Selain olahraga-olahraga populer macam bulutangkis, voli, dan sepak bola, tinju juga menjadi cabor yang juga kerap mengharumkan nama bangsa. Chris John, Daud Jordan hingga legenda Elyas Pikal adalah bukti bagaimana sangar atlet-atlet dari ring tinju tersebut. Bahkan nama-nama tadi merupakan sosok yang sudah sukses merebut gelar tinju dunia. Dan tak jarang juga catatkan rekor kemenangan yang brilian.

Seperti Chris John mampu mempertahankan sabuk kelas berat selama 10 tahun. Namun, kalau kalian berpikir hanya nama-nama tadi saja mampu menjadi juara dunia, tentu salah. Jauh sebelum mereka ternyata juga ada beberapa petinju tanah air yang mampu tampil ugal-ugalan dengan merengkuh gelar dunia. Siapa sajakah mereka?

Petinju gahar asal Ambon Nico Thomas

Nico Thomas [Sumber Gambar]
Kalau pernah mendengar Ambon adalah gudangya petinju kelas kakap, mungkin hal tersebut ada benarnya. Pasalnya, dahulu di daerah sana pernah muncul jagoan ring bernama Nico Thomas yang kemampuan tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam kariernya petinju satu ini telah sukses menjadi juara dunia kelas terbang mini IBF tahun 1989. Setelah menumbangkan atlet olahraga ini asal Thailand yaitu Amuth Sithnaruepol di Jakarta. Saat itu pria asal Ambon ini sukses menang angka setelah bertanding beberapa ronde.

Putra Sumatra Utara Suwito Lagola juga sempat raih gelar dunia

Ilustrasi petinju [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan Nico Thomas tadi, Suwito Lagola juga bisa dikatakan mantan petinju yang kemampuan tidak bisa diremehkan. Di mana dirinya juga sukses mengisi karier di atas ring dengan capaian gelar juara. Bahkan bila dilihat riwayatnya, prestasi Nico tadi kalah bila dibandingkan pria asal Langkat ini. Pasalnya, ia mampu menjadi juara dunia di kelas welter WBF pada 1995 sampai 1997. Dan semuanya diperoleh dengan menghadapi lawan berat macam William Magahin dan Danny Pierce.

Ajib Albarado sukses raih WBF di tahun 90-an

Aksi petinju [Sumber Gambar]
Selain Ambon dan Sumatra Utara, Jawa Timur yang terkenal sepak bolanya juga punya legenda tinju juara dunia. Dia adalah Ajib Albarado, pria yang sukses merengkuh gelar kelas welter junior atau WBF. Selama memegang sabuk itu, tercatat pensiunan ring tinju ini sukses mempertahankan gelarnya selama empar tahun. Dengan pertama di raih pada tahun 1996, setelah menumbangkan Filipina, Dindo Canoy lewat babak sengit beberapa ronde.

M Rahmad juara dunia dengan banyak capaian positif

M Rahmad bertanding [Sumber Gambar]
Masih tentang capaian petinju Indonesia, M Rahmad juga menjadi sosok di olahraga ini pernah juara dunia. Malah, pria asal Merauke tercatat mempunyai beberapa gelar selama kariernya. Dimulai dengan jawara kelas terbang mini IBF pada 2004-2007 dan tahun 2011 kembali raih gelar yang sama setelah menumbangkan petinju asal Thailand sembilan ronde. Rahman baru kehilangan gelar di tahun yang sama kala takluk dari lawan yang juga berasal dari Thailand, Pornsawan Porpramook.

BACA JUGA: Terkenal Hebat di Ring Tinju, Beginilah Kisah Hitam Mike Tyson yang Tak Banyak Diketahui

Walaupun kini sosok-sosok tadi sudah perlahan mulai tidak dikenali, namun cerita manis di dunia ring bisa dikatakan akan terus kekal. Besar harapan setelah juara-juara ini gantung sarung tinju akan muncul atlet-atlet cabor ini juga berprestasi. Dan dari bentrok di jalan mending adu tinju.