Pernikahan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang sekarang lebih nyaman disapa BTP, dengan Puput Nastiti Devi tinggal menghitung hari. Banyak kabar beredar mereka berdua akan melangsungkan pernikahan pada 15 Februari mendatang secara tertutup. Namun, tetangga maupun kerabat dekat mengaku belum menerima undangan dari BTP dan Puput.

Menilik hubungan keduanya dari segi perhitungan Tionghoa sudah pernah diulas, dari segi agama hingga profesi keduanya juga telah menjadi perdebatan publik. Maka dari itu, kali ini Boombastis.com akan menilik kecocokan keduanya berdasarkan ilmu astrologi.

BTP dan Puput Nastiti Devi [sumber gambar]
Dalam ilmu astrologi atau bidang yang bergerak pada zodiak alias ramalan bintang, terdapat sebuah diagram bernama natal chart. Berdasarkan definisi dari situs-situs astrologi, natal chart merupakan diagram yang digunakan orang Yunani kuno ketika menggambarkan posisi matahari, bulan, planet-planet, aspek-aspek astrologis, dan sudut-sudut sensitif ketika seorang anak lahir. Dalam buku karangan JK Rowling, Harry Potter and The Prisoner of Azkaban saja, Harry dan teman-teman satu angkatannya harus membuat natal chart secara manual pada kelas ramalan Profesor Trelawney.

Harry Potter and natal chart [sumber gambar]
Beruntung, kini zaman telah modern, sehingga pembuatan natal chart tak perlu lagi digambar secara manual tetapi bisa dengan sekali klik pada situs-situs tertentu. Penulis mengambil natal chart BTP dari astro.cafeastrology.com. Hal yang perlu dilakukan untuk membuat natal chart adalah memasukkan nama lengkap, tanggal lahir, dan tempat lahir. Jika disertai dengan jam lahir beserta menit yang tepat, natal chart yang muncul akan lebih akurat. Berdasarkan data dari Wikipedia untuk tempat, tanggal lahir BTP, berikut natal chart yang bisa didapat.

Natal chart BTP [sumber gambar]
BTP memiliki sun sign atau zodiak asli Cancer (lambang kepiting). Sebagai pribadi Cancer, dalam urusan cinta, BTP sulit sekali membuka lembaran baru ketika ia sudah mencintai seseorang. Bisa juga dikatakan dirinya merupakan sosok yang setia. Terkadang suka terbawa mood alias moody dalam kesehariannya. Namun, jika dilihat dari venus sign atau zodiak yang melambangkan cara seseorang menjalin hubungan, terdapa Gemini di sana.

Sebagai pemilik Gemini venus sign, BTP cenderung lebih realistis ketika menjalin sebuah hubungan. Ia juga memberikan perhatian kepada pasangannya dengan cara yang cerdas, merujuk pada menunjukkan aksi daripada sekedar kata buaian. Tak ayal, jika dirinya berani mengambil keputusan untuk menikahi Puput Nastiti Devi.

Bukti mercury sign BTP adalah leo [sumber gambar]
Berdasarkan cara berkomunikasi yang ditentukan oleh mercury sign, BTP memiliki zodiak Leo. Pantas saja, kemarin dirinya harus mendekam di bui selama 2 tahun. Ia memiliki cara berkomunikasi atau bicara yang berapi-api dan mau menang sendiri. Beruntungnya, hal tersebut bisa distabilkan oleh moon sign-nya yang merupakan Scorpio—ketika harus berbicara dari hati ke hati.

Moon sign berfungsi sebagai pengendali emosi, bagaimana seseorang “merasa” atau berperasaan bisa dilihat dari sini. Moon sign BTP merupakan Scorpio, yang mana ia benar-benar seorang yang mudah baper dan cemburuan. Puput Nastiti Devi rupanya sosok yang sangat pengertian, nih, ketika sedang membahas perasaan dengan BTP.

Puput Nastiti Devi berzodiak Taurus [sumber gambar]
Di sisi lain, data Puput Nastiti Devi kurang lengkap bisa didapat. Sebab, sudah tak ada lagi media sosial miliknya yang tersisa, dan pihak BTP tak mau membocorkan tanggal lahirnya. Hanya diketahui, sekarang Puput telah berusia 21 tahun dan berzodiak Taurus. Dilihat dari sun sign atau zodiak asli Puput yaitu Taurus, ia merupakan pribadi yang setia tetapi agak kekanak-kanakan. Cocok dengan BTP yang memiliki zodiak Cancer, penyayang dan dewasa. Sehingga, berada dalam dekapan BTP, Puput serasa aman sejahtera.

BACA JUGA: Dipanggil Sayang Seperti di Drama Korea, Netizen Sebut Calon Istri BTP Mirip 5 Artis Ini

Selain itu, Taurus terkadang tidak peka terhadap sekitar. Ingin mengutarakan A yang dilakukan malah C. Meskipun begitu, hal tersebut bukan masalah besar bagi Basuki Tjahaja Purnama karena pemilik zodiak Cancer merupakan seseorang yang sangat peka dan pengertian. Kalau bisa dibilang, sih, ketika keduanya saling berapi-api, masing-masing bisa menenangkan dengan caranya sendiri. Klop, deh!