in

Wajib Tahu! 6 Fakta ‘Harry Potter’ yang Jarang Diketahui Oleh Para Fans dan Pecinta Bukunya

Harry Potter

Salah satu film dan novel yang tak pernah lekang tergerus zaman adalah yang menceritakan sekolah sihir Hogwarts. Di balik tenarnya film ini, ada banyak fakta Harry Potter (baik buku atau film) yang tak banyak diketahui oleh para pembaca setia dan fans-nya.

Ciamiknya fantasi J.K. Rowling dalam menuangkan imajinasinya sukses membuat anak-anak bersemangat setiap menyaksikan aksi keren Harry di layar kaca. Walaupun begitu, nyatanya masih banyak sesuatu yang dipertanyakan di dalam dunia kehidupan mereka, yang para fans pun kadang tak banyak tahu. Seperti apakah? Yuk, simak deh ulasannya berikut!

Asal usul nama Harry Potter

Harry Potter

Harry Potter bisa dikatakan sebagai keinginan Rowling yang tidak sempat terwujud. J.K. Rowling memang sengaja memilih nama ‘Harry’ karena itu memang nama favoritnya untuk anak lelaki. Dilansir Scholastic.com, Rowling sendiri berangan-angan jika putrinya dulu lahir sebagai lelaki, ia akan menamainya Harry Rowling. Sementara itu ‘Potter’ adalah nama tetangganya yang ketika buku itu ditulis, ia masih berusia 7 tahun. Rowling yang juga menyukai nama tersebut kemudian meminjamnya untuk dijadikan karakter Harry Potter.

Daniel Radcliffe nyaris bukan pemeran Harry

Calon pemeran Harry Potter

Ketika pembuatan film pertama ‘Harry Potter and the Sorcerer’s Stone’ Steven Spieberg digadang-gadang untuk menyutradarai film Harry Potter. Karena hal itu, ia memilih aktor cilik Haley Joel Osment yang berperan sebagai Harry. Karena Spieberg mundur dan digantikan oleh Chris Columbus, Daniel Radcliffe-lah yang mendapat peran tersebut. Sosok Harry yang ia perankan membawanya menjadi aktor yang fenomenal hingga kini.

J.K. Rowling yang seharusnya mendapat peran dalam film

J.K Rowling

Karena ia adalah penulis novel yang paham betul alur dan apa yang terjadi di dalamnya, Rowling pernah mendapat tawaran untuk menjadi karakter Lily Potter (ibu Harry) dalam film pertama, namun peran tersebut ditolaknya. Alasan Rowling adalah karena ia sama sekali tak bisa berakting di depan kamera. Saya sama sekali tidak bisa menjadi seorang aktris, walaupun hanya berdiri dan melambaikan tangan, hasilnya pasti akan berantakan, ujarnya.

Potret Hermione adalah karakter asli dari penulis novel

Hermione Ganger

Berdasarkan pengakuan J.K. Rowling karakter Hermione hampir merupakan salinan dari dirinya saat ia berusia 11 tahun. Namun, karakter Hermione dalam Harry Potter dibuat jauh lebih bijaksana. Tapi, sikap yang kepo akan sesuatu, haus pengetahuan dan ketidaksabaran mereka benar-benar mirip satu sama lain.

Sekolah Hogwarts sebenarnya adalah sebuah bangunan Ketedral

Bangunan sekolah sihir Hogwars asli

Di dalam film Harry Potter, sekolah Sihir Hogwarts merupakan sekolah asrama yang memberikan pelajaran mengenai seni magis kepada Harry dan kawan-kawan. Di dalam kehidupan nyata, Hogwarts memang ada, yaitu sebuah bangunan ibadah, Katedral Durham. Ketedral ini masuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Katedral ini dijadikan lokasi syuting karena arsitekturnya yang bernuansa klasik serta sangat indah.

Harry dan Ron tidak pernah lulus dari sekolah sihir Hogwarts

Harry Potter dan Ron Weasley

Walaupun pada akhirnya Harry dan kawan-kawannya berhasil membunuh Lord Voldemort, nyatanya ia dan Ron tak pernah lulus dari sekolah sihir tersebut. Hanya Hermione yang berhasil melewati ujian dan akhirnya diwisuda. Namun, seolah memiliki takdir sama, mereka bertiga tetap bekerja di Hogwarts, di mana Harry dan Ron menjadi Auror atau orang-orang yang berperang melawan penyihir gelap dan Hermione mendapat pekerjaan di Departemen Penegakan Hukum Sihir.

Nah, itulah fakta Harry Potter yang sekuelnya terus ada di bioskop tanah air hingga kini. Memang sudah 17 tahun sejak film pertamanya rilis pada 2001 lalu. Namun, petualangan seru Harry dan teman-temannya di sekolah sihir Hogwarts tak pernah bisa hilang dari kenangan kita, terlebih para generasi 90-an yang ketika itu memiliki usia yang sama seperti Harry, Ron, dan Hermione.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Inilah 5 Fakta Hello Kitty, Karakter Kucing Menggemaskan yang Punya Sejarah Menyeramkan

Mengenal 4 Fakta Baru Wali Songo yang Banyak Menyimpan Hal yang Mengejutkan