Tak dapat dipungkiri kalau memang lautan kita dulu dianggap salah satu yang paling ganas. Bagaimana tidak, sudah banyak sejarah yang membuktikan kalau banyak kapal yang karam di tanah air. Namun demikian, ternyata hal itu membawa berkah tersendiri lantaran banyak di antaranya yang mengusung muatan harta karun yang sangat melimpah.

Bicara soal kapal harta karun, ternyata jika dilihat dari sejarah sudah tak terhitung jumlahnya yang karam di Indonesia. Mulai dari Flor De La Mar hingga milik Marco Polo. Dan uniknya, jika kapal tersebut ditemukan, mungkin harta yang ada bisa bikin seseorang langsung kaya. Lalu kapal harta karun apa saja sih yang pernah tercatat karam itu? Simak ulasan berikut.

Kapal karam Belitung yang membawa banyak harta

Kapal karam Tang atau kapal karam Batu Hitam, ternyata meninggalkan harta sangat berlimpah setelah tenggelam di Belitung. Bagaimana tidak, kapal milik orang Arab itu ditugaskan untuk berlayar dari China hingga Afrika. Jadi bukan hal yang aneh kalau seandainya banyak harta yang tertinggal, seperti logam mulia, perkakas dari baham emas dan perak.

Kapal karam Belitung [Sumber Gambar]
Diperkirakan harta yang tertinggal di dasar laut tersebut bisa mencapai minimal 1,2 Triliun jika dirupiahkan. Wah kalau sampai dijual, lumayan buat bayar hutang Indonesia tuh. Apalagi kalau ditemukan banyak emas, warga sekitar mungkin juga langsung rebutan.

Salah satu kapal Marco Polo yang tenggelam di perairan yang sama

Siapa yang tak kenal dengan sosok penjelajah dan pelaut Marco Polo, atas jasanya peta dunia bisa dilengkapi. Namun demikian siapa sangka kalau ada teori bahwa salah satu kapalnya karam di Indonesia. Dilansir dari Republika, Kepala Sub Direktorat Air Laut Non Energi dan Barang Muatan Kapal Tenggelam Kementerian Kelautan dan Perikanan M Zaki Mahasin mengatakan kalau kendaraan laut pelaut tersebut juga karam di Indonesia.

kapal Marco polo [Sumber Gambar]
Bayangkan saja, seandainya diketemukan, satu barang minimal dihargai satu juta, bayangkan kalau dapat ratusan. Kalau ternyata benar berarti Indonesia menjadi salah satu bagian dari sejarah dunia, dan jelas kita dibuat bangga melihatnya. Mungkin saja bisa masuk dalam buku sejarah dunia yang diakui.

Legenda Flor De La Mar yang sudah terkenal di mana-mana

Cerita mengenai kapal harta karun yang satu ini sudah terkenal di mana-mana. Kapal milik Portugis ini dulu dianggap sebagai gudang harta karena membawa barang-barang mewah dari tempat yang dijajah. Namun sayang nasib berkata lain karena pada tahun 1511 harus karam di salah satu perairan Indonesia.

Kapal Flor De La mar [Sumber Gambar]
Hasilnya, sampai saat ini bangkai kapal ini sama sekali tak ditemukan, padahal banyak harta melimpah yang ada di dalamnya. Banyak orang berspekulasi kalau kapal ini sudah diambil oleh pencari harta karun, ada pula yang masih tenggelam di dasar perariran kita.

HMAS Perth legenda yang hilang di selat Sunda

Pada masa pendudukan Jepang, berbagai upaya dilakukan oleh tentara sekutu untuk merebut Indonesia kembali. Bahkan tak jarang gempuran dari udara, darat dan laut pun dilakukan. Namun sayang tak semua dari serangan itu mendapatkan hasil gemilang. Salah satunya adalah kapal HMAS Perth yang harus karam di sekitar laut Sunda.

HMAS Perth [Sumber Gambar]
Padahal dari kapal tersebut banyak logam berharga, bahkan bangkainya saja bisa mahal dijual. Mirisnya, bangkai kapal sekutu ini dicuri oleh kapal asing dan laku hingga $ 1 juta di luar sana. Tentu hal ini jadi sebuah kecolongan yang dialami oleh Indonesia dan jangan sampai kejadian serupa kembali lagi terjadi kelak.

BACA JUGA: 5 Bangkai Kapal Laut yang Karam di Indonesia Ini Banyak Diburu oleh Pihak Luar

Adanya banyak kapal harta karun yang telah karam di lautan Indonesia ini membutikan ganasnya samudra nusantara zaman dulu. Namun sebagai timbal baliknya ternyata negara kita malah dipenuhi oleh aset berharga dan mungkin belum ditemukan. Ini berarti Indonesia tidak hanya kaya akan SDA namun juga peninggalan sejarah.