR yang disusul dengan tsunami terjadi di Sulawesi Tengah, khususnya Donggala dan Palu. Belum pulih total dari gempa Lombok, Indonesia kembali diuji dengan adanya bencana alam.

Gempa dan tsunami di Donggala dan Palu begitu mencekam hingga menjadi sorotan media internasional. Banyak artis yang juga ramai-ramai menyampaikan keprihatinannya. Namun, 5 selebriti ini berbeda, mereka turun aksi dengan membuka penggalangan dana lewat situs bantuan kemanusiaan. Siapa sajakah mereka?

Glenn Fredly, gelar konser untuk korban gempa Donggala dan Palu

Konser yang bertajuk Tanda Mata Glenn Fredly untuk Yovie Widianto sukses digelar pada Minggu (30/9). Bukan berarti konser Glenn Fredly dihelat khusus untuk korban gempa Donggala dan Palu, karena pertunjukkan ini sudah direncanakan sejak lama. Sebelumnya, Glenn Fredly juga pernah menggelar konser tribute to beberapa musisi senior yang dihormatinya.

Glenn Fredly gelar konser untuk bantu korban gempa Palu [sumber gambar]
Namun, bertepatan dengan adanya bencana alam yang membutuhkan uluran tangannya, hasil penjualan tiket konser Tanda Mata Glenn Fredly untuk Yovie Widianto akan disumbangkan pada korban gempa Donggala dan Palu. Dikutip dari grid.id, nominal sejumlah Rp100 juta hasil dari konsernya kemarin akan diberikan sebagai bantuan kemanusiaan dari Glenn Fredly.

Ariel Tatum, mengajak para fans untuk mengulurkan tangannya

Berjamurnya situs daring bantuan kemanusiaan membuat hati Ariel Tatum tergerak. Bersama kitabisa.com, ia mengajak para fans untuk mengulurkan bantuan bagi saudara-saudara di Donggala dan Palu. Hal ini ia sampaikan dalam akun instagram pribadinya (@arieltatum).

Ariel Tatum bantu korban gempa Palu [sumber gambar]
“Aku gak bisa bayangin gimana rasanya jadi mereka. Hari kamis, semua masih baik-baik saja. Tapi, siapa yang menyangka kalau hari Jumat-nya, kota tercinta mereka hancur dalam hitungan detik karena gempa dan tsunami,” tulisnya dalam caption foto yang diunggah. Para fans pun menyambut hal ini dengan antusias dan berniat mengulurkan dana bantuan bersama Ariel Tatum.

Pasha Ungu, rela tidur di tenda pengungsian

Mengulurkan tangan pada korban gempa Donggala dan Palu tak hanya bisa dilakukan lewat suntikan dana. Seperti yang semalam dilakukan Pasha, vokalis band Ungu selaku Wakil Walikota Palu. Semalam, ia bersama korban lainnya tidur di tenda pengungsian. Ia juga berusaha menghubungi rekan-rekannya di Jakarta untuk meminta doa.

Pasha Ungu tidur bersama korban gempa Palu di pengungsian [sumber gambar]
Hal ini diabadikan oleh Enda—sang gitaris, yang telah berhasil mengontak Pasha lewat video call. Ia mengunggah potret percakapan mereka dalam akun instagramnya. Melihat hal ini, Enda dan Cliquers—para fans Ungu ramai-ramai berdoa untuk keselamatan masyarakat Donggala dan Palu.

Tatjana Saphira, berharap agar para korban senantiasa diberi kekuatan

Tak jauh berbeda dari Ariel Tatum, lewat situs bantuan kemanusiaan kitabisa.com, Tatjana Saphira juga mengajak para fans untuk berdonasi bagi korban gempa Donggala dan Palu. Hingga saat ini, dalam laman kitabisa.com/tatjanauntukdonggala sudah terkumpul donasi sebesar Rp22 juta.

Tatjana Saphira bantu korban gempa Palu [sumber gambar]
Tatjana Saphira masih mengajak rekan-rekan dan fans-nya untuk mengulurkan bantuan. Sebab, seperti yang kita tahu, kerusakan yang terjadi di Donggala dan Palu benar-benar tak bisa terbayangkan. Belum lagi para korban yang masih terjebak di bawah reruntuhan gedung.

Alika Islamadina, berinisiatif membantu meski bukan campaign diri sendiri

Donasi yang didistribusikan oleh kitabisa.com dan Aksi Cepat Tanggap membuat banyak orang bergabung. Termasuk juga Alika Islamadina, yang siang tadi membagikan tautan dari kampanye milik seorang teman. Ia menuliskan hal tersebut dalam instagram story-nya, dengan caption “yuk kita bantu pulihkan Palu.”

Alika Islamadina bantu korban gempa Palu [sumber gambar]
Meskipun Alika tidak memiliki kanal sendiri dalam situs kitabisa.com, seperti halnya Tatjana Saphira ataupun Ariel Tatum. Ia tetap berinisiatif untuk membagikan kampanye galang dana milik rekannya pada pengikut instagramnya. Hingga sekarang, donasi yang dibagikan oleh Alika sudah terkumpul sekitar Rp30 juta.

Bisa dibilang the power of social media benar-benar membantu dalam keadaan genting seperti ini. Banyak relawan yang tak bisa datang langsung ke Donggala dan Palu, tetapi menitipkan doa dan dananya lewat situs-situs daring yang dikampanyekan oleh para selebriti. Semoga Donggala dan Palu segera pulih dengan adanya inisiatif dari 5 artis di atas. Bagi Sahabat Boombastis yang ingin melakukan donasi juga bisa klik pada tautan yang dibagikan Tatjana Saphira, Ariel Tatum, maupun Alika Islamadina.