Categories: Trending

5 Karakter Film Ini Ternyata Terinspirasi Manusia Sungguhan

Kalau diibaratkan manusia, karakter adalah jiwa atau ruh sedangkan cerita merupakan bungkus luar atau jasadnya. Penokohan dalam story adalah hal yang sangat penting. Bahkan meskipun ceritanya nggak terlalu keren asal karakternya mengena di hati penonton, maka sebuah film bisa dianggap sukses. Nah, untuk mencari sebuah karakter yang keren tentu aja nggak semudah membalikkan telapak tangan. Si story writer harus jeli memutar otak tuh.

Mendapatkan inspirasi dalam membuat karakter bisa bermacam-macan caranya. Kadang bisa lewat becandaan aja atau hasil dari analisis mendalam. Namun ada pula yang yang mengadopsi cerita manusia sungguhan meskipun bukan untuk film biopik. Haslinya pun nggak mengecewakan, deretan karakter tersebut sangat ikonik dan menempel erat di ingatan para penontonnya.

Nah, berikut adalah karakter terkenal yang inspirasinya ternyata dari manusia sungguhan. Let’s check!

1. Professor Snape – John Nettleship

Buat kamu penggemar Harry Potter mungkin udah mengenal siapa karakter ini. Guru bengis tukang hukum ini begitu ikonik dengan aksi-aksinya yang nggak terduga. Faktanya, ternyata karakter bernama lengkap Severus Snape ini terinspirasi dari seorang tokoh nyata bernama John Nattleship.

Professor Snape – John Nettleship

Sama seperti Snape, Nattleship juga suka menghukum dan memuji para murid pintar. Nggak cuma itu, perawakan keduanya juga hampir sama. Wajahnya yang gloomy serta potongan rambut yang hampir sama. Harus diakui kalau J. K. Rowling adalah salah satu penulis jenius yang mampu bikin karakter-karakter unik. Salah satunya si Professor Snape ini.

2. Shrek – Maurice Tillet

Film animasi ini sukses meraup keuntungan besar lantaran ceritanya yang unik dan tentu saja karakter ogre hijaunya yang fenomenal tersebut. Bahkan beberapa kali film ini dibuat dan menghasilkan pendapatan yang lumayan. Siapa yang menyangka karakter raksasa buruk rupa ini inspirasinya adalah manusia asli?

Shrek – Maurice Tillet

Yup, karakter ini ternyata terinspirasi dari seorang pegulat Perancis bernama Maurice Tillet. Dilihat sekilas perawakan keduanya hampir mirip tuh. Bahkan Tillet pun pernah mendapatkan julukan yang related kepada karakter hijau tersebut, ‘The freak ogre of the ring’.

3. Edna Mode – Edith Head

Penggemar film animasi mungkin pernah mendengar karakter bernama Edna Mode. Yup, ia adalah perancang kostum untuk keluarga super hero, The Incredible. Sosok Edna yang perfeksionis dengan tampilan rambut bob serta kacamata bulat itu ternyata juga diinspirasi dari tokoh nyata. Namanya adalah Edith Head.

Edna Mode – Edith Head

Diceritakan kalau Edna adalah sosok desainer keren yang super jenius, Edith pun demikian. Buktinya, ia pernah dinominasikan 35 kali untuk Oscar dan memboyong 8 kemenangan di antaranya. Keduanya juga punya tagline yang sama-sama bikin gregetan. Kalau Enda mengatakan ‘I’m the best of the best’, Edith juga nggak kalah dengan slogannya berbunyi ‘I hate modesty’.

4. Popeye – Frank Rocky Fiegel

Kartun masa kecil ini memang ikonik banget. Bahkan sukses men-deliver pesan kalau mau kuat harus makan bayam banyak-banyak. Hal yang bikin heran adalah ternyata karakter bikinan E. C. Segar ini juga terinspirasi dari tokoh nyata bernama Frank Rocky Fiegel.

Popeye – Frank Rocky Fiegel [Image Source]
Popeye digambarkan sebagai sosok pelaut botak yang suka menghirup pipa rokok. Fiegel juga kurang lebih sama penampilannya. Nggak nyangka banget nih!

5. Freddy Krueger – Wes Craven

Kalau kamu mengaku horror movie lovers, tapi nggak tahu sosok bernama Freddy Krueger, maka patut dipertanyakan tuh. Yup, karakter satu ini sukses bikin banyak orang gagal bermimpi indah karena terbayang wajahnya yang menyeramkan itu. Nah, kali ini bukan inspirasi tokoh nyata untuk karakter Freddy, namun lebih ke story-nya.

Freddy Krueger [Image Source]
Bocah 11 tahun bernama Wes Craven suatu ketika tengah melihat ke luar jendela apartemennya dan ketakutan setelah seorang pria menatapnya tajam. Setelah beberapa lama Craven kembali melihat keluar dan ternyata orang ini masih menatapnya tajam. Takut setengah mati, ia pun bersembunyi dan perlahan terdengar langkah seseorang menaiki tangga. Ketika kakak pertama Craven memeriksa keluar sambil membawa pemukul baseball, ternyata ia tidak menemui apa pun. Wih, mirip film aslinya nggak tuh?

Craven juga diketahui sebagai korban bullying di sekolahnya dan yang bikin serem adalah pelakunya yang bernama Fred Krueger. Rangkaian cerita ini kemudian dikemas menjadi film franchise yang mendatangkan jutaan dollar.

Sama sekali nggak menyangka nih kalau ternyata deretan karakter di atas ternyata diinspirasi oleh manusia nyata. Hasilnya? Ikonik dan booming banget. Kesimpulannya, ternyata hal-hal keren bisa dihasilkan dari sesuatu yang simple yang ada di sekitar. Nggak harus hasil imajinasi berhari-hari ataupun analisa mendalam.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

13 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

2 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago